Menu Berbuka Puasa ala Kampung Bikin Nostalgia

Editorial Mealy

Menu berbuka puasa ala kampung memang selalu dicari-cari karena punya makna nostalgia seru. Apalagi kalau lagi jauh dari kampung halaman, pasti muncul perasaan rindu dengan masakan rumah dan momen berbuka dengan keluarga. 

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan daftar menu berbuka puasa yang mirip dengan masakan ala kampung halaman. Resep berbuka puasa ala rumahan ini juga identik dengan masakan khas Indonesia, lho!

Langsung saja, di bawah ini adalah kumpulan resep sampai daftar olahan makanan ala kampung yang siap temani buka puasa kamu. Lengkap juga dengan langkah pembuatannya supaya kamu bisa langsung praktik sendiri di rumah!

Menu Berbuka Puasa ala Kampung

Masakan ala kampung memang cocok banget buat jadi menu buka puasa, di samping punya cita rasa yang khas Indonesia, masakan kampung juga bisa bikin super kenyang. Tentu saja karena berbagai bahan dan rempah di dalamnya yang bikin itu semua jadi mengenyangkan. Langsung cek daftarnya di bawah ini!

Ikan Pindang

Ikan Pindang Kalau ingin memasak ikan pindang, pertama siapkan 500 gram ikan segar seperti ikan tongkol atau ikan tenggiri, potong menjadi beberapa bagian. Iris tipis 5 buah cabai hijau, cincang halus 4 siung bawang putih, dan iris tipis 2 cm jahe. 

Lalu, memarkan 2 batang serai dan sobek-sobek 3 lembar daun jeruk. Panaskan 2 sendok makan minyak sayur dalam wajan dan tumis bawang putih, jahe, serai, dan daun jeruk sampai harum. 

Haluskan 5 buah cabai merah, 5 buah cabai rawit, 4 butir kemiri, 3 cm kunyit, 2 cm kencur, 3 cm lengkuas, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, dan 1 sendok teh terasi menjadi bumbu halus. Sisanya, cukup ikuti cara memasak berikut ini!

Cara memasak:

  1. Tumis bawang putih, jahe, serai, dan daun jeruk sampai harum.

  2. Masukkan bumbu halus yang sudah dihaluskan, tumis hingga matang dan berbau harum.

  3. Tambahkan cabai hijau, aduk rata.

  4. Masukkan ikan potong ke dalam wajan, aduk hingga rata dengan bumbu.

  5. Tambahkan garam secukupnya sesuai selera dan tambahkan air secukupnya agar ikan terendam.

  6. Tutup wajan dan biarkan ikan matang dan bumbu meresap, sekitar 15-20 menit dengan api kecil.

  7. Setelah ikan matang dan bumbu meresap, angkat dan hidangkan ikan pindang cabai hijau panas dengan nasi hangat.

Terakhir, ikan pindang sebagai menu berbuka puasa ala kampung kini siap kamu santap! Tentunya tunggu adzan maghrib dulu, ya!

Sayur Lodeh

Sayur Lodeh Kalau mau membuat sayur lodeh, kamu akan membutuhkan 200 gram tahu, 200 gram tempe, dan 150 gram labu siam yang dipotong kotak. Selain itu, siapkan juga 100 gram kacang panjang, 100 gram wortel yang dipotong kotak atau memanjang, serta 100 gram kol yang diiris tipis. 

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 batang serai dan 3 cm lengkuas yang dimemarkan. Lalu, 2 liter santan kelapa, 2 sendok makan minyak sayur, serta garam dan gula secukupnya. 

Buat juga bumbu halus dengan campurnan bawang merah (6 butir), bawang putih (4 siung), dan 3 cm kunyit yang dikupas. Kamu juga harus mengupas 2 cm jahe, 2 butir kemiri, 1 sendok teh terasi (opsional), dan 2 buah cabai merah (sesuai selera kepedasan).

Cara memasak:

  1. Tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga harum.

  2. Masukkan santan kelapa ke dalam panci. Aduk rata dengan bumbu tumis.

  3. Masukkan potongan tahu, tempe, labu siam, kacang panjang, wortel, dan kol ke dalam panci. Aduk perlahan agar bumbu merata.

  4. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai selera. Aduk kembali dan biarkan sayur lodeh mendidih dengan api sedang.

  5. Setelah sayuran matang, cek rasa. Jika sudah pas, angkat dari api.

  6. Sayur lodeh siap disajikan. Hidangkan hangat bersama nasi putih.

Selamat mencoba dan selamat menikmati sayur lodeh yang lezat dan bergizi! Selain itu, kamu juga bisa tambahkan nasi, daging, ikan, dan lainnya.

Cumi Sambal Hijau

Cumi Sambal Hijau Membuat cumi sambal hijau, kamu perlu 500 gram cumi segar yang telah dibersihkan dan dipotong-potong. Selain itu, kamu juga akan butuh 5 buah cabai hijau besar, dan 5 buah cabai rawit hijau (sesuai selera kepedasan).

Tambahan lainnya, siapkan 4 siung bawang putih, 3 cm jahe yang telah dikupas dan diiris tipis, dan 2 batang serai yang dimemarkan. Jangan lupa 3 lembar daun jeruk yang dirobek-robek, 2 sendok makan minyak sayur, 1 sendok makan kecap manis, dan garam secukupnya.

Cara memasak:

  1. Haluskan cabai hijau, cabai rawit hijau, bawang putih, dan sedikit garam menggunakan blender atau ulek dengan cobek dan ulekan hingga membentuk pasta sambal hijau.

  2. Tumis jahe, serai, dan daun jeruk sampai harum.

  3. Tambahkan pasta sambal hijau yang sudah dibuat ke dalam wajan. Tumis hingga matang dan berbau harum.

  4. Masukkan potongan cumi ke dalam wajan. Aduk rata dengan sambal hijau dan biarkan cumi matang meresap dengan bumbu, sekitar 5-7 menit.

  5. Tambahkan kecap manis dan garam secukupnya sesuai selera. Aduk kembali agar bumbu merata dengan cumi.

  6. Lanjutkan memasak cumi dengan api kecil hingga matang sempurna dan bumbu meresap, sekitar 5-7 menit lagi.

Cumi sambal hijau ini memang super pedas, tapi kamu bisa mengurangi tingkat kepedasan sesuai selera. Apalagi kalau kamu sejak kecil memang nggak suka pedas, jadi jangan berani menantang diri sendiri, ya!

Sayur Sop

Sayur Sop Untuk menu berbuka puasa ala kampung yang satu ini, kamu cukup siapkan sayuran pada umumnya. Misalnya, wortel, kentang, kol, dan ragam sayuran untuk sop lainnya. 

Cara memasak:

  1. Panaskan minyak sayur dalam panci besar, lalu langsung saja tumis bawang bombay dan bawang putih sampai kekuningan.

  2. Tambahkan wortel, kentang, dan kacang polong ke dalam panci. Aduk rata dengan bawang tumis.

  3. Tuangkan kaldu ayam atau kaldu sayuran ke dalam panci. Pastikan sayuran terendam kaldu.

  4. Biarkan sayuran mendidih dengan api sedang hingga wortel dan kentang matang, sekitar 15-20 menit.

  5. Setelah sayuran matang, tambahkan seledri, garam, dan merica secukupnya untuk memberikan rasa. Aduk rata dan cek rasa. Sesuaikan seasoning jika diperlukan.

  6. Masak sayur sop selama beberapa menit lagi agar bumbu meresap dan seledri layu.

  7. Angkat sayur sop dari panci dan hidangkan hangat.

Sayur sop siap dinikmati sebagai hidangan utama atau disajikan bersama nasi putih. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Nah, sudah lengkap informasi seputar menu berbuka ala kampung yang bisa kamu masak sendiri di rumah! Sekarang cobalah praktik langsung agar bisa langsung merasakan sensasi masakan ala kampung.

Terakhir, jangan lupa bagikan rangkaian tips ini ke teman-teman, tetangga, atau kolega kerja kamu agar mereka juga tahu informasi ini, ya! Barangkali mereka juga sedang sibuk mencari-cari resep ala kampung untuk menu buka puasanya!

BACA JUGA: Serba Serbi Perbedaan Daging Ayam Kampung dan Broiler yang Harus Kamu Ketahui!

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!