10 Tempat Makan di Jalan Sabang Jakarta Pusat

Editorial Mealy

Jalur Sabang Jakarta ternyata banyak dilirik orang karena kuliner kaki limanya yang terkenal enak-enak lho. Bahkan katanya tempat makan di Jalan Sabang sudah menempati posisi pertama sebagai pusat kuliner favorit masyarakat Jakarta karena harganya murah dan pilihan makanannya jauh lebih banyak. 

Sangking banyaknya tempat makan enak di Jalan Sabang, kawasan ini selalu ramai saat pagi hari sampai larut malam. Disini kamu nggak hanya bisa jajan aneka kuliner kaki lima, tetapi ada juga café kekinian sampai kuliner legendaris yang rasanya enak dari resep turun-temurun. 

Area Jalan Sabang memang sudah resmi dinobatkan sebagai komunitas utama wisata kuliner oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Kawasan satu ini menyediakan aneka menu makanan lezat bahkan Presiden Joko Widodo saja pernah mencoba menyantap hidangan kuliner di Jalan Sabang ini lho!

Sate Khas Pak Heri

Sate Khas Pak Heri

Salah satu makanan lezat yang patut kamu coba saat berada di Jalan Sabang Jakarta tentu saja sejenis sate-satean. Bingung mau kuliner sate yang mana? Ada salah satu penjual sate legendaris dinamakan dengan “Sate Pak Heri Asli” yang sudah berdiri mulai dari tahun 1974. 

Warung satu ini menyediakan sate ayam, sate kambing, dan menu sop ayam yang terkenal gurih serta baunya sangat menggoda selera. Satenya nanti akan disajikan bersama dengan sambal kecap dicampur tambahan potongan tomat, bawang merah, cabai rawit, dan juga acar. 

Claypot Popo

Claypot Popo

Claypot Popo merupakan tempat makan Sabang Jakarta Pusat yang menyediakan café nyaman dan desainnya sangat estetik. Bisa dibilang disinilah kalangan kaum millenial bisa menghabiskan waktu berlama-lama untuk makan bersama sambil diskusi asik tugas kuliah.

Claypot Popo banyak menyajikan aneka makanan khas dari Negara China yang rasanya terkenal sangat enak dan dijamin halal. Uniknya lagi, semua makanan yang disediakan akan diletakkan di atas pot tanah dan para pengunjung bisa masak langsung dengan menggunakan api panas. 

Restoran khas China ini menyediakan beberapa menu andalan seperti claypot disajikan bersama siraman telur dan tambahan daging sapi atau daging ayam. Beberapa menu lainnya yang rasanya tak kalah enak seperti dadaran claypot ala caipoh, misua goreng, dan ayam asam manis. 

Warung Soto Ceker Pak Gendut

Warung Soto Ceker Pak Gendut

Daripada bingung mau nyoba tempat makan di Jalan Sabang yang enak, kamu bisa langsung mampir ke Warung Soto Ceker Pak Gendut. Tempat makannya memang dirancang sederhana, namun soal sajian makanan dijamin lezat dan mengenyangkan perut para penikmatnya. 

Racikan soto Pak Gendut terkenal memiliki kuah kental, rasanya gurih, dagingnya lembut, dan bau khas makanan sangat sedap. Kamu bisa pilih sesuai selera ingin soto ceker, soto ayam, soto babat, kikil, soto Madura, atau soto ranjau yang berisi banyak tulang ayam lunak. 

Nasi Gandul Pati Jawa Tengah

Nasi Gandul Pati Jawa Tengah

Bagi kamu yang rindu kuliner khas Jawa Tengah nasi gandul, bisa segera merapat dan coba rasa lezatnya hidangan warung satu ini. Tempat makan memang secara khusus menjual nasi gandul dilengkapi dengan daging sapi dan siraman kuah gulai yang baunya sangat menggoda selera. 

Supaya kamu makin kenyang, bisa coba beberapa lauk pendamping misalnya telur asin, jenis sate-satean, tempe, dan paru goreng. Berhubung tempat makannya berukuran sangat kecil, kamu perlu jeli menemukannya agar bisa menikmati lezatnya nasi gandul satu ini. 

Kawisari Coffe & Eatery

Kawisari Coffe Eatery

Tempat makan di Jalan Sabang yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong berikutnya bernama Kawisari Coffe & Eatery. Café memang memiliki konsep semacam bangunan tua, namun saat masuk ke dalamnya, kamu akan menemukan sentuhan vintage yang kekinian. 

Di tempat ini kamu bisa memesan aneka minuman kopi, minuman segar. nasi besek, serabi, dan jajanan unik lainnya. Harga makanan disini juga pas di kantong, cukup Rp25 ribu saja pengunjung bisa makan camilan atau menikmati lezatnya hidangan nasi pecel murah khas Mbok Musinem. 

Nasi Goreng Lezat Bang Roby

Nasi Goreng Lezat Bang Roby

Malem-malem pengen makan nasi goreng? Yuk cobain lezatnya kuliner Nasi Goreng Bang Roby yang bisa ditemukan di area Jalan Sabang Jakarta. Walaupun warungnya berukuran kecil, namun siapa sangka banyak diburu oleh kalangan mahasiswa dan wisatawan luar kota Jakarta. 

Warung Nasi Goreng Lezat Bang Roby menyediakan menu andalan mulai dari nasi goreng ayam, toping sosis, nasi goreng daging kornet, nasi goreng cakwe, telut omelette, dan pilihan menu lainnya. Ada lagi menu nasi goreng campur yang terkenal enak dan porsinya sangat banyak. 

Bakmi Roxy

Bakmi Roxy

Tempat makan di Jalan Sabang Jakarta Pusat satu ini pasti selalu ramai pengunjung saat waktu makan malam, apalagi pas weekend tiba. Ya, Bakmi Roxy menyediakan mie ayam, mie yamien, bihun ayam, dan juga kwetiau dengan isian adonan super lembut. 

Namun saat mampir kesini, sepertinya kamu wajib coba lezatnya mie ayam kuah bening karena kaldunya terkenal memiliki rasa bumbu kuat dan ditambah irisan bawang. Tekstur mie kenyal dan ukurannya cukup tebal, makanya cocok disantap saat lapar malam hari sepulang kerja. 

BACA JUGA: 10 Ide Makanan Berkuah Terbaru Viral

Pempek Cawan Putih

Pempek Cawan Putih

Kangen pengen ngrasain ragam kuliner khas Palembang? Saat berkeliling ke Jalan Sabang. kamu bisa mampir ke restoran “Pempek Cawan Putih”. Areanya cukup luas, bangunannya kuno, dan memang khusus menyediakan aneka makanan khas dari Kota Palembang. 

Memang apa aja sih pilihan menunya? Kamu bisa coba lezatnya aneka jenis empek-empek mulai dari model, kulit, lenjer, keriting, dan kapal selam. Restoran juga menyediakan makanan lain kok misalnya ada tekwan, putih telur cabe garam, pindang tulang iga, dan pindang ikan patin. 

Natrabu Minang Restaurant

Natrabu Minang Restaurant

Natrabu Minang Restaurant didirikan oleh Bapak Rahimi Sutan mulai dari tahun 1958, makanya sudah terkenal cukup lama di Jakarta. Restorannya memiliki desain cukup mencolok, etnik megah, dan bangunannya cukup luas cocok digunakan sebagai tempat makan bersama keluarga. 

Sesuai dengan namanya, tempat makan di Jalan Sabang ini menyediakan aneka makanan lezat yang berasal dari suku Minang. Mulai dari para pejabat negara, wisatawan lokal, dan turis asing sudah pernah mencoba lezatnya rendang daging, aneka gulai, dendeng, balado, dan ayam pop. 

Ben Seafood

Ben Seafood

Bagi warga Jakarta yang ingin sekali mencicipi hidangan seafood, bisa kunjungi langsung kedai Ben Seafood yang lokasinya ada di area Jalan Sabang. Olahan seafoodnya terkenal lezat, jadi rasanya kurang puas kalau hanya memesan satu menu saat berada di tempat ini. 

Kamu juga perlu coba mantapnya rasa telur asin cumi dan aneka olahan kerang disiram bumbu balado. Rasanya memang tidak terlalu pedas, namun pastinya sangat pas di lidah dan ditambah lagi pelayanan disana benar-benar super gercep!

Saat memasuki area Jalan Sabang Jakarta, kamu juga akan menemui makanan khas dari Kota Kudus Jawa Tengah yaitu Soto Kudus. Ada juga aneka kuliner rumahan khas nusantara yang menyediakan menu lumpia ayam, fuyunghai, tempe mendoan, rawon daging, soto tangkar, dan masih banyak lagi. 

Dari sekian tempat makan di Jalan Sabang yang direkomendasikan di atas, mana nih yang pengen banget kamu coba. Selain banyak tempat nongkrong, rasa makanan yang dijual disana ternyata sangat enak, wajarlah kalau sampai dijadikan sebagai pusat kuliner asik warga Jakarta.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!