Makanan Khas Sumatera Selatan Populer Terbaru

Editorial Mealy

Setiap daerah tentu memiliki makanan khas masing-masing, salah satunya adalah Sumatera Selatan. Makanan khas Sumatera Selatan merupakan hal yang menarik untuk dieksplorasi. Beberapa makanan dari daerah tersebut sangat populer, seperti pempek Palembang.

Beberapa makanan dari daerah ini dapat dengan mudah ditemui di daerah lain. Hal ini karena sudah banyak restoran yang menjual makanan dari daerah ini di berbagai tempat. Apa menu makanan daerah ini yang kamu suka?

Makanan Khas Sumatera Selatan dan Penjelasannya

Setiap daerah tentunya memiliki banyak makanan khas masing-masing, begitu pula dengan Sumatera Selatan. Beberapa makanan dari Sumatera Selatan tentu sudah kamu ketahui dan cukup populer. Makanan yang berasal dari Sumatera Selatan di antaranya adalah:

Pempek

Pempek

Pempek merupakan makanan yang populer dari Sumatera Selatan. Bahan utama dari makanan yang satu ini adalah daging ikan yang sudah digiling dan tepung kanji. Beberapa bahan lainnya adalah telur, bawang putih, dan garam. 

Pempek disajikan bersama potongan timun dan kuah cuko. Di beberapa tempat, pempek juga disajikan dengan udang kering. Terdapat banyak variasi dari makanan ini, di antaranya adalah pempek keriting, pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek cerewet dan lainnya. 

Salah satu varian pempek yang bisa kamu coba adalah pempek dos. Ini adalah pempek dengan bahan utama tepung sagu. Bahan lainnya yang digunakan dalam pembuatan pempek dos adalah jamur tiram, kaldu bubuk, bawang putih dan garam. 

Cara membuatnya juga mudah, yaitu dengan direbus hingga matang. Untuk penyajiannya, pempek dos disajikan dengan kuah cuko dan potongan mentimun seperti pempek pada umumnya. 

Karena terkenal dan rasanya yang enak, pempek bisa ditemui di berbagai daerah. Tapi, kamu perlu mencoba pempek langsung di Sumatera Selatan untuk mendapatkan rasa otentik dari makanan ini.

Tekwan

Tekwan

Makanan khas Sumatera Selatan yang terkenal adalah tekwan. Ini adalah hidangan makanan dari bakso ikan khas Sumatera Selatan. Bahan utamanya adalah olahan ikan, bihun, kuah kaldu ikan dan jamur kuping. Makanan ini juga dibarengi dengan udang kering dan daun bawang.

Untuk bahan yang digunakan untuk membuat tekwan, tidak jauh berbeda dengan pembuatan pempek. Hanya saja tekwan menggunakan lebih banyak daging ikan dan dimasak dengan cara direbus. Tekwan juga disajikan dengan sohun dan potongan bengkoang.

Tekwan menjadi salah satu makanan yang cocok dinikmati saat musim dingin. Ini karena tekwan biasanya disajikan dalam keadaan hangat dan tentunya cocok untuk menghangatkan tubuh kamu.

Mie Celor

Mie Celor

Pernah mendengar nama makanan ini? Mie celor adalah mi yang penyajiannya dengan kuah santan dan kaldu ebi atau udang kering. Bahan pelengkapnya adalah seledri, toge, daun bawang, irisan telur dan taburan bawang goreng. 

Ukuran mie pada mie celor ini lebih besar dari mi pada umumnya. Mie celor memiliki mi yang mirip dengan mie udon. Makanan ini bisa menjadi makanan pengganti nasi karena memiliki sumber karbohidrat. 

Kue Lapan Jam

Kue Lapan Jam

Selain makanan berat atau hidangan utama, Sumatera Selatan juga memiliki kudapan yang khas. Salah satunya adalah kue lapan jam. Namanya unik, kan? Nama makanan ini diambil dari lama proses pembuatannya, yaitu delapan jam. 

Bentuk dari kue ini adalah kotak tipis dan terbuat dari tepung terigu, telur, susu kental manis, gula pasir, vanili, dan margarin. Telur yang digunakan bisa sebanyak 28 butir telur. Setelah semua bahan tercampur, kue dikukus selama delapan jam.

Kue ini cukup populer bagi kamu yang sering membeli oleh-oleh makanan khas adat Sumatera Selatan. Hal ini karena banyak sekali toko yang menjual kue lapan jam sebagai oleh-oleh atau cinderamata dari Sumatera Selatan.

Laksan

Laksan

Makanan yang satu ini mirip sekali dengan pempek lenjer. Tebalnya 2 cm dan memiliki tekstur yang lembut sehingga gampang untuk digigit. Bahan utama dari laksan adalah tepung sagu dan ikan. Laksan ini biasanya disajikan dengan kuah santan dan daun seledri. 

Makanan khas Sumatera Selatan ini cocok sebagai menu sarapan pagi. Ini karena kuah santan yang disajikan bersama laksan mirip dengan kuah lontong sayur. Rasanya yang gurih cocok untuk menjadi variasi makanan ketika berada di Sumatera Selatan.

BACA JUGA: 6 Teknik Menggoreng yang Harus Kamu Kuasai!

Celimpungan

Celimpungan

Masih berbahan dasar ikan, Sumatera Selatan memiliki makanan khas yang bernama Celimpungan. Apa sih itu? Celimpungan dibuat dari bahan tepung sagu dan ikan. Pada celimpungan, penyajiannya menggunakan kuah kuning. Kuah kuning ini berasal dari santan dan racikan bumbu lainnya.

Untuk teksturnya, celimpungan memiliki tekstur yang lebih kenyal dan renyah. Selain itu, makanan ini berbentuk lebih pipih dari pempek.

Model

Model

Eits, ini bukan model yang berjalan di catwalk, ya. Tapi makanan tradisional yang berasal dari Sumatera Selatan. Model adalah salah satu makanan khas dengan olahan ikan tenggiri, tepung sagu, telur, dan tahu cina. 

Model merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang dihidangkan dengan kuah udang. Ciri khas dari makanan ini adalah tahu cina yang digunakan. Kalau kamu berkesempatan ke Sumatera Selatan, kamu akan menemukan makanan ini dengan mudah karena cukup terkenal.

Burgo

Burgo

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang memiliki bahan dasar tepung beras. Tepung akan dimasak seperti dadar tipis. Kemudian disajikan dengan kuah santan. Sekilas, burgo mirip dengan kwetiau, namun tentunya akan berbeda dari segi rasa.

Kamu akan merasakan aneka rempah dan santan yang gurih saat mencicipi burgo. Kuah pada burgo dicampur dengan ikan gabus yang sudah disuwir dan direbus. Selain itu, burgo juga menggunakan bahan lengkuas, kunyit, ketumbar, bawang putih dan kemiri. 

Makanan ini bisa dengan mudah ditemui di wilayah Sumatera Selatan. Jadi, jangan melewatkan untuk mencicipi makanan ini. Rasanya yang gurih dan kaya rempah akan membuat kamu ketagihan, lho.

Lempok Durian

Lempok Durian

Apa saja makanan khas Sumatera Selatan yang tidak dari ikan? Salah satunya adalah lempok durian. Makanan ini merupakan khas dengan bahan durian. Daging durian akan diolah selama dua hingga tiga jam, dan hasilnya kenyal seperti dodol. 

Nah, kalau kamu pecinta durian, jangan melewatkan makanan yang satu ini. Makanan yang satu ini cocok dimakan sebagai camilan.

Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

Nah, tidak hanya makanan, nih, Sumatera Selatan juga memiliki minuman khas yang segar. Es kacang merah ini cocok dinikmati ketika cuaca panas. Es serut dengan sirup, kacang merah dan topping bervariasi ini akan memanjakan lidah kamu.

Es kacang merah juga bisa menjadi pilihan ketika ingin mencicipi makanan autentik dari Sumatera Selatan. Minuman ini akan sering kamu jumpai di jalanan maupun di toko.

Berbagai minuman dan makanan khas Sumatera Selatan tentunya sangat menggugah selera. Makanan dari daerah ini kebanyakan terbuat dari bahan dasar ikan. Meski begitu, makanan yang ada memiliki ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu, semua makanan ini patut untuk kamu coba.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!