Cara Memaksimalkan Fungsi Freezer Kulkas

Editorial Mealy

Lemari es atau lebih dikenal dengan sebutan kulkas menjadi barang yang sangat penting untuk ada di dalam rumah. Salah satu bagiannya yaitu freezer yang dapat mendinginkan daging bahkan dapat membuat es. Kamu harus memaksimalkan fungsi freezer kulkas dengan baik.

Hal itu dilakukan agar freezer bisa bekerja optimal dan lemari es tidak cepat rusak. Karena, freezer kulkas menjadi salah satu bagian vital dalam lemari es maka kamu harus mengikuti beberapa tips di bawah ini agar freezer dalam lemari es dapat maksimal.

Beberapa Tips Memaksimalkan Fungsi Freezer Kulkas dengan Baik

Freezer menjadi bagian sangat penting dalam kulkas. Dengan memasukkan berbagai makanan ke freezer, kamu bisa meminimalisir pertumbuhan bakteri sehingga makanan tidak cepat mengalami pembusukan. Makanan yang disimpan juga mampu terjaga dan tetap segar.

Ada beberapa cara untuk memaksimalkan fungsi freezer kulkas yang bisa kamu ikuti. Berikut daftarnya:

Membekukan Makanan dengan Ziplock 

Bukan hanya membuat es dan menyimpan daging, kamu juga bisa menyimpan makanan yang kamu buat sendiri atau kamu beli dan tidak habis dimakan, seperti sup, buah-buahan, maupun olahan masakan lainnya.

Caranya juga tidak sulit, kamu cukup menyiapkan kantong atau ziplock, kemudian masukkan makanan tersebut ke dalamnya dengan posisi yang rata. Pastikan kamu menutup kantong dengan rapat sehingga tidak ada yang meluber.

Jika sudah padat, kamu bisa menyimpannya di freezer kulkas dengan posisi vertikal yang lebih baik, sehingga kamu bisa memaksimalkan semua ruang yang ada di dalam freezer untuk menyimpan bahan lainnya.

Cara ini merupakan tips paling sederhana yang bisa kamu lakukan agar makanan yang tidak habis bisa kamu nikmati di lain waktu dan tentunya juga bisa menghemat ruang freezer dengan sangat baik.

Pastikan Freezer Kulkas Tetap Dingin

Agar freezer kamu bekerja lebih optimal, kamu harus menjaga suhu freezer kulkas tetap dingin yaitu mencapai minus 18 derajat celcius. Hal ini dilakukan agar semua barang atau makanan yang kamu simpan bisa beku secara merata.

Jangan terlalu sering mematikan lemari es karena dapat menaikkan suhu dalam freezer dan mempercepat pertumbuhan bakteri sehingga makanan akan cepat basi. Alangkah baiknya kalau kulkas di dalam rumah mu selalu dalam keadaan menyala.

Kamu juga tidak direkomendasikan untuk memasukkan makanan yang hangat atau panas ke dalam freezer karena akan merusak suhu dan membuat suhu freezer kulkas menjadi naik. Pastikan makanan yang kamu masukkan sudah dalam keadaan dingin atau dalam suhu yang normal.

Memastikan freezer tetap dingin di suhu yang direkomendasikan juga dapat mempengaruhi kesehatan lemari es yang kamu miliki. Kamu harus memaksimalkan fungsi freezer kulkas agar lemari es juga bisa bekerja sebagaimana mestinya.

BACA JUGA: 7 Lauk yang Tahan Lama Walau Tidak Disimpan di Kulkas

Menyimpan Sisa Sayuran

Jika kamu adalah orang yang rajin memasak sayuran atau sering makan salad, pasti kamu pernah kebingungan untuk menyimpan sisa sayuran yang masih banyak. Sayang sekali jika harus dibuang padahal kamu bisa menggunakannya kembali nanti.

Jangan cemas, karena kamu bisa memaksimalkan fungsi freezer kulkas dengan memasukkan sayuran sisa ke dalam freezer. Kamu bisa menyimpan sisa sayuran tersebut di dalam kantong atau ziplock dan menutupnya.

Sebagai opsi lain, jika kantong sudah penuh kamu juga bisa membuat kaldu sayuran sendiri dengan sayuran sisa. Rebus semua sayuran sisa dengan tambahan sedikit garam laut. Setelah itu saring dan buang sisa sayuran, maka kamu akan memiliki kaldu yang lezat tanpa harus membelinya.

Kaldu tersebut bisa kamu simpan di dalam freezer agar lebih awet. Sisa sayuran memang terkadang menjadi problem tersendiri dalam urusan dapur. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana caranya memanfaatkan freezer milikmu.

Membekukan Roti

Roti adalah salah satu makanan yang cepat basi dan tidak boleh disimpan di tempat terbuka selama berhari-hari. Namun, ada cara terbaik agar roti bisa lebih awet dan bisa bertahan lebih lama, yaitu dengan membekukannya.

Oleh karena itu, kamu bisa memasukkan roti ke dalam freezer kulkas. Hal itu akan mencegah bakteri tumbuh lebih cepat sehingga roti kamu juga bisa bertahan lebih lama dari biasanya. Kamu juga bisa memaksimalkan penyimpanan freezer dengan menyimpan roti.

Caranya juga sangat mudah, agar tidak memakan tempat, kamu bisa memotong-motong roti terlebih dahulu sebelum membekukannya. Kemudian, masukkan roti ke dalam kantong atau ziplock barulah kamu bisa membekukannya.

Jika ingin memakannya, kamu bisa memanaskan rotinya terlebih dahulu. Roti yang dipanaskan setelah dibekukan akan kembali segar dan enak layaknya roti yang baru dibeli.

Membekukan Nasi

Bukan hanya menjadi makanan pokok, kamu juga bisa mengawetkan nasi hingga bisa 6 bulan dengan cara membekukannya. Nasi yang sudah matang bisa kamu dinginkan di freezer, maka akan bertahan lebih lama dari biasanya.

Usahakan nasi tetap dalam keadaan beku sebelum akan dimakan agar tetap awet dan tidak mengurangi waktu pencegahan bakteri tumbuh. Cara penyimpanannya juga sama seperti yang lainnya, yaitu dengan memasukkan nasi ke kantong atau ziplock.

Ketika ingin memakannya, kamu bisa menambahkan sedikit air kemudian dipanaskan menggunakan microwave. Kamu juga bisa menggunakan panci untuk memanaskannya, pilihlah yang menurutmu mudah. 

Nasi yang dibekukan biasanya digunakan untuk membuat olahan lain yang terbuat dari nasi. seperti misalnya nasi goreng, uduk dan sebagainya. Karena, nasi yang dibekukan ini memiliki tekstur seperti beras pera.

Membekukan Alpukat

Freezer dipercaya dapat membantu proses pematangan dari buah alpukat. Alpukat yang belum matang memiliki ciri keras, kamu bisa memaksimalkan fungsi freezer kulkas yang dapat membantu proses agar alpukat matang secara sempurna. 

Saat alpukat sudah mulai matang, kamu bisa memotong kecil-kecil alpukat tersebut dan bekukan potongan alpukat dengan menggunakan kertas roti diatas piring atau loyang agar tidak saling bersentuhan.

Kemudian, ketika alpukat sudah benar-benar beku, pindahkan potongan-potongan tersebut ke dalam kantong. Dengan begitu kamu bisa membantu alpukat dalam proses pematangannya. Kamu juga bisa merasakan alpukat yang matang sempurna tanpa harus menunggu lama.

Penuhi Ruang Penyimpanan

Selain membekukan makanan, kamu juga harus memaksimalkan fungsi ruang penyimpanan yang ada di freezer karena akan lebih menghemat energi sekaligus juga menghemat uang.

Jangan biarkan freezer milikmu kosong, kamu harus menjaga freezer agar tetap penuh. Karena dengan begitu freezer akan memiliki sedikit ruang bagi udara hangat yang baru masuk setelah dibuka. Maka, akan sedikit juga energi freezer untuk mendinginkan udara tersebut.

BACA JUGA: 10 Cara Merawat Kulkas dengan Baik dan Benar

Dengan memaksimalkan fungsi freezer kulkas dengan optimal, maka kamu akan mendapatkan manfaat dari lemari es yang lebih banyak. penyimpanan freezer menjadi bagian yang paling penting karena memiliki banyak sekali kegunaan.

Jangan ragu untuk memenuhi penyimpanan di freezer karena hal tersebut dapat lebih menghemat energi. Namun, jangan lupa juga untuk memberi sedikit ruang agar sirkulasi suhu di dalam freezer dapat berjalan dengan baik.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!