6 Olahan Nasi Sisa Paling Enak

Editorial Mealy

Nasi termasuk makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat yang ada Indonesia. Namun, seringkali orang-orang memasak nasi berlebihan dan akhirnya tersisa begitu saja. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan untuk membuat berbagai olahan nasi sisa agar tidak rusak begitu saja.

Tidak banyak orang yang berpikir untuk mengolah nasi sisa karena membutuhkan tenaga dan waktu. Akan tetapi, membiarkan nasi membusuk lalu membuangnya termasuk tindakan yang kurang tepat dan boros. Hal inilah yang sebaiknya dihindari dengan mengolah nasi menjadi makanan yang lezat.

Berbagai cara yang bisa dipilih untuk memanfaatkan nasi sisa agar tidak terlalu menyita waktu. Salah satunya dengan mencampur dengan berbagai bumbu-bumbu hingga menjadi nasi goreng. Bahan yang dibutuhkan pun tergolong simpel dan sederhana, karena bisa diambil di dapur.

Olahan Nasi Sisa Paling Enak

Nasi yang tidak dikonsumsi saat pagi, siang, atau malam hari dikategorikan sebagai nasi sisa. Nasi ini masih dalam kondisi bagus namun orang-orang tidak bisa mengonsumsinya karena telah kenyang. Oleh karena itu, dilakukan pengolahan lain agar nasi tersebut bisa dikonsumsi kembali.

Nasi Goreng Rempah

Nasi Goreng Rempah Cara mengolah nasi sisa yang paling praktis adalah menjadi nasi goreng rempah. Masakan ini hanya membutuhkan bahan utama nasi dan bumbu-bumbu tambahan seperti bawang merah, cabai merah, bawang putih, penyedap rasa dan garam.

Setelah itu, tumis semua bumbu di atas penggorengan dan masukkan nasi sisa. Aduk semua bahan hingga nasi dan bumbu tercampur secara merata. Masak beberapa saat hingga bumbu matang dan meresap secara sempurna ke dalam nasi. Jika nasi sudah berwarna kecoklatan, angkat dan sajikan.

Membuat nasi goreng rempah dari nasi sisa hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Cita rasa yang dihasilkan pun sangat lezat dan menggugah selera siapapun. Bahkan, jika kamu menambahkan irisan daun jeruk akan menambah aroma wangi.

Saat disajikan diatas piring, perpaduan warna nasi dan potongan cabai memberikan tampilan yang menarik. Hal inilah yang bisa menarik perhatian dan membuat kamu bisa tiba-tiba merasa sangat berminat untuk mencicipi nasi goreng rempah tersebut untuk sarapan.

Kerupuk Nasi Pedas

Kerupuk Nasi Pedas Nasi sisa juga bisa dibuat jadi kerupuk. Untuk olahan ini, kamu harus merendam nasi sisa terlebih dahulu ke dalam air selama 1-2 jam. Adapun bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah tepung tapioka, bawang putih, ketumbar, daun bawang, cabai bubuk, dan garam.

Nasi yang telah direndam sebelumnya harus dihaluskan bersama dengan ketumbar, bawang putih, serta garam menggunakan blender. Setelah halus, campurkan tepung tapioka dengan cabai bubuk dan daun bawang. Tuang campuran tepung tapioka sedikit demi sedikit ke dalam adonan nasi.

Aduk hingga merata dan uleni menggunakan tangan hingga kalis. Bentuk kerupuk nasi sesuai selera atau kamu juga bisa membuatnya lonjong seperti pempek lenjer. Jika semua adonan sudah dibentuk, rebus dalam air mendidih hingga kerupuk mengembang, lalu angkat dan tiriskan.

Simpan kerupuk ke dalam kulkas selama 1 malam agar lebih mudah untuk diiris. Saat kerupuk sudah diiris, jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Nah, kamu bisa menggoreng kerupuk tersebut saat membutuhkan cemilan atau bisa dimakan bersama nasi putih yang hangat.

Rujak Cireng Nasi

Rujak Cireng Nasi Mungkin olahan nasi sisa seperti rujak cireng masih asing di telinga. Akan tetapi, makanan ini bisa dibuat dengan menghancurkan nasi sisa terlebih dahulu menggunakan blender. Setelah itu, mencampur tepung tapioka, daun bawang, bawang putih, lada bubuk, kaldu bubuk dan garam.

Jika sudah menjadi adonan, ambil sebanyak satu sendok dan bentuk bulat atau pipihkan. Baluri adonan tersebut dengan tepung sagu dan goreng hingga kering dan matang. Setelah cireng jadi, selanjutnya kamu akan membuat bumbu rujak yang pedas dan gurih.

Siapkan dan haluskan cabai rawit, gula merah, garam, terasi, asam jawa, dan sedikit air ke dalam blender. Jika kamu ingin rasa khas ala rumahan, maka bisa mengulek semua bahan tersebut. Setelah halus, tuang sambal rujak ke dalam wadah yang sudah disiapkan.

Sajikan cireng bersama dengan bumbu rujak sebagai sambal cocolan. Jika kamu suka yang berkuah, maka bumbu rujak tadi dibuat menjadi lebih encer. Masukkan cireng ke dalam mangkuk dan kuah rujak, lalu nikmati selagi hangat agar terasa lebih kenyal.

Sempol Nasi

Sempol Nasi Jika biasanya sempol dibuat dari olahan daging ayam, maka kamu harus tahu sempol nasi. Sesuai namanya, sempol ini terbuat dari nasi sisa yang diolah sedemikian rupa. Bahan-bahan yang harus disediakan yaitu nasi, kornet, wortel yang sudah diparut, bawang goreng, garam, kaldu bubuk dan lada.

Untuk membuat bahan celupan, kamu hanya perlu menyediakan 1 butir telur yang sudah dikocok lepas. Cara membuat sempol nasi tergolong mudah, yaitu dengan mencampurkan semua bahan kecuali telur. Aduk hingga semuanya tercampur secara merata dan penyet-penyet bagian permukaannya.

Ambil sebanyak 1 sendok makanan adonan lalu kepalkan pada tusuk sate. Setelah itu, celupkan ke dalam kocokan telur yang telah disiapkan sebelumnya. Goreng sempol nasi hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan matang. Sajikan di atas piring dan bisa tambah sambal pada bagian atasnya.

Bakwan Nasi

Bakwan Nasi Gorengan merupakan salah satu makanan paling digemari masyarakat Indonesia, termasuk bakwan. Jika bisanya bakwan terbuat dari sayur-sayuran, maka sekarang kamu bisa membuatnya dari olahan nasi sisa. Bakwan nasi memiliki cita rasa yang tidak kalah enak dari bakwan jagung.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini yaitu nasi sisa, mentimun, wortel, daun bawang, keju parut, telur, bawang putih, ketumbar, gula, garam, merica, dan kaldu jamur. Cara membuat bakwan nasi adalah dengan mencampurkan semua bahan lalu digoreng di atas api kecil.

Bentuk adonan di atas penggorengan menjadi lebih pipih. Masak hingga sisi bawah bakwan nasi terlihat matang lalu balik dan masak kembali. Jika semua adonan telah habis digoreng, sajikan bakwan nasi sisa diatas piring atau mangkuk dan bisa dimakan bersama saus dan kecap sesuai selera.

Pizza Nasi

Pizza Nasi Salah satu olahan unik dan lezat dari nasi sisa adalah pizza. Kamu bisa membuat pizza nasi sisa untuk cemilan di rumah bersama keluarga. Dengan resep yang sederhana, masakan khas Italia ini bisa dimodifikasi dengan mengubah bahan utama seperti berikut ini.

Kamu bisa menyediakan nasi, tomat, bawang bombay, keju cheddar, saus tomat, garam, merica bubuk, oregano, dan minyak goreng. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menghaluskan nasi sisa menggunakan garpu atau tangan hingga terpisah-pisah.

Tambahkan semua bahan lain pada nasi dan aduk secara merata. Panaskan minyak dan bentuk pizza menjadi bulat pipih. Goreng pizza nasi sebentar di atas api sedang hingga berwarna kecoklatan. Taburi keju parut di atas pizza lalu panggang menggunakan oven hingga keju meleleh.

BACA JUGA: Mudah, Ini Cara Membuat Bubur Nasi Enak dan Sehat

Selain sebagai makanan sehari-hari, nasi juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Kamu bisa membuat olahan tersebut jika memiliki nasi sisa di rumah yang sayang jika rusak begitu saja.

Olahan nasi sisa bisa digoreng, dipanggang, maupun dimasak setelah dicampur dengan berbagai bahan atau bumbu. Setelah itu, bisa disajikan bersama dengan saus atau kecap sesuai dengan selera dan bisa dinikmati bersama saat bersantai.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!