5 Menu Buka Puasa Rumahan Sederhana

Editorial Mealy

Bingung menentukan menu buka puasa rumahan sederhana untuk keluarga kecil kamu? Jangan khawatir karena ada banyak sekali masakan rumahan untuk menu buka puasa anti ribet sekaligus irit! 

Saat lagi berpuasa, wajar saja kalau kamu sibuk mencari apa saja menu buka puasa yang bisa kamu konsumsi nantinya. Mulai dari camilan, makanan berat, hingga minuman. Tapi, jangan bahas semuanya dulu, ya! Kali ini cukup buat olahan makanan aja!

Menu Buka Puasa Rumahan

Beragam menu buka puasa pastinya sudah ada di kepala kamu bahkan sebelum menjelang waktu berbuka. Apalagi kalau ingin memasaknya sendiri supaya bisa lebih hemat biaya. Kamu pun pasti akan sibuk mencari resep untuk dicoba sendiri.

Tidak perlu panjang kali lebar lagi, ayo lihat beberapa rekomendasi menu buka puasa di bawah ini! Kalau bisa, catat baik-baik resep ini dan perhatikan cara membuatnya!

Sop Ayam

Sop Ayam Resep menu buka puasa irit ala rumahan yang pertama adalah sop ayam! Aduh, siapa yang tidak tahu dengan makanan lezat satu ini? Hampir semua orang pasti pernah memakannya. Apalagi cara membuatnya juga sangat sederhana.

Kamu cukup siapkan beberapa bahan utamanya, seperti 500 gram daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil, 2 buah wortel yang dipotong dadu, 2 batang seledri, 1 buah bawang bombay, dan 3 siung bawah putih yang dicincang halus. Siapkan juga air, garam, merica, dan kaldu bubuk secukupnya.

Langkah-langkah membuat sop ayam:

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan berwarna kekuningan.

  2. Masukkan potongan daging ayam dan tumis hingga berubah warna dan matang merata.

  3. Masak air hingga mendidih, lalu kecilkan api dan biarkan sop ayam mendidih perlahan selama sekitar 30-40 menit agar daging ayam menjadi empuk.

  4. Setelah itu, tambahkan potongan wortel dan irisan seledri ke dalam sop ayam. Masak selama beberapa menit hingga wortel menjadi sedikit lunak, tetapi masih renyah.

  5. Bumbui sop ayam dengan garam, merica, dan kaldu ayam bubuk (opsional).

Terakhir, sop ayam siap disajikan! Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti kentang, jagung manis, atau jamur sesuai selera. Gimana, mudah dan ala rumahan banget, kan?

Semur Telur Puyuh

Semur Telur Puyuh Menu buka puasa rumahan berikutnya adalah semur telur puyuh. Sesuai namanya, olahan ini terdiri dari bumbu semur dan telur puyuh sebagai bahan utamanya. Tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk tambah daging lainnya sesuai selera kamu.

Jadi, kamu bisa mulai memasak dengan menggunakan 20 butir telur puyuh (sesuaikan saja jumlahnya), rebus dan kupas kulitnya. Lalu siapkan juga 2 buah bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 lembar daun salam, dan 2 cm lengkuas yang dimemarkan.

Jangan lupa juga biar semur jadi makin sedap, sediakan 3 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan saus tomat, 1 sendok teh gula merah, 1/2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh merica bubuk, dan air secukupnya. Setelah bahan dikumpulkan, ikuti langkah-langkah berikutnya!

Langkah-langkah membuat semur telur puyuh:

  1. Bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, dan lengkuas ditumis terlebih dahulu.

  2. Masukkan telur puyuh rebus ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu.

  3. Tambahkan kecap manis, saus tomat, gula merah, garam, dan merica bubuk. Aduk hingga bumbu merata dengan telur puyuh.

  4. Tuangkan air ke dalam wajan dan masak dengan api sedang hingga bumbu meresap dan kuah mengental, sekitar 10-15 menit.

  5. Cicipi semur telur puyuh, dan sesuaikan rasanya.

Resep semur telur puyuh ini memberikan cita rasa manis gurih yang lezat. Ada banyak sekali bahan lain yang bisa kamu tambahkan. Misalnya, kentang atau wortel. Satu lagi, mungkin bisa tambah kerupuk biar lebih gurih lagi!

Soto Ayam

Soto Ayam Soto ayam adalah olahan ayam yang kaya akan rempah-rempah. Biasanya, soto ayam terdiri dari potongan daging ayam, mie, dan tambahan seperti tauge, telur rebus, dan kerupuk. Kuah soto ayam punya cita rasa gurih dengan sentuhan pedas dan aroma harum rempah yang khas.

Langkah-langkah membuat soto ayam:

  1. Rebus air dalam panci besar. Masukkan potongan daging ayam, serai, daun jeruk, daun salam, jahe, dan lengkuas. Masak dengan api sedang hingga daging ayam empuk dan kuah beraroma sedap.

  2. Panaskan minyak sayur dalam wajan untuk menumis bawang putih dan bawang merah.

  3. Haluskan bumbu halus dengan menggunakan blender atau ulekan, lalu tumis sampai matang dan harum.

  4. Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci dengan daging ayam yang telah empuk.

  5. Tambahkan merica bubuk dan garam secukupnya. 

  6. Siapkan mangkuk saji. Tambahkan mie soun serta tauge ke dalam mangkuk.

Terakhir, taburi dengan irisan daun seledri dan bawang goreng. Sajikan soto ayam dengan jeruk nipis sebagai pelengkap.

Tumis Jamur

Tumis Jamur Jamur yang dipakai untuk resep ini adalah jamur tiram. Bumbu untuk menumisnya juga sangat sederhana, cukup siapkan bawang bombay, bawang putih, cabai merah, dan saus tiram secukupnya. Supaya lebih jelas, ayo cek langkah pembuatannya!

Langkah-langkah membuat tumis jamur:

  1. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan cabai merah (jika digunakan) hingga harum dan bawang bombay menjadi lembut.

  2. Masukkan jamur tiram ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu tumis.

  3. Tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, dan gula merah. 

  4. Masak tumisan jamur tiram dengan api sedang hingga jamur matang dan bumbu meresap, sekitar 5-7 menit. 

  5. Angkat dan sajikan tumis jamur tiram di atas piring saji. Taburi dengan irisan daun bawang sebagai hiasan jika diinginkan.

  6. Tumis jamur tiram siap dinikmati sebagai hidangan utama atau lauk pendamping nasi.

Memang tidak semua orang suka makan jamur, tapi kalau kamu belum pernah mencobanya, jangan bilang tidak suka dulu ya! Resep tumis jamur tiram ini justru punya cita rasa gurih dan sentuhan manis yang lezat. Kamu rugi kalau belum coba!

Capcay

Capcay Kalau bicara soal menu buka puasa rumahan, tidak adil rasanya kalau tidak ada sayurannya! Jadi, capcay bisa jadi olahan sayur lezat yang bisa kamu nikmati saat berbuka puasa! Bahannya pun cukup dengan wortel, brokoli, jamur kuping, buncis, paprika, dan bumbu dapur saja.

Langkah-langkah membuat capcay:

  1. Pertama, tumis bawang putih sampai wangi.

  2. Masukkan semua sayurannya ke dalam wajan. Tumis sampai sedikit layu.

  3. Tuangkan sedikit air ke dalam wajan dan masak sayuran dengan api sedang hingga matang, tetapi tetap renyah.

  4. Tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, dan gula merah. Aduk sampai meresap dengan sayuran.

  5. Koreksi rasa dengan garam dan merica sesuai selera.

Sekarang, capcay siap dikonsumsi untuk menemani kamu buka puasa! Kalau memang butuh daging-dagingan, bisa juga tambahkan daging ayam, udang, atau bakso sebagai variasi.

Menu buka puasa rumahan memang tidak akan jauh-jauh dari resep turunan dari orang tua. Bumbunya juga sangat sederhana dan biasanya selalu ada di setiap dapur masing-masing.

Gimana, sudah dapat inspirasi untuk menu buka puasanya? Jangan lupa bagikan informasi resep sederhana ini ke teman-teman kamu ya. Kali aja, mereka juga lagi sama bingungnya seperti kamu!

BACA JUGA: Cara Memakan Buah Tin untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!