10 Bagian Daging Sapi Wajib Dicoba

Editorial Mealy

Daging sapi merupakan salah satu jenis daging yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia maupun negara lainnya. Ada 10 bagian daging sapi wajib diketahui yang memiliki tekstur berbeda. Maka dari itu, kamu perlu mengenal setiap bagian daging sapi yang dimaksud tersebut.

Ada beberapa bagian daging sapi yang memiliki tekstur lembut, tapi ada juga beberapa di antaranya yang memiliki tekstur padat. Jadi, saat membeli daging sapi kamu harus memperhatikan teksturnya dengan baik. Untuk mengenal bagian daging sapi secara lebih jelas, simak penjelasan di bawah ini!

10 Bagian Daging Sapi Wajib Diketahui dengan Tekstur Berbeda

Ketika seseorang dapat mengenali keunggulan dari masing-masing bagian daging sapi, mereka dapat lebih mudah untuk menciptakan cita rasa yang terbaik pada hidangannya. Oleh karena itu, sebelum membeli maupun memasak daging sapi, kamu harus mengetahui 10 bagian daging sapi berikut ini:

Shank (Sengkel)

Shank Sengkel Shank atau sengkel termasuk salah satu dari 10 bagian daging sapi wajib diketahui yang patut dicoba oleh banyak orang. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat bagian daging sapi ini mengandung banyak urat yang menjadi favorit bagi sebagian orang.

Namun, karena sengkel merupakan potongan daging sapi yang terletak di area betis hingga paha bawah, jadi hal ini membuatnya memiliki tekstur yang cukup padat. Maka dari itu, bagian daging sapi ini lebih cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan bakso dibanding steak.

Brisket (Sandung Lamur)

Brisket Sandung Lamur Jika sengkel merupakan potongan daging sapi bagian betis hingga paha bawah, untuk brisket (sandung lamur) adalah potongan daging sapi yang terletak di bagian dada dan ketiak yang ada di bawah paha depan. Di Indonesia bagian daging sapi ini lebih sering dikenal dengan nama tetelan.

Meski serat daging sandung lamur cenderung sedikit, tapi tekstur dari potongan daging ini tergolong cukup keras. Sebab, di setiap bagian daging ini akan ada lemak keras yang tidak bisa meleleh meski sudah dimasak.

Selain sering digunakan untuk membuat kaldu dari suatu hidangan tertentu seperti soto, sop, dan lain sebagainya, sandung lamur juga sering digunakan untuk membuat bakso, kornet, dan makanan-makanan seperti ini lainnya.

Ribs (Iga)

Ribs Iga Ketika membahas tentang 10 bagian daging sapi wajib diketahui, kita tidak boleh melewatkan bagian terbaik yang satu ini. Ya, iga menjadi salah satu bagian daging sapi yang sangat disukai oleh banyak orang. Sebab, daging iga memiliki rasa yang lebih juicy dengan tekstur yang tidak terlalu keras.

Tekstur dari daging iga cenderung lebih lunak dan memiliki banyak lemak yang mengelilinginya. Jenis daging ini juga mengandung jaringan ikat di bagian perlekatannya, sehingga bagian tersebut membuatnya memiliki rasa yang lebih enak dibanding bagian daging lainnya.

Tenderloin (Has Dalam)

Tenderloin Has Dalam Bagi orang-orang yang sering beli dan makan steak, mereka pasti sudah tidak merasa asing lagi dengan potongan daging sapi yang satu ini. Bagaimana tidak? Tenderloin atau has dalam merupakan salah satu jenis bagian daging sapi yang sering digunakan untuk memasak steak.

Hal ini terjadi karena tenderloin memiliki tekstur yang lunak dan mudah dimasak. Bagian daging sapi ini diambil dari punggung sapi yang tidak akan ikut gerak ketika sapi berjalan. Maka dari itu, tidak mengherankan jika bagian ini tidak memiliki lemak sedikit pun dan teksturnya cenderung sangat lunak.

Selain bisa dimasak menjadi steak yang lezat, bagian daging sapi ini juga bisa dimasak dengan cara dikukus, dibakar, maupun digoreng. Jika dibandingkan dengan bagian daging sapi yang lainnya, maka tenderloin lebih mudah diolah menjadi berbagai jenis hidangan.

Oxtail (Buntut)

Oxtail Buntut Sering mendengar hidangan yang namanya sop buntut? Ya, hidangan ini tidak hanya berisikan sayuran segar saja, tapi juga daging buntut yang kenyal dan lembut. Namun, proses pematangan bagian daging sapi ini cenderung jauh lebih lama dibanding bagian lainnya.

Meski begitu, tekstur daging sapi bagian buntut bisa menjadi kenyal ketika sudah dimasak dalam jangka waktu yang tepat. Bagian daging sapi ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai bahan sop saja, tapi juga bisa digoreng maupun dibakar dengan bumbu yang lezat.

Rump (Tanjung)

Rump Tanjung Rump (Tanjung) juga termasuk salah satu dari 10 bagian daging sapi wajib diketahui yang dapat diolah menjadi beberapa jenis hidangan yang lezat. Namun, tanjung lebih sering dipakai untuk memasak sate. Sebab, bagian daging sapi ini memiliki ukuran lemak yang cukup tebal.

Meski tanjung memiliki ukuran lemak yang cukup tebal, tapi ini tidak membuatnya memiliki tekstur yang sulit untuk dikunyah. Justru, tekstur dari bagian daging sapi ini cenderung cukup lunak. Maka dari itu, daging sapi tanjung ini juga sering digunakan untuk membuat sup maupun tumisan.

Sirloin (Has Luar)

Sirloin Sama halnya dengan tenderloin, sirloin atau has luar juga sering dipakai untuk memasak steak. Namun, perbedaannya adalah sirloin masih mengandung lemak pada beberapa bagian sisinya. Jadi, potongan daging sapi ini kurang cocok untuk dimasak dengan cara lambat.

Salah satu alasan mengapa bagian daging sapi ini sering diolah menjadi steak adalah, karena rasanya yang gurih dan dilapisi dengan lemak yang tidak keras. Selain itu, sirloin juga bisa dimasak dengan cara dikukus maupun ditumis, sehingga kamu bisa menyesuaikannya sendiri dengan seleramu.

Topside (Gandik)

Topside Gandik Dengan namanya yang cukup unik, ada banyak orang yang penasaran dengan bagian daging sapi satu ini. Topside atau gandik merupakan bagian daging sapi yang diambil dari paha belakang sapi yang paling luar. Jadi, tak heran jika bagian daging sapi ini memiliki tekstur yang cenderung padat.

Gandik sering diolah menjadi rendang dan empal, karena bagian daging ini tidak mengandung lemak yang terlalu banyak. Kendati demikian, untuk mengolah daging sapi ini menjadi suatu hidangan tertentu, kamu membutuhkan waktu masak yang cukup lama.

Flank (Perut)

Flank Perut Bagi kalian yang suka dengan daging bertekstur kenyal, maka kamu wajib mencoba bagian daging sapi yang satu ini. Sebab, flank atau daging sapi bagian perut ini memiliki tekstur yang kenyal dengan kandungan lemak yang berlimpah.

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan rawon dan soto, flank juga bisa diolah menjadi hidangan lezat lainnya yang khas Indonesia, seperti sop daging.

Chuck (Sampil)

Chuck Sampil Mengakhiri pembahasan tentang 10 bagian daging sapi wajib diketahui, chuck atau sampil adalah salah satu di antaranya. Bagian daging ini diambil dari paha atas, bahu, dan punuk sapi, sehingga teksturnya cenderung lunak serta mudah dimasak.

Umumnya, bagian daging sapi ini akan dipotong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu sebelum dimasak. Dengan begitu, porsi yang bisa didapatkan akan semakin banyak.

BACA JUGA: Bacon adalah: Daging, Jenis, dan Cara Memilih Bacon

Dengan mengetahui apa saja 10 bagian daging sapi wajib diketahui tersebut, kamu bisa lebih mudah untuk menyesuaikannya dengan seleramu. Sebab, setiap bagian daging sapi akan memiliki tekstur yang berbeda.

Jika kamu suka daging yang bertekstur kenyal, maka pilih bagian daging sapi yang teksturnya tidak padat. Namun, jika kamu tidak masalah untuk makan daging sapi yang cukup keras, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bagian daging sapi yang lainnya.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!