Cara Membuat Risotto yang Mudah

Editorial Mealy

Seiring berjalannya waktu semakin ada banyak orang yang suka dengan cita rasa dari risotto. Namun, risotto termasuk salah satu jenis hidangan yang harganya cukup mahal di beberapa restoran. Maka dari itu, kamu perlu tahu langkah sukses cara membuat risotto yang bisa dicoba di rumah.

Risotto merupakan makanan khas Italia yang terbuat dari perpaduan beras, keju, dan kaldu cair. Perpaduan antara keju dan kaldu cair inilah yang membuat teksturnya creamy namun tidak terlalu lembek. Melalui artikel ini, kami akan membagikan tips membuat risotto di rumah yang enak!

Cara Membuat Risotto di Rumah

Untuk bisa membuat risotto yang enak dengan tekstur yang pas, kamu membutuhkan kesabaran yang maksimal ketika memasaknya. Sebab, kaldu yang menjadi salah satu bahan dari hidangan ini harus dituang secara bertahap ke dalam beras. Jadi, kaldu ini tidak boleh dituang dengan terburu-buru.

Jika dulu hidangan ini hanya bisa dimakan ketika berkunjung ke restoran khas Italia, sekarang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk memudahkan kalian dalam membuat risotto yang enak, berikut kami bagikan beberapa tips suksesnya:

Pilih Beras untuk Risotto dengan Tepat

Pilih Beras Untuk Risotto Dengan Tepat Risotto terbuat dari apa? Hidangan ini terbuat dari beras, keju, dan kaldu cair yang membuat teksturnya cenderung creamy. Sebelum membuat hidangan dari Italia ini, kamu perlu memilih jenis beras yang akan dipakai dengan sebaik mungkin. Sebab, tidak semua beras bisa dipakai untuk risotto.

Ketika seseorang salah memilih beras, maka hal ini dapat membuat tekstur risotto menyerupai bubur. Dari sekian banyak jenis beras yang ada sekarang ini, ada 3 jenis beras yang paling cocok untuk risotto, yaitu beras arborio, beras carnaroli, dan beras vialone nano.

Bagi sebagian orang Indonesia nama-nama beras ini mungkin masih terdengar asing, tapi sebenarnya ketiga jenis beras tersebut sudah terjual bebas di Indonesia. Jika beras arborio memiliki ukuran yang lebar dan panjang, untuk beras carnaroli memiliki ukuran yang pendek dan kecil.

Hal ini berbeda dengan beras vialone nano yang ukurannya tidak jauh berbeda dengan beras pada umumnya, tapi tekstur dari beras ini tidak selengket jenis beras yang lainnya. Bagi kalian yang ingin membuat risotto dengan tekstur yang kental, maka beras arborio akan lebih cocok untukmu.

Namun, bagi kalian yang ingin membuat risotto dengan tekstur yang creamy dan mudah digigit, maka beras carnaroli bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Sedangkan orang-orang yang ingin membuat risotto bertekstur lembut dalam waktu yang cepat, maka beras vialone nano bisa menjadi pilihannya.

Siapkan Bahan-Bahannya dengan Lengkap

Siapkan Bahan Bahannya Dengan Lengkap Langkah sukses cara membuat risotto selanjutnya adalah menyiapkan semua bahannya secara lengkap. Meski terkesan mudah, tapi ada banyak bahan yang harus disiapkan sebelum membuat hidangan lezat ini. Berikut adalah beberapa bahan yang harus disiapkan untuk membuat risotto:

  • Beras yang cocok untuk risotto

  • Ayam potong

  • Brokoli

  • Bawang bombay

  • Bawang putih

  • Keju parmesan

  • Kaldu ayam

  • Mentega tawar

  • Seledri

  • Garam

  • Merica

Jika semua bahan yang ada di atas sudah siap, maka kamu bisa langsung membuatnya dengan mengikuti resep yang tepat.

Aduk Nasi secara Berkala

Risotto harus memiliki tekstur yang pas, agar rasanya juga bisa enak. Untuk menghasilkan tekstur risotto yang pas, kamu perlu mengaduk nasi secara berkala. Sebab, jika nasi risotto ini dibiarkan lebih dari 1 menit saja, itu dapat membuatnya gosong dan tidak bisa dimakan dengan nikmat.

Maka dari itu, orang-orang yang hendak membuat hidangan ini harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi, karena mereka harus mengaduk nasinya sesering mungkin. Kendati demikian, hal ini tidak membuat kalian tidak boleh beristirahat selama mengaduk nasi risotto.

Sesekali kamu diperbolehkan untuk istirahat jika capek, tapi kamu harus selalu melihat apakah bagian bawah nasi tersebut gosong.

Selama mengaduk nasi risotto, kamu juga bisa menambahkan kaldu ayam ke dalam nasi tersebut. Dengan begitu, kaldu ayam dapat menyerap secara tepat ke bagian nasinya.

Tuang Kaldu dengan Perbandingan yang Tepat

Tuang Kaldu Langkah sukses cara membuat risotto sebenarnya berfokus pada tekstur hidangan tersebut. Maka dari itu, takaran kaldu yang digunakan pada risotto harus diperhatikan dengan baik. Umumnya, orang-orang akan menggunakan rasio beras dan kaldu yang sebesar 1:4.

Dengan menggunakan rasio beras dan kaldu yang seperti itu, kamu bisa membuat risotto dengan tekstur yang pas. Selain itu, kaldu ayam tersebut juga harus dituang secara berkala. Jadi, kaldu ayam ini tidak boleh langsung dituang begitu saja.

Untuk mempertahankan tekstur risotto yang lembut, gunakan kaldu ayam yang telah dipanaskan sejenak. Sebab, kaldu ayam yang hangat dapat membuat tekstur risotto tidak keras selama dimasak. Nantinya, kamu bisa membiarkan kaldu tersebut di atas kompor dengan api yang kecil.

Cara menuang kaldu ayam pada risotto adalah dengan menunggu sampai kaldu sebelumnya menyusut. Tahapan ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin, agar tekstur creamy pada risotto bisa lebih maksimal.

Gunakan Bawang Secukupnya

Gunakan Bawang Secukupnya Penggunaan bawang yang berlebih dapat membuat risotto memiliki rasa yang aneh. Maka dari itu, ketika membuat risotto kamu harus selalu memperhatikan jumlah bawang yang digunakan. Jumlah bawang ideal untuk membuat risotto adalah 2 siung bawang putih dan 1 buah bawang bombay.

Bawang bombay pada hidangan ini dapat membuat rasanya lebih manis dan mengeluarkan aroma yang lebih lezat. Sementara untuk penggunaan bawang putih pada hidangan ini dapat membuatnya lebih kaya rasa. Jadi, takaran dari kedua bawang ini harus selalu diperhatikan.

Pastikan untuk memasak bawang bombay dan bawang putih ini sampai berwarna kecoklatan, lalu segera lanjutkan ke tahapan berikutnya. Jika tidak, maka bawang akan gosong dan itu dapat membuat risotto menjadi tidak enak serta nasi akan mengunci pati yang ada di bawang.

Tambahkan Keju di Bagian Akhir

Tambahkan Keju Di Bagian Akhir Untuk menghindari keju gosong, kamu perlu menambahkan bahan ini pada saat semua bahan lainnya sudah matang. Sebab, lemak keju akan meleleh dengan cepat, sehingga tahapan ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

Jika keju ditambahkan di bagian awal ataupun tengah, hal ini dapat membuat risotto memiliki tekstur yang lebih lembek. Jadi, jangan pernah lupa untuk menambahkan keju di bagian akhir dan bukan di bagian awal maupun tengah.

Masak dengan Api Sedang

Tidak perlu terburu-buru ketika sedang memasak risotto. Sebab, risotto harus dimasak dengan menggunakan api sedang untuk menghindari bahan-bahan menjadi gosong. Selain itu, risotto juga tidak boleh dimasak dengan menggunakan api kecil, karena itu bisa membuat bahannya tidak matang.

Api sedang adalah kebutuhan paling utama pada saat membuat risotto. Sementara untuk ukuran pancinya sendiri tidak boleh terlalu lebar, karena panci tersebut dapat mengurangi rasa lezat dari risotto. Yang terpenting, masak risotto sampai teksturnya sempurna.

BACA JUGA: Mudah, Ini Cara Membuat Bubur Nasi Enak dan Sehat

Langkah sukses cara membuat risotto memang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Selain itu, kurun waktu yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini juga cenderung tidak terlalu lama.

Jadi, semua orang bisa mencobanya sendiri ketika memiliki waktu luang di rumah. Luangkan waktu kalian dengan melakukan kegiatan positif, seperti memasak risotto untuk membuat keluarga senang.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!