8 Makanan Berkuah Pedas, Pas Ketika hujan

Editorial Mealy

Makanan berkuah pedas memang menjadi favorit banyak orang, terutama para remaja. Tak heran sekarang banyak sekali orang yang berinovasi membuat makanan pedas dan berkuah. Bahkan, setiap tahun makanan jenis ini selalu ada trennya.

Terutama ketika musim hujan, makanan ini sangat laris di pasaran. Makan pedas dan berkuah memang sangat menggugah selera ketika hujan, karena rasanya yang menyegarkan. Ada banyak rekomendasi yang bisa kamu coba memakannya.

Daftar Rekomendasi Makanan Berkuah Pedas Kekinian

Seblak

Seblak Makanan ini menjadi list pertama dari makanan berkuah pedas yang paling direkomendasikan. Seblak merupakan makanan berkuah yang berbahan dasar kerupuk dengan berbagai bumbu rempah dan toping yang melimpah.

Makanan yang berasal dari Bandung ini memiliki cita rasa pedas gurih yang sangat segar dan menggoda. Dari awal kehadirannya hingga saat ini, seblak terus eksis dan tidak pernah redup. Bahkan, seblak diyakini sebagai makanan favorit para remaja wanita.

Seiring berjalannya waktu, seblak memiliki banyak variannya, seperti seblak tulang, seblak mie, hingga seblak seafood. Kamu juga bisa menemukan seblak di beberapa restoran ternama, saking terkenalnya makanan ini.

Toping yang digunakan dalam seblak juga semakin beragam, seperti otak-otak, telur, sayuran, batagor mini, kwetiau, sosis, ada juga yang menambahkan toping berupa makanan seafood seperti fish roll, chikuwa dan sebagainya.

Baso Aci (Baci)

Baso Aci Makanan yang satu ini juga belakangan sangat populer. Bakso aci sekilas memiliki kemiripan dengan seblak, tetapi sebenarnya kedua makanan ini berbeda. Bakso aci berasal dari Garut, bukan Bandung, dan merupakan makanan yang muncul setelah seblak.

Isi bakso aci ada banyak macamnya, yang pasti di dalamnya ada bakso aci dengan beberapa tambahan, seperti sukro cikur, siomay kering, tahu, batagor kering, juga ada ceker. Kamu juga bisa menambahkan toping kekinian seperti frozen food.

Rasa dari bakso aci sangatlah segar dan pedas. Dengan tambahan perasan air jeruk nipis, kamu akan merasakan rasa pedas sekaligus asam dalam satu waktu. Sangat cocok dimakan ketika masih panas di musim dingin.

Biasanya, bakso aci dijual menggunakan gerobak, tetapi sekarang ada banyak restoran atau cafe yang menjual bakso aci.

Tom Yam

Tom Yam Rekomendasi makanan berkuah pedas lainnya yaitu tom yam. Makanan yang satu ini berasal dari Thailand dan memiliki cita rasa asam segar yang khas. Sangat cocok dikonsumsi ketika hujan karena akan memberi kesan kesegaran.

Tom yam juga cocok jika disajikan menjadi teman nasi hangat. Jadi, bukan hanya untuk jajanan, tom yam juga cocok untuk menjadi menu makan di siang maupun sore hari. Ada banyak restoran maupun penjual kaki lima yang menjual tom yam. 

Kamu juga bisa membuatnya sendiri jika mau, hanya dengan menyiapkan bahan utama, bahan untuk bumbu dan bahan kuah, kamu bisa membuat tom yam. Makanan Thailand yang satu ini memiliki banyak isi didalamnya, seperti udang, cumi dan lain sebagainya.

Bakso

Bakso Siapa yang tidak mengetahui bakso? Makanan yang satu ini sangatlah populer di Indonesia dan terkenal sebagai makanan yang cocok dimakan dalam keadaan panas ketika hujan. Rasa segar yang dihasilkan dari racikan bumbu dalam kuah bakso dapat membuat kamu ketagihan.

Bakso merupakan makanan berbentuk bulat terbuat dari daging yang biasanya disajikan dengan kuah bakso yang segar. Kamu bisa menambahkan atau mengurangi takaran kepedasan sesuai seleramu karena biasanya sambal dalam bakso yang dipisah.

Agar lebih nikmat, kini terdapat beberapa pilihan bakso, salah satunya yang dikenal sebagai bakso pedas adalah bakso mercon atau bakso lava. Jenis bakso ini tidak hanya pedas pada kuahnya saja, tetapi juga terdapat sambal pedas di bagian dalam bakso itu sendiri.

Soto tauco

Soto Tauco Kalau biasanya kamu mencicipi soto biasa yang gurih dan bersantan, kamu harus mencoba soto yang satu ini. Soto tauco berbeda dengan soto-soto yang lainnya, dimana soto tauco memiliki cita rasa yang asin-pedas-segar.

Soto yang berasal dari tegal ini terbuat dari fermentasi kedelai dan pastiknya menghasilkan rasa yang unik. Kamu bisa menambahkan sambel sesukamu untuk mendapat tingkat kepedasan yang sesuai dengan keinginan. Tambahkan juga perasan jeruk nipis agar semakin segar.

Ceker Mercon

Ceker Mercon Ceker mercon juga merupakan makanan berkuah pedas yang viral beberapa waktu lalu. Makanan yang berbahan utama ceker ayam ini menjadi rekomendasi yang harus kamu cicipi ketika ingin makan makanan yang segar.

Ceker ini biasanya diolah dengan beberapa bumbu khusus yang membuat kuahnya kental dan rasa pedasnya meresap hingga ke bagian dalam. Tekstur dari ceker mercon ini juga sangat lembut sehingga mudah untuk dilepaskan dari tulangnya.

Banyak sekali yang menyukai jajanan yang satu ini, bukan hanya sebagai jajanan, melainkan juga bisa dijadikan pengganti lauk untuk dimakan dengan nasi. Kamu bisa membeli ceker ayam dengan mudah karena banyak di pasaran, mulai dari kaki lima hingga cafe.

Mie Pedas

Mie Pedas Mie pedas sering ditemukan dalam konten di media sosial akhir-akhir ini. Mie yang memang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat yang tidak pernah tergantikan selalu memunculkan inovasi-inovasi baru.

Tampilan dari mie pedas ini sangatlah menggoda selera dan menjadi daya tarik tersendiri bagi penyuka mie. Mie pedas ini hadir dengan berbagai level yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan. 

Ada banyak cara untuk membuat mie ini, bisa menggunakan mie rebus, juga bisa menggunakan mie goreng dengan campuran bumbu khusus sehingga menciptakan cita rasa yang pedas, segar dan kuahnya yang bikin ketagihan.

Rasa mie ini akan berbeda dengan mie yang biasanya kamu makan. Topping yang ada di dalam mie ini juga sangat beragam. Mulai dari sayuran, cabe, telur, daging cincang, ayam suwir, keju, hingga pangsit yang akan menambah kenikmatan ketika dimakan. 

Ramen Kuah Pedas

Ramen Kuah Pedas Ramen merupakan makanan yang asalnya dari Jepang tetapi banyak ditemukan di Indonesia. Makanan ini cukup populer pada masyarakat dunia sehingga banyak orang yang meniru resepnya untuk kemudian di jual.

Salah satunya adalah ramen kuah pedas yang memiliki cita rasa pedas-creamy dan sangat segar ketika dimakan. Kamu bisa mengukur sendiri kadar kepedasannya jika membuatnya sendiri di rumah, atau request ketika memesan di restoran.

Makanan yang satu ini memiliki beberapa isian, seperti tahu Cina, pakcoy, irisan jamur hingga telur. Kamu juga bisa menambahkan beberapa toping pendukung lainnya, seperti udang, ayam suwir dan sebagainya agar mendapat cita rasa yang pas.

BACA JUGA: Odeng: Cemilan Unik dan Gurih dari Korea

Ada banyak rupa makanan berkuah pedas yang enak dan cocok dimakan ketika hujan. Kamu juga bisa mendapatkan makanan-makanan tersebut dengan mudah di pasaran, karena sekarang sudah banyak yang menjualnya, baik kaki lima maupun restoran atau cafe.

Jangan lupa untuk mencoba semua rekomendasi, terutama jika kamu pemburu makanan pedas dan berkuah. Cita rasa yang pedas ditambah kuah yang segar dari makanan-makanan di atas bisa membuat kamu ketagihan.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!