11 Rumah Makan Batak di Jakarta Terenak

Editorial Mealy

Lagi cari rumah makan Batak di Jakarta? Tenang, bukan hanya satu tapi pilihannya ada banyak, lho. Wah, warga ibukota perlu berterima kasih nih dengan orang-orang perantauan Batak yang sudah membawa kuliner khas daerah ke Jakarta. Jadi kamu tak perlu jauh-jauh terbang ke pulau seberang.

Rumah makan khas Batak dikenal juga dengan "Lapo”. Berdasarkan asal daerahnya, lapo dibagi menjadi 3, yaitu Lapo Batak Tapanuli, Batak Karo, dan Batak Toba. Ketiganya punya ciri khas yang sama yaitu menggunakan bahan dasar pork/daging babi.

Daftar Rumah Makan Batak di Jakarta Paling Recommended

Kalau soal rasa, sebenarnya hampir semua masakan Batak itu enak. Tapi kalau ingin rasa lebih mantap, coba deh kamu datang ke salah satu Lapo Jakarta yang ada pada daftar di bawah ini:

Lapo Marpadotbe

Lapo Marpadotbe Tempatnya sih sederhana, tapi lapo di kawasan Rawamangun ini terkenal dengan menu daging babi goreng yang kulitnya garing, berdaging tebal, dan juicy. Soal rasa sudah pasti enak. Sambal cocolnya juga tak kalah istimewa, lho. Pedasnya nendang di lidah dan bisa bikin kamu nambah saking enaknya.

Kamu juga bisa nih sekalian mencoba menu ikan mas arsik yang cukup ikonik di kalangan orang Batak. Tekstur dagingnya lembut dan tidak amis. Makin segar kalau kamu coba pesan minuman Sarsaparila Cap Badak yang rasanya unik dan bikin adem tenggorokan. Lapo ini ada di Jalan Ahmad Yani No. 26 ya.

Lapo Ni Tondongta

Lapo Ni Tondongta Kalau lagi di kawasan Senayan, kamu bisa mampir ke Lapo Ni Tondongta yang ada di Jalan Gelora Los A1 No. 2. Meski dari luar tampak sederhana, tapi rumah makan khas Batak ini sudah punya 8 cabang lho di Jakarta.

Kamu bisa cicipi olahan babi panggang di yang bertekstur garing tapi juga juicy dan dengan cita rasa sedikit asin. Tak kalah enak, ada sayur ubi tumbuk yang bisa dicocol sambal ijo. Ada juga menu legendaris bernama Sangsang yang terbuat dari darah dan daging babi. Pedasnya bikin pengen nambah, lho!

Lapo Tapian Nauli

Lapo Tapian Nauli Lapo Jakarta Timur ini cocok untuk makan rame-rame dengan keluarga besar atau teman kantor karena tempatnya yang luas dan berdesain interior mewah. Tenang, soal harga tak kalah merakyat kok dengan beberapa restoran Batak lainnya.

Selain dikenal punya daftar menu khas Batak yang lezat, di sini kamu juga bisa menemukan berbagai masakan Chinese dengan rasa tak kalah istimewa. Salah satunya adalah pie pangsit dengan topping babi yang empuk. Ada aneka bistik juga, lho. Kamu bisa cicipi semuanya di Jalan Binamarga No. 31, Cipayung.

Tabo Bah

Tabo Bah Berpindah ke lapo di Jakarta Utara, ada Tabo Bah yang menyajikan aneka menu khas Batak mulai dari babi panggang, samcan goreng, daun ubi, hingga es markisa yang segar. Ada juga minuman soda dengan cita rasa tidak terlalu manis bernama "Badak".

Cocok banget deh jadi pilihan saat lunch dengan teman atau keluarga. Samcangnya dikenal kriuk dengan rasa yang pas, lho! Kamu bisa datang ke kawasan Kamal Muara, tepatnya di Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Food Plaza, Rukan Emerald No. 19.

Lapo Ni Dainang

Lapo Ni Dainang Masih seputar rumah makan Batak di Jakarta Utara, kamu bisa jadikan Lapo Ni Dainang sebagai alternatif. Lokasinya ada di Blok J1 Jalan Raya Kelapa Gading Permai No. 12, RT.08 / RW.02, Kelapa Gading.

Hanya dengan 35 ribu, kamu sudah bisa menikmati seporsi daging babi empuk dengan kulit yang garing. Ditambah perasan lemon makin mantap! Kalau ingin yang berkuah bisa pesan sop dan sayur.

Lapo Gabe

Lapo Gabe Bingung cari makan di kawasan Sunter? Mampir saja ke Lapo Gabe yang ada di Jalan Danau Agung I. Babi panggang menjadi salah satu menu favorit di tempat ini. Tapi hati-hati, sambal andaliman di tempat ini bisa membakar lidah, lho!

Saat makanan datang, aroma rempahnya yang wangi dijamin bikin perut langsung keroncongan. Dibanding tempat lain, porsinya lebih banyak jadi bikin kamu lebih puas!

Berastagi

Berastagi Cari rumah makan khas Batak Medan? Ada kok. Kamu bisa pergi ke Jalan kawasan Cempaka Putih dan temukan Rumah Makan Berastagi. Alamat lengkapnya ada di Jalan Letjen Suprapto No. 2. Ada aneka menu khas Karo seperti kidu-kidu, saksang, BPK, dan babi goreng.

Ada juga steak babi dan bistecca braskot, lho. Kalau ingin mencoba menu ayam juga ada kok. Kamu bisa coba Ayam Napinadar yang dikenal bercita rasa yummy. Dagingnya empuk khas ayam kampung dan saus pedasnya menggigit lidah.

Toba Dream

Toba Dream Rumah makan Batak di Jakarta Selatan ini adalah milik musisi terkenal Indonesia lho, yaitu Viky Sianipar. Selain menyantap aneka hidangan lezat khas Batak seperti babi goreng dan panggang, di sini kamu juga bisa menikmati live music dan sekalian nongkrong karena interiornya yang menarik.

Ada menu minuman yang jarang ditemukan di tempat lain lho, yaitu es terong Belanda. Kalau penasaran dengan rasanya, kamu bisa meluncur ke Jalan Dr Saharjo No. 90, Manggarai.

Lapo Siagian Boru Tobing

Lapo Siagian Boru Tobing Lapo terenak di Jakarta lainnya bisa kamu temukan di Jalan Melawai 5 No.3 (Blok M Square), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menu andalannya adalah babi panggang lomok.

Ada menu seperti naniura, ikan nila tombur, ikan teri, lele, dan arsik tanggo jika tidak menyukai menu dengan bahan babi. Kamu juga bisa cicipi enaknya sup lomok dan sayur daun singkong khas Batak. Tempat ini buka setiap hari dari jam 11 siang sampai 8 malam.

D’Tigan

D Tigan Teruntuk kamu yang tinggal di kawasan Cipayung, maka bisa bertandang ke rumah makan Batak terdekat di Jalan Klp. Dua Wetan Raya No. 16.

Disini kamu bisa mencicipi babi panggang khas Karo, bulung gadung, sup babi, lomok, dan kidu-kidu. Kalau ingin lebih ekstrim, kamu juga bisa pesan B1 (makanan berbahan dasar daging anjing). Tempat ini buka dari jam 10 pagi sampai 9 malam setiap hari.

Deli Mbaru

Deli Mbaru Satu lagi lapo BPK Jakarta yang terkenal enak adalah Deli Mbaru. Menunya lengkap mulai dari babi panggang karo (BPK), nasi, sup, bakmi, dan aneka minuman dengan harga ramah di kantong. Kalau ingin lebih hemat, kamu bisa pesan menu paketan berisi nasi, sayur khas karo, dan BPK.

Ada juga nih menu tambahan lain berupa sop kaki bagi, sosis khas Karo, saksang, ikan mas, bihun goreng, kwetiau, nasi goreng, ifumie, dan mie sop khas Medan. Alamatnya ada di Jalan TB Simatupang 40, Ciracas, Jakarta Timur.

BACA JUGA: 16 Jenis Rempah Kering, Manfaat, dan Cara Menyimpannya

Hampir semua rumah makan Batak di Jakarta ini punya menu yang lengkap mulai dari nasi, sup, hingga babi panggang yang terkenal. Kalau sedang di Jakarta Timur, kamu bisa datang ke Lapo Marpadotbe, Lapo Tapian Nauli, D'Tigan, atau Deli Mbaru.

Sementara untuk kawasan Jakarta bagian selatan bisa memilih di antara Lapo Ni Tondongta, Toba Dream, atau Lapo Siagian Boru Tobing, dan untuk Jakarta Utara ada Tabo Bah, Lapo Ni Dainang, dan Lapo Gabe. Nah, untuk Jakarta Pusat bisa ke rumah makan Batak Berastagi

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!