5 Tips Sukses Membuat Nasi Uduk dengan Rice Cooker Anti Gagal

Editorial Mealy

Apakah kamu menyukai nasi uduk sebagai menu sarapan? Tidak ada salahnya membuatnya sendiri, bahkan bisa juga dijadikan ide bisnis rumahan. Namun sebaiknya, pahami beberapa tips sukses membuat nasi uduk di rice cooker yang akan dibahas kali ini. 

Nasi uduk tidak hanya sedap sebagai menu sarapan, banyak juga yang menjualnya di malam hari sebagai pendamping pecel lele. Nasi uduk dengan aroma rempah memang menggoda, kamu juga bisa membuatnya dirumah. Tidak perlu khawatir, tanpa dandang besar pun tetap bisa, yaitu dengan memanfaatkan rice cooker.

Tips Sukses Membuat Nasi Uduk dengan Rice Cooker di Rumah

Memasak nasi uduk dengan metode manual membutuhkan dua proses utama, yaitu nasi yang dimasak menjadi aron lalu dikukus kembali sampai matang. Cara tradisional tersebut memang khas, namun cukup memakan waktu lama. Padahal, nasi uduk juga bisa dimasak menggunakan rice cooker di rumah. 

Bahkan kamu yang sedang tinggal di kost pun bisa membuatnya sendiri. Rasanya pun tidak kalah lezat dibanding nasi uduk yang dimasak di dandang. 

1. Pemilihan Jenis Beras

Tahap pertama ini harus diperhatikan dengan baik mengingat tidak semua jenis beras cocok dijadikan nasi uduk. Adapun beras yang tidak terlalu pulen adalah pilihan tepat agar nasinya tidak lembek. Misalnya dengan menggunakan beras dari Medan yang dikenal cukup ideal dimasak menjadi nasi uduk. 

Namun jika kamu terlanjur suka dengan nasi pulen, maka sah-sah saja jika ingin menjadikannya sebagai nasi uduk. Memilih beras yang bentuknya panjang-panjang juga bisa menjadi opsi yang tepat. 

Setelah mendapatkan beras yang cocok, pastikan untuk mencucinya sampai bersih. Selanjutnya kamu bisa mengolahnya menjadi nasi uduk yang harum dan lezat.

2. Gunakan Takaran Santan yang Pas

Tips sukses membuat nasi uduk dengan rice cooker selanjutnya yaitu penggunaan santan. Perlu diingat bahwa hal ini adalah point utama dari perbedaaan nasi uduk yang dimasak di dandang dan di rice cooker. Takaran santan yang dibutuhkan di rice cooker biasanya akan lebih banyak. 

Jadi, sebaiknya tidak menyamakan antara takaran santan nasi uduk di rice cooker dan cara tradisional. Selain itu, kamu juga perlu memilih jenis santan yang tepat karena bisa mempengaruhi tekstur dan rasa nasi uduk itu sendiri. Jika menggunakan santan kental untuk nasi uduk, maka hasilnya akan lebih gurih. 

Sayangnya, santan kental melalui proses penyerapan yang terlalu cepat. Tak heran jika akhirnya beras kurang mekar, bahkan terkadang cenderung keras. Jika ingin nasi uduk yang dibuat mekar dan berisi, maka gunakanlah santanyang lebih encer. 

Namun, penambahan santan cair juga berpengaruh ke tingkat kegurihan nasi uduk yang dibuat. Jadi, kembali lagi pada selera kamu apakah ingin mendapatkan nasi uduk yang mekar atau tidak. Namun jika topping nasi uduk cenderung sederhana, sebaiknya masak bagian nasinya menggunakan santan kental. 

Jika pelengkap nasi uduk cukup banyak, kamu bisa memakai santan cair saja. Hal ini penting diperhatikan, terlebih jika berniat menjadikannya sebagai ide bisnis. 

3. Trik Penggunaan Rice Cooker untuk Nasi Uduk

Jika berbagai macam bahan untuk membuat nasi uduk sudah siap, kini saatnya memasaknya di dalam rice cooker. Pada dasarnya, cara memasaknya tidak jauh berbeda dibanding nasi biasa. Namun, penggunaan air diganti dengan santan agar nasi menjadi lebih gurih. 

Selain itu, tambahkan pula bumbu-bumbu yang bisa membuat nasi uduk lebih harum. Misalnya daun salam, bawang putih, lengkuas, pastikan digeprek terlebih dulu sebelum memasukkannya. Jika semua bahan sudah masak, maka tekan tombol cook pada rice cooker yang digunakan.

Tidak sedikit yang merasa nasi kurang matang meskipun proses memasak sudah selesai dilakukan. Tidak perlu khawatir, kamu bisa menutup rice cooker kembali lalu masak kembali 5-10 menit.  Jangan lupa mengecek kembali kematangan nasi uduk sehingga hasil akhirnya memuaskn. 

Jika sudah matang, sebaiknya tutup rice cooker tidak langsung dibuka. Disarankan untuk menunggu sampai uap di dalamnya menghilang terlebih dahulu. Terlalu sering membuka bagian rice cooker ketika proses memasak bisa membuatnya cepat kering.

Jika uap sudah keluar semua, maka kamu bisa mengaduk nasi uduk sampai gembur dan teksturnya bagus. Setelah itu, tutup kembali rice cooker selama beberapa menit sebelum akhirnya disantap. 

Tips sukses membuat nasi uduk dengan rice cooker ini tidak boleh dilewatkan karena sangat mempengaruhi hasilnya.

4. Menggunakan Bumbu Nasi Uduk Gaya Betawi

Pada dasarnya, menu nasi uduk memang identik dengan betawi. Tak heran jika banyak yang menjadikan kuliner tradisional ini sebagai menu favorit. Adapun kelebihan nasi uduk gaya betawi sendiri yaitu lebih kaya rempah dibanding versi biasa. 

Menariknya, kamu juga bisa menggunakan rice cooker untuk membuat nasi uduk gaya betawi yang populer di berbagai tempat. Adapun beberapa bumbu yang harus disiapkan adalah kencur, jahe, bawang merah, dan bawang putih. Bumbu dihaluskan terlebih dahulu, baik menggunakan food processor maupun ulekan. 

Setelah halus, bumbu dimasukkan ke dalam rice cooker yang sudah terisi beras dan santai di dalamnya. Sebelum dimasukkan, bumbu dimasak dengan sedikit minyak sampai harum. Agar wangi dan rasanya lebih kaya, jangan lupa masukkan serai secukupnya. 

Kamu bisa menggeprek serai terlebih dahulu agar wanginya lebih keluar. Jangan lupa masukkan lengkuas dan daun salam untuk menghasilkan cita rasa lebih kuat. Tambahkan pula sejumput garam, lada, dan gula sebagai pengganti penyedap instan. 

Adapun untuk menu nasi uduk betawi sendiri biasanya menggunakan pelengkap seperti orek tempe, bihun goreng, telur balado, dan semur jengkol. Kamu juga bisa menambahkan sambal jika menyukai rasa yang pedas.

5. Membuat Variasi Nasi Uduk

Siapa bilang nasi uduk di rice cooker rasanya kurang enak? Padahal, cita rasanya tidak kalah lezat dengan yang dimasak metode manual. Terlebih jika kamu bisa membuat variasi nasi uduk sehingga tidak membosankan. 

Contohnya jika ingin membuat kuliner tradisional ini lebih sehat, maka kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Namun jika ingin menggunakan beras merah, santan yang digunakan lebih banyak. Begitu pula dengan bumbunya agar benar-benar terasa nikmat. 

Tidak hanya mengganti jenis beras, variasi lainnya yang bisa dilakukan adalah berkreasi dengan warna nasi uduk. Kamu bisa memanfaatkan tanaman atau sayuran berwarna agar hasilnya lebih menarik. Misalnya penggunaan bunga telang agar nasi uduk yang dihasilkan berwarna biru. 

Sedangkan untuk membuat nasi uduk berwarna hijau bisa memakai daun pandan maupun daun suji. Bahkan ada juga yang memanfaatkan tinta cumi agar nasi uduk lebih unik dengan warna hitam. Kamu tidak perlu takut berkreasi mengingat menu yang satu ini memang sudah banyak disukai. 

Bahkan beberapa restoran franchise juga menyediakan nasi uduk sebagai menu sarapannya. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menyesuaikan jenis beras dan pelengkap sesuai selera. 

Beberapa tips sukses membuat nasi uduk dengan rice cooker di atas bisa dipraktekkan di rumah maupun kost. Cita rasa nasi uduk yang dihasilkan tetap lezat asalkan metode memasaknya juga sesuai. Penggunaan rice cooker juga cukup berpengaruh terhadap tekstur nasi yang sudah matang nantinya.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!