Bentuk Beragam Pisau Dapur Beserta Fungsinya

Editorial Mealy

Masih ada sebagian orang yang belum tahu tentang bentuk beragam pisau dapur. Padahal setiap jenis pisau dapur ini memiliki fungsi yang berbeda. Dengan mengetahui fungsi dari masing-masing jenis pisau dapur ini, kamu jadi bisa lebih mudah untuk menggunakannya ketika hendak memasak.

Selain memiliki perbedaan pada fungsinya, berbagai jenis pisau dapur ini juga memiliki perbedaan pada ukurannya. Ada pisau dapur yang tersedia dalam ukuran kecil namun ada juga yang besar. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait fungsi dari jenis-jenis pisau dapur itu, simak artikel ini sampai akhir!

Bentuk Beragam Pisau Dapur dengan Fungsi yang Berbeda

Pisau dapur adalah salah satu alat yang harus disiapkan ketika hendak memasak suatu hidangan. Sebab, ada beberapa bahan yang harus dipotong terlebih dahulu sebelum dimasak. Dengan menggunakan pisau dapur yang tepat, bahan masakan bisa dipotong secara lebih rapi dan cepat.

Namun, karena saat ini semakin ada banyak jenis pisau dapur yang memiliki ukuran dan fungsi berbeda, jadi kamu harus mengenalinya secara satu per satu. Dalam hal ini, kami akan membagikan informasinya secara lengkap, yaitu:

Paring Knife

Paring Knife Jenis pisau yang satu ini sering dipakai untuk mengupas buah-buahan maupun memotong sayuran. Sebab, paring knife memiliki bentuk dan ukuran yang kecil, sehingga ukurannya sangat cocok untuk digunakan mengupas buah-buahan seperti apel dan memotong sayuran seperti buncis.

Ukuran paring knife hanya sebesar 7-10 cm saja dengan bagian ujung yang sangat runcing. Jika dibandingkan dengan beberapa jenis pisau lainnya, maka paring knife termasuk jenis pisau yang sering digunakan ketika memasak hidangan Indonesia. Jadi, mungkin kamu sudah familier dengan pisau ini.

Cleaver

Cleaver Dari sekian banyak bentuk beragam pisau dapur yang ada sekarang ini, cleaver termasuk salah satu jenis pisau yang berukuran besar. Maka dari itu, jenis pisau ini sering digunakan untuk memotong daging maupun tulang yang memiliki tekstur tebal.

Tak jarang cleaver digunakan pada restoran China untuk memotong bahan-bahannya yang cukup tebal. Selain itu, jenis pisau ini juga sering digunakan untuk memotong daging ayam utuh, karena bagian ujungnya sangat tajam atau runcing.

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, ukuran dari pisau ini bisa mencapai 20 cm. Kendati demikian, ada juga beberapa penjual yang menyediakan ukuran dan ketebalan pisau sesuai dengan kebutuhan masing-masing pembeli.

Chef’s Knife

Chefs Knife Lebih besar dibanding cleaver, chef’s knife memiliki ukuran sekitar 15-30 cm. Dengan ukurannya yang cukup panjang ini membuat chef’s knife sering digunakan untuk memotong banyak makanan secara sekaligus. Jenis pisau ini akan sangat cocok untuk digunakan memotong daging dan beragam sayuran.

Satu hal yang menjadi keunikan dari pisau ini terletak pada bagian bilahnya, yaitu cenderung lebar dan di bagian bawahnya lebih nyaman untuk dipakai mencincang maupun mengiris bahan makanan dalam ukuran yang besar. Pisau ini sudah sering digunakan untuk memasak sejak puluhan tahun yang lalu.

Bread Knife

Bread Knife Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari pisau dapur ini adalah untuk memotong roti ataupun kue yang teksturnya lembut. Roti dan kue memang bisa dipotong dengan menggunakan jenis pisau yang lainnya, tapi itu hanya akan membuat bagian topping-nya berantakan dan bentuknya menjadi tidak rapi.

Hal ini berbeda saat kamu menggunakan bread knife untuk memotongnya, karena jenis pisau ini memiliki bagian bilah yang berbentuk gerigi, sehingga potongan roti dan kue itu pun bisa lebih rapi. Sementara untuk ukurannya sendiri lebih kecil dibanding 2 jenis pisau sebelumnya, yaitu 12,5-30 cm.

Namun, bread knife tidak bisa digunakan untuk memotong bahan-bahan makanan yang keras, karena pisau ini tidak setajam jenis pisau lainnya. Selain roti dan kue, pisau ini juga bisa digunakan untuk memotong nanas, tomat, dan apel.

Utility Knife

Utility Knife Melanjutkan pembahasan tentang bentuk beragam pisau dapur, kita tidak boleh melewatkan jenis pisau yang satu ini. Utility knife memiliki bagian ujung yang lebih tajam dibanding paring knife, sehingga jenis pisau ini cocok digunakan untuk memotong daging yang hendak diiris melintang.

Umumnya, orang-orang akan membutuhkan utility knife ketika hendak membuat sandwich yang berisikan daging. Selain itu, utility knife juga bisa digunakan untuk memotong buah-buahan dan sayur-sayuran segar. Namun, ukuran pisau ini tergolong tidak terlalu besar, yaitu sekitar 13 cm saja.

Carving Knife

Carving Knife Bagi orang-orang yang sering memakan maupun memasak steak, mereka pasti sudah tidak merasa asing lagi ketika melihat jenis pisau ini. Ya, carving knife sering dikenal sebagai pisau untuk melepaskan daging dari tulangnya dan berukuran cukup besar yakni sekitar 20-26 cm.

Bagian ujung pisau ini akan melengkung tajam dan membuatnya lebih mudah untuk memisahkan bagian daging dari tulangnya. Maka dari itu, carving knife sering digunakan oleh para penjual daging sapi maupun daging ayam.

Boning Knife

Boning Knife Jika carving knife bisa digunakan untuk melepaskan daging dari tulangnya, untuk boning knife bisa digunakan saat kamu hendak memotong tulang daging maupun tulang rawan secara lebih mudah dan praktis. Hal ini terjadi karena boning knife memiliki ujung yang runcing dengan bilah yang tipis.

Ketika seseorang memotong daging dan tulang dengan menggunakan pisau ini, hasil masakannya akan terlihat lebih sempurna serta rapi. Tidak hanya itu, keberadaan boning knife juga dapat memudahkan banyak orang dalam mempercepat proses masaknya.

Santoku Knife

Santoku Knife Bagi orang-orang yang sedang mencari pisau untuk memotong ikan dengan mudah, mereka bisa mencoba untuk menggunakan jenis pisau yang satu ini. Bagaimana tidak? Santoku knife dapat memudahkan kalian dalam memotong ikan dan menyiapkan hidangan sushi yang segar.

Keunikan dari pisau ini adalah memiliki lesung pipit yang rata, sehingga bagian tersebut dapat digunakan untuk mencegah benda-benda halus menempel pada bagian logamnya. Selain itu, bilah pisau ini juga cenderung lebar dan bisa digunakan untuk mengambil makanan cincang.

Slicing Knife

Slicing Knife Slicing knife tidak hanya bisa digunakan untuk memotong sayuran dan mengupas kulit buah saja, tapi jenis pisau ini juga bisa digunakan untuk memotong aneka jenis keju. Biasanya, slicing knife lebih sering digunakan oleh beberapa orang untuk mengiris daging dalam ukuran yang tipis.

Maka dari itu, slicing knife sering dibutuhkan ketika seseorang hendak membuat daging asap. Jika dibandingkan dengan jenis pisau yang lainnya, maka slicing knife memiliki ukuran yang lebih panjang. Sebab, jenis pisau ini memiliki ukuran yang panjang dengan lebar yang tidak terlalu besar.

BACA JUGA: Cara Mengasah Pisau Agar Tajam dan Awet, Wajib Paham

Setelah mengetahui apa saja jenis pisau dapur yang ada sekarang ini, kamu jadi bisa lebih mudah untuk membeli dan menggunakan pisau yang sesuai kebutuhan. Sebab, tidak semua jenis pisau dapat digunakan untuk memotong berbagai bahan makanan.

Kenali satu per satu fungsi dari bentuk beragam pisau dapur yang ada di atas, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk memilih salah satu di antaranya.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!