Rempah Daun, Bunga, Batang Kayu, dan Rimpang

Editorial Mealy

Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan rempah-rempah.  Jenis-jenis rempah yang ada tentu saja memiliki manfaat tersendiri bagi kamu. Penggunaannya juga bervariasi, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Rempah-rempah sendiri banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat obat-obatan herbal. Atau bisa juga untuk bumbu dapur dan penyedap masakan.

Selama kamu mengolahnya dengan benar, rempah-rempah akan mengeluarkan aroma yang khas. Hal ini bisa meningkatkan selera dan cita rasa makanan kamu. Ketahui lebih lanjut tentang rempah-rempah pada artikel ini.

Mengenal Rempah

Rempah-rempah merupakan salah satu bagian tumbuhan yang memiliki aroma kuat. Penggunaan dalam jumlah kecil saja sudah bisa menambah cita rasa masakan. Biasanya, rempah-rempah memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan tanaman lainnya. 

Zaman dahulu, rempah-rempah menjadi barang perdagangan yang paling banyak diincar. Harganya tergolong mahal dan sulit didapatkan. Hal ini disebabkan karena rempah-rempah mengandung bahan ajaib yang bisa mengatasi berbagai penyakit.

Indonesia sendiri menjadi negara yang kaya akan rempah hingga memancing bangsa kolonial untuk datang merebut daerah. Ada sekitar 25 jenis rempah terkenal yang memiliki manfaat beraneka ragam. Biasanya, penggunaannya untuk campuran obat tradisional atau bahan masakan.

Jenis-jenis Rempah Rimpang

Istilah rimpang mungkin memang asing di telinga kamu. Rempah-rempah jenis ini adalah bagian batang yang tumbuh dalam tanah atau biasa disebut juga rhizoma. Beberapa jenis rempah rimpang yang paling banyak digunakan antara lain;

  1. Kencur

Mendengar kata kencur pasti yang terlintas di benak kamu adalah jamu. Kencur ternyata juga bisa digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan. Rempah rimpang ini bisa menambah aroma segar karena baunya ringan.

  1. Lengkuas

Selanjutnya, ada rempah lengkuas. Aromanya sangat segar, sehingga cocok untuk masakan pindang maupun hidangan kuah santan. Cara mengolahnya juga mudah, kamu hanya perlu mengiris tipis dan menumbuknya bersama bahan masakan lain.

  1. Temu Kunci

Temu Kunci merupakan rempah asli Jawa. Warnanya kuning muda dan sering digunakan sebagai bumbu sayur bening urap, atau hidangan ikan. Jika kamu mau mengolah masakan dengan rempah ini, pastikan untuk memilih yang sudah tua agar aromanya lebih wangi.

  1. Jahe

Aroma jahe bisa menghilangkan bau amis dengan ampuh. Selain itu, jahe juga bisa digunakan untuk bahan campuran berbagai olahan ikan atau sup tulang. Bisa juga untuk campuran wedang atau minuman hangat lainnya.

  1. Kunyit

Kunyit adalah rempah yang berwarna kuning. Rasanya agak pahit, namun tetap segar. Biasanya, kunyit digunakan untuk hidangan gulai, kair, nasi kuning, hingga opor.

Cara Menyimpan Rempah Rimpang

Setelah mengetahui jenis-jenis rempah rimpang, tentu saja kamu harus mengetahui cara menyimpannya agar tidak rusak. Sebenarnya mudah saja, kamu hanya perlu meletakkannya dalam keranjang saja. Taruh di suhu ruang dan jangan ditutup.

Namun, jika kamu membeli banyak dan akan menyimpan dalam waktu lama, sebaiknya bungkus menggunakan kertas. Lapisi dengan kantong plastik tebal dan masukan rempah-rempah ke dalamnya. 

Ingat, jangan pernah mengupas kulit rempah rimpang atau memotongnya dalam ukuran kecil. Hal ini akan membuatnya cepat mengkerut. Selain itu, pastikan rempah rimpang tidak terkena air agar tidak membusuk.

Jenis-jenis Rempah Daun dan Bunga

Bagian daun dan bunga dari rempah-rempah banyak dikenal berkat wanginya yang sangat aromatik. Biasanya, penggunaan rempah-rempah ini untuk penyedap rasa masakan.

  1. Daun Jeruk

Rempah yang pertama adalah daun jeruk. Kamu bisa menggunakan jenis jeruk purut yang memiliki aroma kuat dibandingkan jenis jeruk lainnya. Kesegaran dari daun jeruk ini bisa menghilangkan bau amis dan membuat masakan menjadi lebih nikmat.

  1. Daun Kemangi

Selanjutnya, ada daun kemangi yang bisa langsung kamu makan sebagai lalapan. Biasanya, kamu akan menemukan rempah ini pada hidangan lele dan ayam. Selain itu, daun kemangi juga kerap digunakan untuk bahan campuran salad, saus, soto, dan sup.

  1. Thyme

Memiliki bentuk mungil dengan tangkai keras, rempah asli Mesir ini memiliki bau yang sangat harum. Thyme bisa kamu gunakan sebagai bumbu untuk masakan daging panggang, sip, atau marinasi.

  1. Tarragon

Suka mengonsumsi makanan Prancis? Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan rempah daun ini. Kamu bisa membuat saus khas Perancis yang enak atau menjadikannya sebagai bumbu ayam bakar.

  1. Daun Ketumbar

Daun ketumbar adalah salah satu rempah daun yang memiliki aroma menyegarkan. Aneka hidangan Vietnam dan Thailand biasa menggunakan rempah-rempah ini. Kombinasi daun ketumbar dengan makanan berkuah atau hidangan seafood juga sangat cocok.

  1. Daun Pandan

Rempah daun yang satu ini pasti sudah gak asing lagi di telinga kamu. Daun pandan bisa memberikan warna hijau alami dan aroma wangi yang khas. Kamu bisa memasukkannya dalam campuran nasi, kue, bubur kacang hijau, atau kolak.

Cara Menyimpan Rempah Daun dan Bunga

Untuk menyimpan jenis-jenis rempah daun dan bunga, kamu membutuhkan pengetahuan khusus. Kamu bisa memotong bagian ujung batang rempah daun sekitar 3 cm, kemudian letakkan pada gelas yang berisi sedikit air. Letakkan di dalam suhu ruangan.

Bila warna airnya berubah, maka kamu perlu mengganti dengan yang baru. Ingat, jangan simpan rempah daun dalam kulkas karena bisa merubah warnanya menjadi hitam.

Namun, ada pengecualian untuk rempah daun yang batangnya keras, misalnya saja thyme. Kamu bisa menyimpannya menggunakan plastic wrap, kemudian ikat secukupnya agar uap airnya masuk.

Jenis-jenis Rempah Batang dan Kayu

Selanjutnya, ada jenis rempah batang dan kayu. Sesuai namanya, jenis ini mengambil bagian batang dan kayu dari tanaman rempah. Apa saja contohnya?

  1. Kayu Manis

Kayu manis memang sudah sangat sering digunakan sebagai bumbu dapur. Aroma dan rasanya sangat khas, sehingga cocok untuk bumbu masakan ataupun kue. Biasanya, kayu manis akan ditumbuk bersamaan dengan bumbu lain untuk dijadikan bahan tambahan atau dijual dalam kemasan botol.

  1. Serai

Selanjutnya, ada rempah serai. Batang serai bisa memberikan aroma harum pada masakan. Kamu bisa menyajikannya dengan memotong serai sepanjang 10-15 cm.

  1. Kayu Secang

Terakhir, ada kayu secang. Mengandung zat alami, kayu secang bisa menghasilkan warna merah saat diolah. Kamu bisa menggunakannya sebagai pewarna makanan alami dan rasanya menjadi lebih legit.

Cara Menyimpan Rempah Batang dan Kayu

Rempah kayu dan batang memang terlihat kering, namun bukan berarti kamu bisa menyimpannya secara sembarangan. Perlu perlakuan khusus supaya jenis rempah ini bisa bertahan lama. Untuk menyimpannya, gunakan wadah yang kering dan tertutup rapat.

Pastikan wadah transparan agar cahaya mudah menembusnya. Jangan meletakkan rempah batang dan kayu dekat suhu panas. Selain itu, jangan pula meletakkannya dalam kulkas karena bisa membuatnya berjamur.

Wah, ternyata kamu tidak boleh sembarangan dalam menyimpan bumbu dapur. Jika mengabaikannya, lama kelamaan rempah-rempah yang kamu miliki bisa rusak. Sayang kan kalau tidak bisa dikonsumsi.

Jenis-jenis rempah yang ada ternyata memiliki banyak manfaat. Masing-masing bisa kamu gunakan untuk kebutuhan yang beraneka ragam. Dengan menggunakan aneka jenis rempah ini, masakan kamu bisa sangat lezat dan membuat ketagihan.**

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!