4 Resep Olahan Kentang untuk Lauk

Editorial Mealy

Meskipun kentang dan nasi tergolong sebagai karbohidrat, olahan kentang untuk lauk justru paling populer di tengah masyarakat. Tapi jangan salah paham dulu, bukan berarti kentang nggak bisa dijadikan lauk. Tetap bisa-bisa aja, kok!

Di bawah ini ada macam-macam olahan atau resep kentang yang umum dikonsumsi sebagai lauk pauk. Lengkap dengan nama olahan kentang serta cara singkat dalam membuatnya. Jadi, apa saja olahan kentang itu? Simak di sini!

Olahan Kentang untuk Lauk

Kentang termasuk jenis umbi-umbian yang kaya akan vitamin C, vitamin B, serat, kalium, dan mineral penting lainnya. Menjadikan kentang sebagai lauk pauk sebenarnya ide yang cukup brilian agar makanan jadi lebih bervariasi. 

Berkat khasiatnya itu, kentang jadi menu populer untuk lauk pauk. Kalau ingin tahu ada resep olahan kentang apa saja yang bisa kamu coba, berikut rekomendasi lengkapnya:

Gulai Kentang

Gulai Kentang Gulai kentang terbuat dari kentang yang dimasak dalam kuah gulai yang kaya akan rempah-rempah. Buat kamu yang penyuka makanan gurih, mungkin harus coba resep ini!

Sebelum membuat gulang kentang, kamu harus memiliki beberapa bahan-bahan, yaitu kentang yang sudah potong jadi dadu, membuat bumbu gulai dengan bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, dan daun salam, lalu siapkan santan, garam, dan merica bubuk secukupnya.

Langkah-langkah membuat gulai kentang:

  1. Panaskan sedikit minyak dalam wajan atau panci. Tumis bumbu gulai, yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, dan daun salam hingga harum.

  2. Tambahkan potongan kentang ke dalam wajan atau panci. Aduk rata dengan bumbu gulai.

  3. Tuangkan santan ke dalam wajan atau panci, lalu aduk merata. Pastikan kentang terendam dalam santan.

  4. Tambahkan garam dan merica bubuk sesuai dengan selera. Aduk sampai rata.

  5. Masak gulai kentang dengan api sedang hingga kentang empuk dan kuah gulai mengental. Jangan lupa diaduk juga ya biar nggak lengket di bagian bawahnya.

  6. Setelah kentang matang dan kuah mengental, cicipi rasanya dan sesuaikan bumbu jika diperlukan.

  7. Gulai kentang siap disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau dengan nasi hangat.

Gulai kentang ini bisa kamu kreasikan lagi, lho. Bisa dengan menambahkan bahan lain seperti daging atau sayuran sesuai dengan selera. Biasanya sih, ditambah juga dengan sambal sebagai pelengkap lainnya.

Bitterballen Kentang Keju

Bitterballen Kentang Keju Kamu pecinta keju? Ingin coba gimana rasanya masakan kentang plus keju? Wah, kamu wajib mencoba olahan kentang untuk lauk yang satu ini! Selain kekinian, cara membuatnya juga nggak sulit jadi masih bisa kamu ikuti.

Bahan untuk membuatnya cukup siapkan 2 butir telur yang dikocok lepas, 3 sendok makan tepung terigu, 3 sendok makan mentega, 1/2 cup susu cair, 1/2 cup kaldu ayam, 1/2 cup tepung roti, minyak goreng, garam, dan merica secukupnya.

Langkah-langkah membuat bitterballen kentang keju:

  1. Setelah kentang direbus hingga empuk, tiriskan dan tumbuk kentang hingga halus menggunakan alat tumbuk atau blender. Sisihkan.

  2. Panaskan mentega dalam panci. Tambahkan tepung terigu dan aduk rata hingga terbentuk pasta yang mulai berwarna kecokelatan.

  3. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit ke dalam panci sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental dan licin.

  4. Tambahkan kentang tumbuk dan keju parut ke dalam adonan. Aduk sampai rata biar semua bahannya tercampur sempurna.

  5. Tuangkan kaldu ayam sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga adonan menjadi lembut dan mudah dibentuk.

  6. Beri garam dan merica secukupnya untuk menyesuaikan rasa. Aduk rata.

  7. Pindahkan adonan ke wadah dan biarkan dingin di dalam kulkas selama sekitar 1 jam atau hingga adonan mengeras.

  8. Setelah adonan mengeras, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil menggunakan tangan atau sendok. Gulingkan bola-bola tersebut dalam tepung roti hingga terbalut rata.

  9. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng bitterballen dalam minyak panas hingga kecokelatan dan renyah. 

Kalau sudah selesai semua langkah memasaknya, maka bitterballen kentang keju siap disajikan. Kamu bisa tambahkan saus sambal atau saus mustard sebagai pelengkap. Tapi jangan khawatir kalau kamu bukan penyuka pedas, karena tanpa sambal pun rasanya tetap enak.

Omelet Kentang

Omelet Kentang Resep olahan kentang untuk lauk berikutnya adalah omelet kentang! Siapa, sih, yang nggak tahu apa itu omelet. Semua orang pasti hampir pernah memakannya. Tapi, kalau omelet kentang, gimana? Pastinya ini pertama kali buat kamu, kan?

Kalau ingin mencoba memasak omelet kentang, kamu butuh beberapa bahan. Contohnya, 2 buah kentang yang sudah dikupas kulitnya, lalu diparut kasar. 4 butir telur, 1/2 buah bawang bombay diiris tipis, 2 siung bawang putih dicincang halus, garam, merica, dan minyak goreng secukupnya.

Langkah-langkah membuat omelet kentang:

  1. Peras kentang parut untuk menghilangkan kelebihan air. Sisihkan.

  2. Dalam mangkuk, kocok telur dengan garam dan merica hingga tercampur rata.

  3. Nyalakan kompor, lalu panas minyak goreng di atas wajan pakai api sedang. Lalu masukkan bawang bombay dan bawang putih. Ingat, jangan sampai gosong atau rasanya akan pahit.

  4. Tambahkan kentang parut ke dalam wajan. Masak sampai kentang sedikit layu dan berubah warna. Pastikan juga tumisan bawangnya tercampur rata dengan kentang.

  5. Tuangkan campuran telur ke dalam wajan dengan kentang. Ratakan permukaannya.

  6. Biarkan omelet kentang matang di satu sisi dengan api sedang. Setelah itu, balik omelet dengan hati-hati menggunakan spatula atau piring datar.

Setelah selesai, potong omelet kentang menjadi irisan atau segmen sesuai selera. Lalu, omelet kentang siap disajikan sebagai lauk pauk super enak! Selain cara membuatnya yang simpel, kamu juga bisa mencoba menu baru!

Sambal Kentang Goreng

Sambal Kentang Goreng Ternyata, sambal juga bisa kok dijadikan pendamping nasi alias lauk. Contohnya adalah sambal kentang goreng. Cara membuatnya juga cukup sederhana karena hanya butuh kentang, cabai rawit, dan bumbu kunci lainnya. Kalau urusan sambal, kamu bisa bebas mau pakai persentase berapa saja, sesuai selera.

Langkah-langkah membuat sambal kentang goreng:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng kentang hingga kecokelatan dan renyah. Angkat dan tiriskan kentang goreng pada tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak. Taburi dengan sedikit garam.

  2. Untuk membuat sambal, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih hingga harum.

  3. Tambahkan cabai rawit merah dan cabai merah besar. Tumis hingga cabai layu dan harum.

  4. Masukkan tomat potong kecil ke dalam wajan. Aduk saja sampai tomat hancur.

  5. Tambahkan gula merah, kecap manis, dan garam secukupnya. Aduk rata dan masak sambal hingga matang dan meresap.

  6. Sajikan kentang goreng dengan sambal pedas di atasnya.

Sambal kentang goreng siap disantap. Kamu juga bisa menambahkan bawang merah goreng atau bawang putih goreng sebagai pelengkap. Tentu saja, ini hanya opsional dan boleh nggak ditambahkan juga.

BACA JUGA: Kentang Ternyata Tidak Hanya Berwarna Kuning dan Berbentuk Bulat Loh

Olahan kentang untuk lauk ini cocok banget buat kamu yang lagi pengen makan olahan kentang sekaligus ingin variasi makanan yang lebih beragam. Langkah pembuatannya juga sudah tertera jelas, jadi kamu bisa mencobanya di rumah.

Jangan lupa bagikan resep olahan kentang ini ke teman-teman kamu juga ya. Barangkali mereka juga lagi butuh asupan resep kentang yang bikin nagih ini!

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!