5 Resep Ikan Salmon Mudah dan Cepat

Editorial Mealy

Sudah bosan dengan olahan ikan salmon yang itu-itu saja? Mungkin kamu harus tahu beberapa resep ikan salmon mudah yang akan diulas lengkap dalam artikel ini. Ada banyak sekali kreasi ikan salmon yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah.

Olahan dari salmon biasanya cenderung mahal kalau kamu beli di restoran, tapi ternyata ada cara mudah memasak salmon dengan resep sederhana. Ikan salmon dapat diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari dipanggang, direbus, digoreng, dan lainnya. Yuk, cobain daftar resep ini!

Resep Ikan Salmon Mudah

Bukan cuma enak, ikan salmon juga punya banyak manfaat buat kesehatan. Kandungan omega-3 di dalamnya bisa bantu menjaga kesehatan jantung dan otak. Ikan salmon ini kabarnya punya beberapa nutrisi seperti protein, vitamin B, dan mineral penting seperti selenium. 

Sebenarnya, ikan salmon enak dimasak apa saja, tapi semuanya kembali ke selera kamu. Jadi, artikel ini akan coba berikan deretan resep ikan salmon yang gampang banget buat dicoba. Lengkap juga dengan cara memasaknya yang anti ribet. 

Salmon Panggang Saus Lemon

Salmon Panggang Saus Lemon Buat kamu yang lagi diet, tidak mau pakai minyak goreng yang bisa bikin kolesterol, coba aja salmon panggang saus lemon ini. Cara masaknya juga sangat mudah dimasak bahkan sama koki paling amatir sekalipun.

Pertama, siapkan ikan salmon segar, lalu campur dengan air perasan jeruk lemon, minyak zaitun, garam, lada, dan bawang putih cincang secukupnya. Lumuri ikan salmon secara merata agar meresap sempurna.

Terakhir, panggang ikan salmon di oven sekitar 15 sampai dengan 20 menit supaya matang. Kalau masih kurang, tinggal tambahkan waktu 5-10 menit saja. Lalu, sajikan dengan sejumput irisan lemon di atasnya.

Buat kamu yang kurang suka lemon, mungkin bisa kurangi saja jumlah pemakaiannya. Jadi, kamu cukup peras sari lemon sedikit saja untuk menghilangkan bau amis dari iklan salmon.

Gulungan Sushi Salmon

Gulungan Sushi Salmon Resep ikan salmon mudah berikutnya adalah sushi salmon. Memasak menu ini justru lebih gampang lagi karena cukup siapkan nori atau rumput laut kemasan yang biasa dipakai untuk membuat sushi dan nasi pulen yang sudah dimasak. Pastikan nasinya sudah dalam kondisi dingin, ya!

Pertama, masak saja salmon dengan menggorengnya di api kecil, jangan pakai minyak terlalu banyak agar salmon tidak terlalu berminyak. Setelah selesai memasak salmon, potong memanjang seperti ukuran nori.

Lalu, letakkan potongan salmon di atas nori, taruh nasi sushi di atas salmon, dan gulung nori dengan rapat. Kalau mau lebih bervariasi, bisa juga tambahkan sayuran seperti wortel dan telur goreng yang dibentuk memanjang.

Terakhir, oles bagian permukaan nori yang sudah digulung dengan minyak wijen atau minyak goreng. Tujuannya agar ketika dipotong, gulungan nori jadi tidak lengket dan irisannya sempurna. Setelah jadi, kamu bisa pakai saus tomat, keju, atau mayones sesuai selera. 

Salmon Teriyaki

Salmon Teriyaki Salmon teriyaki termasuk salah satu olahan salmon yang populer dan lezat. Kalau mau coba membuatnya, kamu harus punya bahan-bahan utama seperti fillet salmon segar, dan bumbu untuk membuat sausnya.

Saus teriyaki siap pakai bisa kamu beli di supermarket atau toko terdekat, tapi kalau mau coba membuat sendiri juga bisa dengan kecap manis, mirin, sake, gula, dan bawang putih. Campurkan saja semua bahannya, lalu jadilah saus teriyaki.

Sekedar informasi nih, kalau kamu tidak bisa pakai mirin dan sake sebagai bahan sausnya karena kedua bahan itu tidak berlabel halal, bisa coba madu, sirup agave, atau cuka beras sebagai gantinya. Mirin dan sake ini memang mengandung sepersekian persen alkohol sehingga bisa memabukkan.

Kalau bahan-bahannya sudah beres, cukup panaskan wajan anti lengket dengan sedikit minyak. Goreng fillet salmon dengan sisi kulit menghadap ke bawah terlebih dahulu. Biarkan salmon selama beberapa menit hingga sisi bawahnya matang dan kulitnya menjadi renyah.

Balikkan salmon dengan hati-hati dan goreng sisi lainnya hingga matang sempurna. Selama proses menggoreng, kamu bisa menyiramkan sisa saus teriyaki ke atas salmon agar memberikan rasa yang lebih kaya.

Salad Salmon

Salad Salmon Salad salmon adalah salah satu resep ikan salmon mudah yang segar dan sehat karena menggunakan salmon dan sayur-sayuran sebagai bahan utamanya. Bahan-bahannya cukup pakai fillet salmon segar, daun selada, tomat ceri, timun, wortel, dan jenis buah-buahan sesuai selera.

Tips memasak salmon paling penting adalah pastikan kedua sisi dagingnya matang sempurna, bisa dengan menggunakan oven atau wajan, tergantung kamu punya alat yang mana. Kalau pakai oven, biasanya memakan waktu 15-20 menit lamanya sampai matang.

Setelah matang, biarkan saja sampai salmon sedikit dingin, lalu belah-belah dagingnya menjadi potongan kecil atau serut-serut dengan garpu. Lalu, siapkan piring atau mangkuk besar, dan susun daun selada di bagian bawahnya.

Tambahkan irisan tomat ceri, potongan timun, dan wortel parut di atas selada. Letakkan potongan salmon panggang di atas sayuran. Taburi salad dengan bahan tambahan sesuai selera, seperti alpukat, kacang almond panggang, atau wijen panggang.

Tuang dressing sesuai selera di atas salad. Kamu bisa menggunakan saus lemon dan minyak zaitun, saus yogurt, atau saus salad favoritmu. Intinya, tambahkan apa saja selama itu sesuai dengan seleramu. Aduk-aduk salad dengan lembut, pastikan semua bahan tercampur rata sebelum dimakan.

BACA JUGA: Jenis Ikan Untuk Dijadikan Ikan Asap

Sandwich Salmon 

Sandwich Salmon Sandwich salmon ini termasuk kreasi paling beda daripada yang lain, karena menggunakan roti sebagai pengganti karbohidrat. Kalau kamu tidak mau makan salmon dengan nasi, mungkin bisa coba membuat olahan sandwich salmon ini.

Biar lebih sehat, kamu bisa pakai roti gandum. Roti ini bisa kamu beli di toko terdekat, tapi kalau memang tidak ada, cukup pakai roti tawar seperti biasanya saja. Rasanya juga sama enaknya. 

Selain roti, siapkan juga fillet salmon segar atau salmon kalengan yang sudah dikeringkan supaya lebih praktis dan mudah. Kalau suka sayur, pakai saja daun selada segar, irisan tomat, dan tambahkan saus atau mayones.

Kalau semua bahan sudah siap, cukup ambil roti sebanyak dua lembar, letakkan di atas permukaan kerja. Oleskan saus atau mayones di atas roti, sesuai dengan selera masing-masing. Letakkan daun selada segar di atas satu lembar roti sebagai lapisan pertama.

Lalu, susun irisan salmon di atas selada, tambahkan irisan tomat dan bawang merah (opsional sesuai selera kamu). Bumbui dengan lada hitam, perasan lemon, atau dill kering untuk memberikan rasa yang lebih segar.

Kelima resep ikan salmon mudah sekaligus praktis di atas adalah rekomendasi khusus buat kamu penggemar salmon. Ikan salmon memang selalu jadi pilihan paling oke buat diolah jadi makanan lezat dan sehat. Mana mungkin tidak suka sama ikan salmon, kan? 

Banyak banget variasi resep yang bisa kita coba, dari panggang, tumis, sampai salad. Kamu bisa eksperimen sesuai dengan selera dan kreasi pribadi. Kalau lagi males atau buru-buru, sandwich salmon bisa jadi opsi paling mudah buat kamu.

BACA JUGA: Cara Pengawetan Ikan Secara Alami

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!