10 Ide Menu Makan Malam Bunga Kecombrang

Editorial Mealy

Kecombrang menjadi salah satu varian tumbuhan yang bisa digunakan untuk rempah. Tumbuhan ini kerap diambil kuncup bunganya serta bagian batangnya untuk bahan masakan. Jika bosan dengan masakan itu-itu saja, cobalah untuk mencicipi menu makan malam bunga kecombrang. 

Terkadang kecombrang dipakai sebagai bahan tambahan sambal yang sangat istimewa. Bunganya memiliki warna pink yang ketika dimasukkan ke dalam sambal akan terlihat sangat menggiurkan. Siapapun yang melihatnya pasti akan langsung tertarik untuk mencicipi sambal tersebut.

Selain dapat digunakan untuk menu masakan termasuk menu makan malam, rupanya kecombrang juga mempunyai sejuta khasiat bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan riset, kecombrang memiliki kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu dalam menangkal kerusakan sel. 

Ide Menu Makan Malam Bunga Kecombrang Simpel 

Hampir semua orang menyukai kecombrang. Tumbuhan ini kerap diambil bagian bunganya yang masih menguncup untuk dijadikan berbagai macam menu makanan istimewa. Tumbuhan yang kaya akan zat antioksidan ini bisa membantumu untuk menangkal kerusakan sel tubuh. 

Bagi pecinta kecombrang yang enggan sekedar membuat sambal saja, sebaiknya coba memasak kecombrang dengan beberapa ide berikut. Tentunya kamu tidak akan merasa bosan dengan variasi kecombrang seperti ini. 

Tumis Pakcoy Kecombrang 

Tumis Baby Pakcoy Bunga Kecombrang Bagi pecinta baby pokcoy tentu tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan menu tersebut bersama bunga kecombrang. Baby pokcoy rupanya bukan hanya lezat dikombinasikan dengan bahan bawang putih maupun terasi saja. Akan tetapi, baby pokcoy juga bisa dipadukan dengan kecombrang. 

Tentunya akan memberikan cita rasa unik antara baby pakcoy dengan kecombrang. Untuk membuat menu ini kamu membutuhkan setidaknya dua kuntum kecombrang yang masih belum mekar. Kemudian, potong-potong bersama baby pokcoy untuk ditumis seperti tumisan lain pada umumnya. 

Ikan Tongkol Suwir Kecombrang 

Ikan Tongkol Suwir Kecombrang Kombinasi ikan tongkol suwir dengan bunga kecombrang juga bisa menjadi menu makan malam yang lezat. Apalagi bunga kecombrang merah dalam bentuk masih kuncup mampu memberikan cita rasa unik bagi tiap-tiap masakan termasuk ikan tongkol suwir. 

Jika kamu merupakan penggemar ikan tongkol, tentu wajib mencoba olahan ikan tongkol suwir dengan bunga kecombrang. Kamu hanya membutuhkan bagian batang dan sedikit kuncup bunganya. Tumis potongan kecombrang, suwiran ikan tongkol bersama bawang putih, bawang merah dan cabai.

Cumi Asin Kecombrang

Cumi Asin Kecombrang Cumi asin memang enak ditumis dengan bumbu-bumbu sederhana. Sebagai ide baru, tidak ada salahnya jika kamu ingin memadukan cumi asin dengan kecombrang. Cita rasa yang dihasilkan benar-benar begitu istimewa. Kamu akan takjub dengan kelezatannya.

Aroma dan cita rasa rempah yang menjadi pelengkap seperti bawang merah, bawang putih serta belimbing wuluh akan memberikan kelezatan tumisan cumi ini kian istimewa. Tekstur kenyal dari cumi akan berkolaborasi aroma kecombrang yang khas. Pastinya mampu membuat lidahmu kemecer. 

Nasi Goreng Bunga Kecombrang

Nasi Goreng Bunga Kecombrang Jika kamu sedang mencari tahu menu makan malam bunga kecombrang yang istimewa, tentu bisa coba memasak nasi goreng bunga kecombrang. Ini akan menjadi ide makan malam nikmat yang bisa menggugah selera makan. Tentu dapat menjadi ide menarik yang bisa dicoba. 

Untuk membuatnya kamu hanya membutuhkan setengah bagian dari bunga kecombrang saja. Silahkan ambil bagian dalamnya yang sudah dihaluskan agar bisa menciptakan seporsi nasi goreng yang istimewa. Jangan lupa tambahkan sayur dan lauk pelengkap seperti sawi, udang dan ayam. 

Gulai Kepala Ikan Kakap Bunga Kecombrang

Gulai Kepala Kakap Bunga Kecombrang Gulai kepala ikan kakap menjadi salah satu menu makanan yang laris manis di warung nasi Padang. Nah, bagi kamu pecinta menu ini dan ingin membuatnya sendiri di rumah tentu tidak ada salahnya untuk memadukannya dengan bunga kecombrang. 

Cita rasa gurih dari gulai kepala kakap akan semakin identik aromanya apabila dicampurkan dengan bumbu halus dari bunga kecombrang, lengkuas, daun jeruk dan bumbu-bumbu lainnya. Kamu hanya butuh dua buah kecombrang agar bisa membuat gulai kepala ikan kakap yang istimewa.

Tongseng Sapi Topping Bunga Kecombrang

Tongseng Sapi Tabur Bunga Kecombrang Banyak yang bertanya-tanya bunga kecombrang dimasak apa? Nah, jika kamu ingin coba membuat masakan dengan bunga kecombrang maka tidak ada salahnya coba membuat menu tongseng sapi tabur bunga kecombrang. Rasanya pasti sangat lezat dan bisa membuatmu nambah nasi.

Nantinya bunga kecombrang bukan langsung diaduk dengan tongseng sapi. Akan tetapi, kamu hanya membutuhkan bunga kecombrang sebagai taburan saja. Nantinya kamu dapat mengiris tipis bagian bunga kecombrang dan menaburinya di atas tongseng sapi sebagai menu makan malam istimewamu. 

BACA JUGA: Tempat Makan Viral di Bandung

Gulai Daun Singkong Bunga Kecombrang 

Gulai Daun Singkong Bunga Kecombrang Menu masakan gulai daun singkong memang enak disantap di jam makan siang maupun makan malam. Apalagi gulai daun singkong khas Padang. Nah, tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri dengan paduan bunga kecombrang.

Perpaduan gulai daun singkong dengan bunga kecombrang akan menghasilkan aroma dan cita rasa yang amat khas. Hasilnya tentu tidak kalah lezat dan eksotis dibandingkan dengan menu gulai daun singkong biasa. Pastinya banyak orang yang menyukai menu makanan seperti ini.

Ikan Kerapu Siram Kecombrang

Ikan Kerapu Siram Kecombrang Ikan kerapu bisa menjadi ide menu makan yang enak. Akan lebih lezat lagi jika kamu padukan dengan bunga kecombrang. Tampaknya ini bisa menjadi menu makan malam bunga kecombrang yang istimewa sehingga bisa membuat siapa saja mau mencicipi menu ini.

Sebagai saran, apabila kamu menyukai rasa dan aroma yang lebih kuat, maka cobalah untuk menggunakan bagian dalam dari batang kecombrang juga. Untuk lebih lezatnya, pastikan kamu menyiapkan minyak goreng yang benar-benar panas sebelum menggoreng ikan kerapu tersebut.

Pindang Ikan Bunga Kecombrang

Pindang Ikan Bunga Kecombrang Makanan serba ikan yang dipadukan dengan bunga kecombrang memang luar biasa lezatnya. Salah satunya adalah pindang ikan bunga kecombrang. Menu makanan ini pun ternyata memiliki proses memasak yang sangat sederhana. 

Kamu bisa segera menumbuk kasar bahan-bahannya dan rebus bersama dengan belimbing wuluh, cabai rawit, tomat hijau dan sebagainya. Nantinya menu makanan ini bisa disajikan sebagai hidangan santap malam yang istimewa bersama keluarga tercinta. Apakah kamu sudah tertarik mencobanya?

Opor Ayam Kecombrang

Opor Ayam Kecombrang Opor ayam bukan hanya bisa menjadi andalan ketika hari raya tiba. Kamu juga bisa membuat menu makanan opor ayam sebagai sajian santap malam yang istimewa. Cobalah untuk memadukan opor ayam favorit keluarga dengan bunga kecombrang. 

Kamu bisa menambahkan bunga kecombrang dengan warna merah muda yang khas. Jangan lupa untuk mencuci bersih bunga kecombrang sebelum diiris-iris dan dimasukkan ke dalam opor ayam. Kamu bisa memasukkan irisan daun kecombrang sebelum memasukkan santan. Dijamin akan sangat gurih. 

Ada begitu banyak ide menu makan malam bunga kecombrang yang bisa kamu nikmati. Mulai dari opor ayam kecombrang, gulai daun singkong bunga kecombrang, ikan kerapu siram kecombrang, ikan tongkol suwir kecombrang dan masih banyak lagi ide lainnya.

Tentunya ide menu tersebut bisa menjadi opsi terbaik untuk santap malam yang istimewa bersama keluarga tercinta. Apalagi jika kamu bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Cobalah padukan menu-menu tersebut dengan bunga kecombrang yang bercita rasa khas.

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!