10 Rekomendasi Tempat Makan di Cisangkuy Enak

Editorial Mealy

Selain cocok dijadikan sebagai tempat berwisata, ternyata Bandung juga memiliki ragam spot keren yang menyajikan aneka jajanan enak. Salah satu tempat populer di Kota Bandung yang dijuluki sebagai surga jajanan yaitu Jalan Cisangkuy. Sudah pernah mengunjungi aneka tempat makan di Cisangkuy belum?

Nggak harus melulu berkunjung ke Ciseeng, Cisauk, atau ke Ciater untuk menikmati hidangan enak khas Kota Bandung. Tempat makan baru di Cisangkuy siap untuk menggoyang lidah para wisatawan lokal maupun asing, namun kocaknya hampir semua makanan dibandrol dengan harga recehan lho.

Di jalanan ini kamu akan menemukan sebuah pasar dinamakan “Pasar Cisangkuy” sebagai salah satu pasar tradisional di Kota Bandung yang menyajikan aneka jajanan tradisional lengkap. Jadi, saat berada di daerah Cisangkuy jangan lupa untuk menikmati aneka makanan khas berikut ini.

Sate Jando Mbok Ayu

Sate Jando Mbok Ayu

Siapa nih pecinta sate-satean? Kuliner bernama Sate Jando Mbok Ayu memang cukup terkenal di Cisangkuy karena aromanya yang wangi dan bumbu sate bakarnya khas tiada banding. Tambahan ukuran jando yang relatif besar menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang ada di sekitar.

Apa sih jando itu? Jando merupakan semacam gajih yang didapatkan dari bagian punuk sapi, memiliki tekstur kenyal, dan dijamin mengenyangkan. Biasanya jando akan direbus menggunakan bumbu bacem, baru kemudian disajikan dengan siraman bumbu kacang lezat dan menggoda.

BACA JUGA: Cara Membuat Panggangan Sate Sederhana

Nasi Timbel Cisangkuy

Nasi Timbel Cisangkuy

Apalagi tempat makan di Cisangkuy yang enak dan mengenyangkan? Kamu bisa cicipi rasanya kuliner lezat nasi timbel Cisangkuy. Warung dari dulu terkenal menyajikan aneka makanan khas Sunda dengan harga miring, sehingga sering dijadikan buruan masyarakat ketika pagi hari.

Nasi timbel merupakan salah satu menu favorit yang laris dicari para pengunjung bahkan sampai rela antri-antrian untuk bisa mencicipinya. Nasi timbel biasanya akan disajikan bersama dengan lauk tempe, tahu, ayam goreng, dan sambal lalap yang rasa pedasnya cukup nendang.

Serabi

Serabi

Saat mendengar kata “Serabi” pastinya sangat identik dengan Kota Bandung. Kue Serabi yang dijual oleh Ny Karwati ini masih mempertahankan rasa dan proses pembuatan serabi tradisional. Bayangkan saja, proses pembuatan serabi menggunakan kayu bakar berbeda dengan model lain.

Di sini kamu bisa merasakan aneka jenis serabi mulai dari rasa asin, original, dan juga serabi manis diberi taburan gula merah. Nah, ada juga menu “Serabi Telur Oncom” yang memiliki tekstur kenyal, perpaduan rasa asin manis, dan mengenyangkan sehingga paling cocok sebagai pengganjal perut.

Kofu

Kofu

Cari referensi tempat nongkrong di Cisangkuy Bandung? Ternyata di daerah Cisangkuy juga ada semacam coffee shop paling pewe sebagai tempat hangout atau nongkrong bareng teman. Nama tempatnya “Kofu” yang di dalamnya menyediakan area outdoor maupun indoor yang cukup teduh.

Kofu merupakan coffee shop yang mengangkat tema “Feels Like Home”, sehingga bisa menjadi tempat paling nyaman bagi anak muda untuk berbagi cerita. Kamu bisa menikmati beragam kopi, minuman segar, tuna mentai rice bowl, spaghetti, nasi paru, dan pilihan pastry lengkap.

Bandros Cowboy

Bandros Cowboy

Selain serabi, Kota Bandung juga memiliki makanan tradisional lain dinamakan dengan Bandros Cowboy. Kuenya mirip dengan “Kue Pancong”, dimana terbuat dari tepung beras ditambahkan dengan kelapa parut dan juga santan yang kental. Mengapa dinamakan Bandros Cowboy?

Mang Jajang selaku penjual menyematkan kata “Cowboy” karena memang penampilannya yang suka banget dengan topi cowboy. Di tempat ini kamu bisa mencoba bandros rasa cokelat, green tea, nutella, kitkat, chunky bar, toblerone, dan masih banyak lagi varian baru lebih menarik.

Sate Maranggi

Sate Maranggi

Sate Maranggi termasuk tempat makan di Cisangkuy yang tidak pernah sepi pengunjung. Tentu kamu bisa menemukannya di sepanjang jalanan Bandung, tapi yang satu ini pasti beda. Daging sate yang sudah dibakar akan disajikan dengan bumbu kacang pedas manis yang khas.

Bumbu kacangnya terbuat dari campuran kacang tanah goreng, gula merah, bawang putih, air, asam jawa, dan juga garam. Memang bumbu umumnya sama, namun kamu bisa merasakan cita rasa berbeda saat mencicipi sate Maranggi yang masih berada dekat dengan area Cisangkuy ini.

Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom sebenarnya nasi biasa yang dicampur dengan oncom. Sedangkan oncom sendiri tergolong jenis makanan fermentasi kacang tanah atau biji kedelai. Nasi tutug oncom nantinya akan disajikan bersama ikan bakar pedas dan ayam goreng crispy yang gurih.

Banyak restoran atau warung di jalanan Cisangkuy yang menjual nasi tutug oncom sebagai kuliner khas dari Jawa Barat. Kamu yang merasa bosan dengan lauk pauk ikan, bisa mencoba tambahan lauk lain seperti sayuran, urap-urap, tempe, tahu, dan masih banyak lagi pilihannya.

Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy

Saat sedang berjalan-jalan di area Taman Lansia komplek Gedung Sate, kamu akan menemukan sebuah café rindang yang dikelilingi banyak tanaman. Café Yoghurt Cisangkuy ini pastinya sering diburu oleh para wisatawan yang ingin cari buah tangan berupa minuman yoghurt kekinian.

Kamu mau cari yoghurt dengan tekstur juice, encer, dan kental semuanya tersedia disini. Varian rasa yoghurt yang dijual seperti grape yoghurt, lychee yoghurt, dan strawberry. Ada juga layanan pengiriman Yoghurt secara online untuk Bandung dan sekitarnya lho. Yakin nggak mau coba?

Pesona Kampung Naga

Pesona Kampung Naga

Pesona Kampung Naga tampaknya cocok untuk wisatawan luar Bandung yang ingin cari tempat makan enak di Cisangkuy. Kampung Naga menawarkan konsep tempat estetik tradisional mulai ornamen bambu. jagung dan padi digantung, dan masih menggunakan alat masak tradisional lho.

Konsep layanannya biasa dikenal dengan istilah “Prasmanan”, sehingga para pengunjung bisa ambil makanan sesuka hati. Ada menu paru goreng, ayam bakar, ayam kampung, sambal lalapan, aneka tumisan, dan perkedel siap disantap. Namun, selesai makan jangan lupa bayar ya!

Lotek

Lotek

Kok namanya aneh? Lotek merupakan hidangan salad khas Sunda yang dibuat sayur tauge kol, kacang panjang, dan kangkung. Sayuran tersebut akan disajikan bersama dengan siraman bumbu kacang gurih pedas, sehingga kalau orang jawa menyebutnya dengan istilah “Pecelan”.

Menu lotek yang ada di warung biasanya akan ditambah dengan nasi putih atau lontong sesuai selera pembeli. Diatasnya ditambahkan dengan tempe goreng, tahu goreng, telur rebus, kerupuk, dan sambal terasi. Membayangkannya saja sudah bisa buat perut keroncongan, bukan?

Masih banyak kuliner jalanan yang bisa kamu temukan saat berada di area Cisangkuy misalnya ada tahu gejrot, kentang goreng, kue cubit, dan aneka sajian dimsum lezat. Beberapa tempat makan juga menjual aneka jajanan Korea dan Jepang, namun harganya memang cukup mahal dibandingkan jajanan lokal.

Mana nih tempat makan di Cisangkuy yang paling pengen kamu kunjungi? Beberapa rekomendasi kuliner di atas sepertinya sudah cukup untuk memuaskan selera para pengunjung. Ditambah lagi orang-orang bisa mengabadikan foto di area jalanan Cisangkuy yang terkenal estetik dan banyak gedung kuno.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!