Rekomendasi Saus untuk Bakaran Tahun Baru

Editorial Mealy

Banyak orang yang merayakan tahun baru dengan mengadakan pesta BBQ. Namun, sebelum merayakan pesta seperti ini, kamu perlu tahu beberapa rekomendasi saus untuk pesta BBQ tahun baru yang paling enak. Sebab, tidak semua jenis saus akan cocok ketika disantap dengan daging ini.

Ketika daging BBQ dimasak dengan menggunakan saus yang tepat, hal ini dapat membuat cita rasanya lebih kaya dan enak. Namun, beda jika kamu memakai saus yang salah, maka itu sangat mempengaruhi cita rasanya. Untuk mengetahui apa saja saus yang dimaksud, berikut daftar lengkapnya!

8 Jenis Saus untuk Pesta BBQ Tahun Baru dari Manis hingga Gurih

Umumnya, orang-orang akan langsung memilih saus BBQ instan ketika hendak merayakan pesta tahun baru yang menyenangkan ini. Namun, selain saus BBQ instan masih ada beberapa jenis saus lainnya yang juga cocok untuk dimasak bersamaan dengan daging sapi ini.

Mulai dari saus mushroom, saus Korean barbeque, saus kecap pedas, dan beberapa jenis saus seperti ini lainnya patut untuk dicoba. Untuk lebih lengkapnya, berikut kami bagikan daftar saus untuk pesta BBQ tahun baru yang paling enak:

Saus BBQ

Saus Bbq Jenis saus pertama yang cocok untuk dimasak dengan daging barbeque tentu adalah saus BBQ. Jika dibandingkan dengan beberapa jenis saus yang lainnya, saus BBQ memiliki rasa yang cenderung lebih asam dan segar. Jadi, jenis saus ini dapat menambah cita rasa pada dagingnya.

Saat ini ada banyak saus BBQ yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas seperti tomat segar, cuka, dan beberapa jenis bahan seperti ini lainnya. Jika dilihat dari warnanya, saus BBQ cukup mirip dengan warna saus kecap pedas yang sedikit kemerahan.

Namun, jika warna kemerahan pada saus kecap pedas berasal dari cabainya, untuk warna merah pada saus ini berasal dari tomat yang terkandung di dalamnya. Saus BBQ sering dipakai untuk memasak iga bakar, sosis bakar, dan aneka daging bakar lainnya pada pesta tahun baru.

Saus Mushroom

Saus Mushroom Jika kamu sering membeli dan memakan steak di sebuah restoran tertentu, maka kamu pasti sudah tidak merasa asing lagi dengan jenis saus ini. Ya, salah satu saus steak ini juga bisa digunakan untuk membuat hidangan pesta BBQ yang sangat lezat.

Dari segi rasanya sendiri berbeda dengan rasa saus BBQ. Sebab, saus mushroom memiliki rasa yang lebih gurih, creamy, dan kaya akan rempah. Jadi, tidak semua orang suka dengan saus ini. Meski begitu, hal ini tidak membuatnya tidak cocok untuk dimasak dengan daging barbeque.

Untuk membuat saus mushroom sendiri di rumah, kamu bisa mencampur jamur kancing, mentega, bawang putih, bawang bombay, lada hitam, tepung maizena, cooking cream, dan daun bayam sedikit. Hanya dengan menggunakan bahan-bahan itu, kamu sudah bisa membuat saus mushroom yang enak.

Saus Korean Barbeque

Saus Korean Barbeque Bisa dilihat dari drama-drama Korea yang sering ditonton oleh masyarakat Indonesia, warga Korea Selatan sering memasak daging barbeque untuk merayakan sesuatu. Biasanya, jenis saus yang dipakai pada pesta BBQ di Korea Selatan adalah saus Korean barbeque.

Jika saus BBQ biasanya dibuat dengan menggunakan bahan tomat, untuk saus Korean barbeque lebih sering dibuat dengan menggunakan kecap asin, cuka, bawang putih, dan gula merah. Jadi, rasa dari saus ini cenderung lebih manis, segar, dan sedikit asam.

Saus Kecap Pedas

Saus Kecap Pedas Jenis saus untuk pesta BBQ tahun baru yang masih memberikan cita rasa khas Indonesia adalah saus kecap pedas. Tidak membutuhkan banyak bahan untuk membuatnya, jenis saus ini hanya terbuat dari kecap manis, bawang merah, tomat, lada, dan cabai merah atau rawit saja.

Sementara untuk tingkat kepedasannya bisa disesuaikan sendiri dengan selera masing-masing orang. Jika kamu suka dengan rasa yang sangat pedas, maka masukkan cabai dalam jumlah yang banyak. Namun, jika kamu tidak terlalu suka pedas, maka cabainya tidak usah banyak-banyak.

Tidak hanya cocok untuk dimasak dengan daging sapi saja, tapi saus kecap pedas juga cocok disajikan bersama udang, cumi, dan ikan bakar. Untuk mendapatkan sensasi yang lebih berbeda, kamu bisa menambahkan irisan daun jeruk ke dalam saus tersebut.

Saus Black Pepper

Saus Black Pepper Saus black pepper sering disebut sebagai saus untuk BBQ yang wajib dicoba oleh banyak orang. Sebab, saus yang terbuat dari lada hitam, bawang bombay, saus tiram, tepung maizena, dan bawang putih ini dapat memberikan rasa yang lebih lezat ke dalam daging yang dibakar.

Jadi, daging BBQ yang dimasak dapat memiliki rasa yang lebih juicy. Jenis saus ini tidak hanya cocok untuk disajikan bersama daging sapi saja, tapi juga cocok dengan daging ayam, kambing, maupun sosis. Nantinya, saus black pepper bisa memberikan sensasi yang lebih hangat pada perut.

Saus Madu

Saus Madu Untuk menambahkan rasa manis alami pada daging BBQ, kamu bisa memakai saus madu yang dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus ini tidak sulit untuk didapatkan, yaitu madu, gula, garam, bawang putih, dan jahe secukupnya.

Selain memiliki rasa manis alami, madu juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, dibanding jenis saus untuk pesta BBQ tahun baru yang lainnya, saus madu lebih sering direkomendasikan oleh sebagian orang yang sadar akan pentingnya kesehatan tubuh.

Saus Teriyaki

Saus Teriyaki Saus teriyaki lebih identik dengan masakan Jepang. Namun, hal ini tidak membuatnya tidak cocok untuk disajikan bersama daging sapi, daging ayam, sosis, udang, ketika pesta BBQ. Sebab, rasa dari saus ini cenderung manis dan gurih, sehingga cocok ketika disajikan bersama hidangan BBQ.

Umumnya, saus teriyaki terbuat dari kecap asin khas Jepang, gula, dan mirin. Maka dari itu, tidak semua orang mampu membuat saus ini sendiri di rumah. Ada banyak orang yang lebih suka membeli dan menggunakan saus teriyaki instan yang tersedia di supermarket ataupun minimarket.

Saus Yakiniku

Saus Yakiniku Meski sama-sama berasal dari Jepang, tapi saus yakiniku berbeda dengan saus teriyaki. Salah satu jenis saus untuk pesta BBQ ini terbuat dari mirin, gula, kecap asin khas Jepang, biji wijen yang telah disangrai, minyak wijen, dan bawang putih.

Jadi, bisa dibilang saus yakiniku memiliki rasa yang lebih tajam dibanding saus teriyaki. Aroma wijen yang kuat dari saus ini juga dapat membuat daging BBQ terasa lebih lezat. Tidak hanya bisa dipakai untuk mengolesi daging sebelum dipanggang, saus yakiniku juga bisa disajikan sebagai saus cocol.

BACA JUGA: Tips Membuat Saus Asam Manis yang Pas dan Resepnya

Setiap jenis saus untuk pesta BBQ tahun baru ini memiliki rasa yang khas, sehingga kamu perlu memilih salah satu yang paling sesuai dengan selera makanmu. Selain itu, pilih saus yang bisa dibuat dengan mudah juga.

Dengan begitu, kamu tidak perlu membelinya di toko dan bisa langsung membuatnya sendiri di rumah. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadakan pesta BBQ tahun baru akan lebih sedikit jika kamu membuat sausnya sendiri di rumah.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!