Ragam Olahan Ayam Kekinian

Editorial Mealy

Daging ayam selalu jadi pilihan utama banyak orang, ragam masakan ayam pun bertebaran di dunia kuliner saat ini. Makanya, jangan sampai ketinggalan soal ragam olahan ayam kekinian yang banyak diminati.

Kalau membahas soal olahan ayam kekinian, sudah pasti erat kaitannya dengan olahan ayam modern. Disebut sebagai olahan modern karena memang tergolong resep baru dan ada banyak kreativitas yang dituangkan ke dalam olahan ayam!

Jadi, jangan heran kalau variasi olahan ayam sekarang jadi lebih beragam sampai kamu pun bisa bingung mau coba yang mana! Supaya terkesan mengikuti zaman, kamu juga wajib tahu olahan dari ayam terkini saat ini. Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

Ragam Olahan Ayam Kekinian

Ada banyak sekali olahan ayam hits di Indonesia, rasanya juga beragam dan tidak bikin bosan. Setidaknya, ada beberapa menu masakan dari ayam yang bisa kamu coba, antara lain:

Ayam Geprek

Ayam Geprek Ayam geprek ini makanan yang terkenal banget di Indonesia. Apalagi rasa pedasnya cocok di lidah orang Indonesia dan para pecinta pedas lainnya. 

Kalau soal cara membuatnya, ayam geprek ini digoreng dulu sampai matang, terus dipukul-pukul biar empuk dan sambalnya meresap. Sambalnya sudah pasti pedas banget, terdiri dari cabai, bawang putih, dan bumbu lainnya. 

Biasanya dimakan sama nasi putih, daun kemangi, dan jeruk nipis. Bener-bener enak, deh! Ayam geprek ini jadi makanan favorit banyak orang, terutama yang suka makanan pedas. Pokoknya pas banget buat makan bersama dan kumpul-kumpul.

Ayam geprek ini termasuk salah satu olahan ayam yang selalu ada di setiap kota. Tidak cuma itu, ada banyak toping berupa saus yang bisa kamu pilih. Tentunya kembali ke selera masing-masing, ya!

Ayam Madu Bakar

Ayam Madu Bakar Ayam madu ini termasuk ragam olahan ayam kekinian yang proses memasaknya tidak pakai minyak goreng, jadi aman buat pemilik kolesterol. Disebut ayam madu bakar karena ayamnya diberi bumbu madu, terus dipanggang atau dibakar. 

Ayam yang dipakai biasanya bagian paha atau dada karena dagingnya lembut. Prosedurnya simpel, direndam dulu dalam campuran bumbu madu, kecap manis, bawang putih, garam, merica, dan lainnya. Terus dipanggang sampai matang dan kecokelatan. 

Saat di atas pemanggangan, ayamnya juga dikasih lagi bumbu marinasi biar rasanya makin mantap. Jadi, rasanya makin kuat saat dimakan sebagai lauk. Ayam madu ini biasanya disajikan sama nasi putih hangat dan pelengkap seperti acar, lalapan, atau sambal. 

Tongseng Ayam

Tongseng Ayam Tongseng ayam rasanya gurih banget, banyak rempahnya, dan enak! Biasanya dimakan pas masih hangat sama nasi putih. Tongseng ayam sering jadi menu sehari-hari atau buat acara kumpul bareng keluarga atau teman-teman. 

Sebagai salah satu dari ragam olahan ayam kekinian, masakan tongseng ayam ini cukup berat buat para penderita kolesterol karena dimasak dengan santan yang kental. Tapi, dalam tongseng ayam, selain ayamnya, ada juga sayuran seperti kubis, wortel, dan daun bawang.

Cara bikin tongseng ayamnya simpel, dimulai dengan tumis bumbu bawang merah, bawang putih, jahe, serai, daun salam, dan lengkuas sampai wangi. Terus, ayamnya ditambahkan dan ditumis sampai warnanya berubah. Setelah itu, tuang kuah santan ke wajan dan biarkan mendidih. 

Sayuran seperti kubis, wortel, dan daun bawang ditambahkan dan dimasak sampai lunak. Bisa juga tambahkan kecap manis, garam, merica, dan sambal biar lebih pedas. Sesuaikan aja sama selera kamu.

Bistik Ayam Bola

Bistik Ayam Bola Siapa sih yang tidak kenal bistik ayam, semuanya pasti familiar dengan olahan ayam satu ini. Tapi, gimana kalau bentuknya seperti bola-bola kecil? Pasti kamu belum pernah mencobanya.

Bistik ayam bola adalah daging ayam yang dihaluskan lalu dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, telur, tepung roti, garam, dan merica. Terus, dibentuk jadi bola-bola kecil dan digoreng.

Cara bikin bistik bola ayamnya mudah, setelah bola-bola ayamnya digoreng sampai matang dan warnanya kecokelatan. Masukkan saus bumbu dari saus tomat, saus inggris, gula, garam, dan merica ke dalam wajan. Tinggal aduk saja sampai sausnya meresap.

Pindang Ayam

Pindang Ayam Pindang ayam adalah masakan tradisional Indonesia yang menggunakan bahan utama berupa potongan ayam yang dimasak dalam kuah dengan tambahan bumbu-bumbu khas. Bumbu-bumbu yang dipakai seperti serai, daun jeruk, jahe, bawang putih, garam, merica, dan asam jawa.

Kalau kamu ingin membuatnya, cuci bersih daging ayam lalu potong kecil-kecil sesuai selera, masukkan ke kuah bumbu yang sudah mendidih di atas panci. Tunggu sampai daging ayam matang sempurna. Cara masaknya kurang lebih sama dengan pindang ikan, hanya beda di beberapa bumbu aja.

Olahan ayam ini cocok buat kamu yang lagi ngidam makanan berkuah. Bumbunya yang meresap bikin pindang ayam jadi hidangan yang banyak orang sukai, lho!

Ayam Lodho khas Jawa 

Ayam Lodho Khas Jawa Ayam lodho adalah masakan tradisional Jawa yang terkenal di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah, Indonesia. Ayam lodho punya cita rasa yang khas dengan kuah gurih dan rempah-rempah yang melimpah. 

Masakan ini biasanya terbuat dari potongan ayam yang dimasak dalam bumbu yang terdiri dari rempah-rempah seperti serai, lengkuas, jahe, kemiri, bawang putih, dan bawang merah yang dihaluskan. Proses memasak ayam lodho dimulai dengan menumis bumbu halus dan rempah-rempah hingga harum. 

Lalu, potongan ayam ditambahkan ke dalam wajan dan dimasak hingga berubah warna. Setelah itu, air dituangkan ke dalam wajan dan biarkan mendidih. Kuahnya dibiarkan meresap ke dalam daging ayam dengan api kecil hingga empuk dan bumbu meresap sempurna.

Ayam lodho biasanya dapat ditemukan di warung makan tradisional atau menjadi hidangan favorit dalam acara keluarga atau perayaan tertentu. Kalau kamu pecinta kuliner, wajib banget cobain olahan ayam satu ini.

Kari Ayam Mentega

Kari Ayam Mentega Masih mencari ragam olahan ayam kekinian yang pas di keinginan kamu? Jangan khawatir, masih ada kari ayam mentega yang sedang menantimu! Kari ayam mentega ini termasuk hidangan yang menggabungkan cita rasa kari khas Asia dengan kelembutan dan kelezatan mentega. 

Dalam pembuatan kari ayam mentega, potongan ayam dimasak dalam kuah kari yang kaya rempah seperti kunyit, ketumbar, jintan, bubuk cabai, dan bumbu kari lainnya. Setelah ayam matang dan kuah kari meresap, mentega ditambahkan untuk memberikan sentuhan kaya dan lembut sekaligus.

Kari ayam mentega umumnya disajikan dengan nasi putih atau roti naan sebagai pendamping. Biasanya bisa kamu temukan di restoran-restoran India atau masakan Asia.

Membahas soal ragam olahan ayam kekinian memang tidak akan pernah ada ujungnya karena setiap tahunnya pasti akan ada olahan ayam baru yang patut kamu coba. Beberapa ada yang bertahan, beberapa lainnya seolah ramai sebentar lalu dilupakan begitu aja.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena daftar olahan ayam kekinian di atas sudah dijamin paling eksis dan bertahan lama di industri kuliner. Selain karena peminatnya banyak, rasa masakannya juga tidak ada duanya! Jadi, jangan ragu buat cobain rekomendasi dari artikel ini, ya!

BACA JUGA: Review Fogo Brazilian BBQ dan Aturan Makannya

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!