Manfaat dan Jenis Buah Apel

Editorial Mealy

Apel merupakan buah yang banyak disukai oleh orang-orang. Rasanya yang manis sedikit asam dan teksturnya yang renyah membuat buah ini menjadi favorit. Selain itu, ada banyak manfaat dan jenis buah apel yang bisa kamu temukan.

Manfaat buah apel sudah tidak bisa diragukan lagi. Hingga ada peribahasa yang mengatakan ‘an apple a day keeps the doctor away’ yang diyakini kebenarannya. Manfaat yang paling dirasakan yaitu berkenaan dengan kesehatan karena ada banyak kandungan dalam buah ini.

Jenisnya juga ada banyak sekali. Mungkin kamu pernah mendengar Apel Malang, itu juga merupakan salah satu jenis apel yang cukup terkenal di Indonesia. Simak penjelasan di bawah untuk mengetahui manfaat dan jenis buah apel!

Manfaat Buah Apel yang Baik Bagi Tubuh

Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengkonsumsi buah apel. Beberapa di antaranya adalah:

Menjaga Kesehatan Fungsi Jantung

Buah apel dipercaya memiliki manfaat untuk menjaga fungsi jantung sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Kamu bisa memakannya satu hingga dua apel setiap harinya untuk merasakan manfaat ini.

Menjaga Saluran Pencernaan

Apel yang kaya akan serat mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan sehingga dapat melancarkan buang air besar serta mampu mencegah sembelit atau konstipasi. Kamu bisa memakan buah apel beserta dengan kulitnya untuk merasakan manfaat ini.

Mampu Menurunkan Berat Badan

Ada banyak orang yang memilih apel sebagai pengganti makanan ketika diet. Hal ini dikarenakan memang manfaat buah apel untuk diet yang mampu menurunkan berat badan ketika mengkonsumsinya. 

Kamu cukup memakan apel 3 kali sehari, maka berat badanmu akan turun dalam 12 minggu. Hal ini dikarenakan kandungan air dan serat yang tinggi dalam apel dapat memberikan rasa kenyang, mengurangi porsi makan hingga dapat melancarkan buang air besar.

Kesehatan Otak

Apel juga memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan otak karena dipercaya mampu meminimalisir matinya sel saraf yang diakibatkan penuaan. apel juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu memelihara fungsi memori dan kesehatan otak.

Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat lainnya dari buah apel yaitu menurunkan risiko penyakit diabetes dengan mengatur kadar gula darah yang ada dalam tubuh. Apel memiliki kandungan fitonutrien yang dapat mencegah lonjakan gula darah secara drastis.

Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk merangsang berbagai sel pankreas untuk terus memproduksi insulin sehingga menghambat proses karbohidrat menjadi gula. Apel juga mengandung indeks glikemik rendah yang mampu meminimalisir lonjakan gula darah.

Manfaat dan Jenis Buah Apel yang Bisa Kamu Coba

Ada banyak manfaat dan jenis buah apel yang ada di dunia, mulai dari yang terkenal hingga langka. Di bawah ini adalah beberapa jenis apel yang bisa kamu nikmati.

Apel Fuji

Apel Fuji Dikenal sebagai salah satu apel termanis, apel fuji sangat disukai oleh banyak orang. Apel ini merupakan hasil persilangan antara apel red delicious dengan apel virgina ralls janet di Jepang.di negara asalnya tersebut, apel ini memiliki warna merah cerah.

Sedangkan saat dibudidayakan di Indonesia, apel jenis ini berubah menjadi warna merah hijau kecoklatan. Hal ini tentunya karena ada perbedaan iklim antara Jepang dan Indonesia.

Apel Gala atau Royal Gala

Apel Gala Atau Royal Gala Sama seperti apel fuji, apel gala juga merupakan hasil persilangan antara dua apel, yaitu apel kidd’s orange red dan golden delicious. Apel yang satu ini memiliki bentuk yang cantik dengan warna semburat kuning serta jingga kemerahan.

Kamu tidak perlu ragu untuk memakan buah apel jenis ini, karena rasanya yang manis dengan tekstur renyah, mengandung banyak air. Warna daging pada buah ini sangat alami, yaitu berwarna putih kekuningan.

Apel Envy

Apel Envy Apel Envy merupakan jenis apel yang berasal dari Selandia Baru dan merupakan keluarga Rosaceae. Buah ini berukuran kecil hingga sedang berdiameter antara 7-8 cm berbentuk bulat hingga kerucut. Apel ini mengandung banyak kalori dan vitamin, loh!

Salah satu keunikan dari buah yang satu ini adalah aroma yang harum keluar dari dagingnya ketika dipotong. Teksturnya pun cukup unik, yaitu keras, tebal, halus dan mengkilap. Ketika memakannya, kamu bisa merasakan rasa manis dan sedikit asam yang dapat menyegarkan.

Apel Granny Smith

Apel Granny Smith Manfaat dan jenis buah apel yang cukup populer di Indonesia adalah dari granny smith atau dikenal dengan sebutan apel hijau. Apel yang satu ini berukuran cukup kecil, yaitu berdiameter 5 hingga 7 cm saja. Bentuknya pun beragam, ada yang bulat, lonjong hingga mengerucut. 

Apel hijau ini terkenal dengan teksturnya yang halus, kencang, tebal dan kenyal. Rasa manis dan asamnya seimbang sehingga membuat apel jenis ini banyak disukai orang. Disamping itu, apel ini juga memiliki kandungan kalsium, zat besi dan vitamin C yang tinggi.

Apel yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan berbagai olahan, seperti jus, permen hingga kosmetik karena karakteristiknya itu.

Apel Merah atau Red Delicious

Apel Merah Atau Red Delicious Apel ini adalah jenis apel yang sangat umum ditemukan di seluruh dunia. Kamu bisa menemukan apel ini dengan sangat mudah dimanapun, karena memang sudah sangat terkenal. Warnanya yang cantik, dagingnya yang lembut membuat apel ini sangat populer dan disukai banyak orang.

Apel ini berwarna merah pekat dengan ukuran yang cukup besar. Ketika menggigitnya, kamu akan merasakan tekstur yang renyah sekaligus lembut dan empuk serta rasa yang manis.

Golden Delicious

Golden Delicious Apel golden delicious ini merupakan jenis apel yang cukup terkenal di Amerika Serikat. Dinamakan golden karena warnanya yang hijau kekuningan yang menyerupai keemasan. Bentuk dari apel ini bulat dan memiliki ukuran yang sedang.

Selain rasanya yang asam manis dan segar, apel jenis ini juga memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga cocok untuk kesehatan, terutama untuk kamu yang sedang diet.

 Apel Manalagi

Apel Manalagi Kamu pasti tidak asing dengan apel ini, karena memang cukup populer di kalangan masyarakat. Apel ini memiliki warna yang unik, yaitu cenderung kekuningan dan berukuran sedang. Bentuk dari apel ini sedikit lebih lonjong dari apel granny smith.

Selain warnanya yang unik, rasa dari apel yang cenderung manis ini juga menjadi alasan mengapa banyak diburu orang. Kandungan air yang terdapat dalam apel jenis ini cukup banyak, membawa kesan segar ketika digigit.

Jika kamu ingin memakan apel yang berukuran lebih kecil, kamu bisa mencoba salah satu varian apel manalagi, yaitu apel manalagi cherry. Sesuai namanya, salah satu varian apel manalagi ini mirip dengan buah cherry, hanya saja warnanya yang tetap kekuningan dan rasa yang enak.

BACA JUGA: Makanan Untuk Membersihkan Darah Kotor

Apel merupakan salah satu buah yang sangat populer di seluruh dunia. Hal tersebut juga diakibatkan manfaat dan jenis buah apel yang sangat beragam dan cocok untuk kesehatan. 

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengkonsumsi apel setiap hari? Kandungan apel yang banyak manfaatnya dapat membuat kamu lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!