3 Resep dan Tips Membuat Kacang Sembunyi yang Lezat dengan Banyak Rasa!

Editorial Mealy

Siapa yang tidak kenal kacang sembunyi? Cemilan satu ini memang terkenal bikin ketagihan. Jika kamu ingin membuat kacang sembunyi sendiri, jangan khawatir! Ternyata cemilan satu ini mudah dibuat. Ada berbagai resep dan tips membuat kacang sembunyi yang lezat lho! 

Cemilan ini cocok untuk dinikmati bersama teh atau kopi atau teh panas. Rasanya yang pedas atau manis dengan tekstur crunchy tentu bikin siapapun jadi kangen dengan cemilan ini. Nah, ini dia beberapa tips dan resep untuk membuat kacang sembunyi!

Resep Kacang Sembunyi Praktis

Cemilan satu ini kerap ditemui pada musim lebaran. Namun kacang sembunyi juga dapat kamu nikmati kapan saja terlebih jika kamu bisa membuatnya sendiri. Bahkan kamu bisa menyimpan stok cemilan favorit ini di rumah dengan resep berikut ini : 

1. Kacang Sembunyi Karamel

Untuk kamu yang lebih suka cemilan manis, resep kacang sembunyi karamel ini layak kamu coba. Resep dan caranya cukup mudah. Kamu bisa menggunakan kulit yang sudah jadi seperti kulit lumpia, kulit pangsit, hingga kulit dimsum. Berikut resep kacang sembunyi karamel yang bisa kamu ikuti : 

Bahan : 

  1. 500 gram kulit dimsum

  2. 250 gram kacang tanah

  3. 10 sendok makan gula pasir

  4. 1 butir telur untuk bahan perekat

  5. Minyak goreng

Cara Membuat : 

  1. Langkah 1

    Potong kulit dimsum menjadi segitiga dengan salah satu sisi yang melengkung.

  2. Langkah 2

    Sangrai kacang tanah yang masih mentah. Kamu bisa melewati proses ini jika menggunakan kacang tanah goreng.

  3. Langkah 3

    Letakkan 1 butir kacang tanah di bagian tengah kulit, kemudian gulung. Beri ujung kulit sedikit telur yang sudah dikocok lepas agar menempel. Lakukan proses ini sampai selesai.

  4. Langkah 4

    Panaskan minyak. Jika minyak sudah panas, masukkan 2 sendok makan gula pasir dan tunggu hingga gula terkaramelisasi.

  5. Langkah 5

    Goreng kacang sembunyi sambil terus diaduk agar karamel menempel sempurna.

  6. Langkah 6

    Angkat kacang sembunyi dan tiriskan.

  7. Langkah 7

    Salah satu tips membuat kacang sembunyi yang lezat adalah mengulangi proses dengan menambahkan 2 sendok makan gula lagi sebelum menggoreng kacang sembunyi. Ulangi hingga seluruh kacang sembunyi selesai digoreng.

2. Kacang Sembunyi Pedas Manis

Bagi pecinta pedas tentu kurang rasanya jika rasa kacang sembunyi hanya manis tanpa sentuhan pedas. Tenang saja, kamu juga bisa membuat kacang sembunyi pedas manis dengan cara membuat kacang sembunyi yang renyah, pedas, dan manis berikut ini: 

Bahan : 

  1. 250 gram kulit pangsit 

  2. 250 gram kacang tanah

  3. 1 sendok makan tepung terigu yang dilarutkan dalam sedikit air untuk bahan perekat

  4. Minyak goreng

Bahan Bumbu : 

  1. 5 buah cabai rawit

  2. 3 buah cabai besar

  3. 4 siung bawah merah

  4. 2 siung bawang putih

  5. 2 sendok makan gula pasir

  6. 1 sendok teh garam 

  7. Minyak untuk menumis

  8. Air secukupnya

Cara Membuat : 

  1. Langkah 1

    Potong dadu kulit pangsit dan letakkan kacang yang sudah disangrai pada ujung kulit. Kemudian gulung hingga ujung kulit lainnya.

  2. Langkah 2

    Jangan lupa rekatkan ujung kulit dengan bahan perekat.

  3. Langkah 3

    Setelah selesai, siapkan minyak goreng dan goreng kacang sembunyi hingga berwarna kuning kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan.

  4. Langkah 4

    Haluskan semua bahan bumbu, tumis dengan sedikit minyak hingga harum. Bumbui dengan gula pasir, garam, dan sedikit gula merah, kemudian koreksi rasa.

  5. Langkah 5

    Tambahkan air secukupnya, masak hingga bumbu lengket dan terkaramelisasi.

  6. Langkah 6

    Matikan api dan tuangkan kacang sembunyi ke dalam bumbu, aduk hingga merata.

3. Kacang Sembunyi Gurih Manis

Resep kacang sembunyi yang terakhir sangat cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka rasa pedas dan manis. Kamu bisa membuat kacang sembunyi dengan rasa yang manis dan cenderung gurih. Ini dia resep dan cara membuat kacang sembunyi yang renyah dengan rasa gurih manis : 

Bahan : 

  1. 250 gram gula pasir

  2. 100 gram gula merah yang sudah disisir

  3. 100 gram kacang tanah

  4. 10 buah kulit lumpia

  5. Air secukupnya sebagai bahan perekat 

Cara Membuat : 

  1. Langkah 1

    Potong kulit lumpia menjadi 4 bagian dengan bentuk persegi.

  2. Langkah 2

    Letakkan 1 butir kacang tanah sangrai di kulit lumpia. Kemudian gulung hingga ujung dan rekatkan dengan air. Ulangi hingga kacang dan kulit lumpia habis.

  3. Langkah 3

    Panaskan minyak dan goreng kacang sembunyi hingga matang serta berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan

  4. Langkah 4

    Cairkan gula pasir dan gula merah, masukkan kacang sembunyi yang sudah digoreng, dan aduk hingga rata.

Beberapa Tips Membuat Kacang Sembunyi yang Lezat 

Cara membuat kacang sembunyi yang renyah memang sangatlah mudah. Namun untuk menghasilkan kacang sembunyi yang renyah, lezat, dan tahan lama, kamu bisa menggunakan beberapa tips berikut ini : 

1. Gunakan Kulit yang Sesuai

Tips yang pertama adalah menggunakan kulit yang sesuai untuk membuat kacang sembunyi. Kamu bisa menggunakan kulit instan seperti dalam resep atau membuat kulit sendiri. Cara membuat kulit kacang sembunyi juga terbilang mudah. Kamu hanya membutuhkan air, tepung, dan margarin. 

Caranya cukup dengan mencampurkan tepung dengan margarin. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal dan mudah diuleni. Jika adonan kulit sudah kalis, maka adonan sudah bisa dibentuk. Namun kamu harus membagi adonan kulit dalam beberapa bagian. 

Adonan kulit yang sudah dibagi menjadi bagian kecil kemudian digiling menggunakan gilingan selama beberapa kali. Giling hingga menghasilkan adonan kulit dengan permukaan yang mulus. Lalu potong adonan kulit selebar 1 x 2 cm sebelum siap digunakan. 

Pemilihan adonan kulit yang tepat juga akan menghasilkan kacang sembunyi yang lezat. Jangan lupa merekatkan kulit dengan sempurna agar kacang tidak lepas dari kulit. Kacang sembunyi yang dihasilkan pun renyah dan lezat!

2. Gunakan Bahan Premium

Meskipun hanya camilan dan bahannya mudah ditemukan, namun kamu harus tepat dalam memilih bahan yang akan digunakan untuk membuat kacang sembunyi. Salah satu tips membuat kacang sembunyi yang lezat adalah dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas atau premium. 

Gunakan margarin, tepung, minyak goreng, gula, dan kacang yang berkualitas baik harga kacang sembunyi yang dihasilkan lebih enak. Penggunaan bahan berkualitas juga dapat mengurangi cita rasa khas yang kurang enak akibat penggunaan bahan yang tidak tepat atau kurang berkualitas. 

3. Perhatikan Proses Menggoreng 

Seperti yang sudah disebutkan dalam resep sebelumnya, salah satu tips menggoreng kacang sembunyi adalah dengan memasukkan gula pasir dulu ke dalam minyak hingga menjadi karamel. Ketika sudah menjadi karamel, kacang sembunyi dimasukkan kemudian diaduk rata. 

Cara ini terbukti dapat membuat kacang sembunyi terbalut gula dengan sempurna. Gunakan api kecil selama menggoreng agar karamel tidak gosong dan menghasilkan rasa pahit. Jangan lupa juga untuk menggoreng kacang sembunyi hingga matang sesuai dengan ketebalan kulitnya. 

4. Tempat Penyimpanan yang Tepat

Agar kacang sembunyi tetap renyah dalam waktu yang lama, kamu bisa menyimpan kacang sembunyi dalam wadah tertutup dan kedap udara. Masukkan kacang sembunyi ke dalam toples saat kondisinya sudah dingin untuk menghindari embun. 

Kamu juga dapat memisah-misahkan kacang sembunyi agar tidak saling menempel satu sama lain. Terlebih lagi kacang sembunyi dibalut dengan gula. Selain tetap renyah dan terpisah, kacang sembunyi yang disimpan dengan tepat juga dapat terhindar dari serangan semut. 

Resep dan tips membuat kacang sembunyi yang lezat ternyata sangat mudah bukan? Selain dapat disajikan saat hari raya atau dinikmati sendiri, cemilan satu ini juga bisa menjadi ide bisnis dengan modal minimalis! Apakah kamu tertarik?

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!