9 Tempat Makan di Suryakencana Bogor Paling Laris

Editorial Mealy

Kalau bicara soal Bogor memang tidak ada habisnya lho. Disana kamu tidak hanya bisa nemuin beragam destinasi wisata alam dengan pemandangan luar biasa, namun kulinernya juga terkenal enak. Sudah pernah coba belum aneka tempat makan di Suryakencana Bogor yang sempat viral itu?

Ada beberapa program televisi yang banyak mereview makanan enak di Suryakencana Bogor. Mulai dari makanan yang harganya receh sampai dengan menu restoran paling laris diburu wisatawan. Kamu penasaran dengan list tempat makan populer di Suryakencana Bogor? Yuk lihat rekomendasinya dulu. 

Saat memutuskan liburan ke Jawa Barat, tampaknya kuran afdhol kalau belum nyobain beragam kuliner khas orang sana. Selain daerah Sentul yang terkenal akan kulinernya, makanan yang disajikan di area Suryakencana kali ini juga tak kalah enak. Daripada penasaran menu makanannya, check it out!

Martabak Encek

Martabak Encek

Kuliner pertama yang wajib kamu cobain di Suryakencana Bogor yaitu Martabak Encek. Memang apa sih yang menarik dari spot kuliner satu ini? Ada salah satu hal yang membuat kuliner khas ini beda dari martabak lainnya, dimana proses pembuatan masih menggunakan arang tradisional.

Tekstur martabaknya terkenal sangat empuk, baunya menggoda, dan bisa disimpan sampai esok harinya lho. Kalau kamu ingin mencobanya sepertinya harus banyak sabar dulu karena pastinya martabak encek selalu memiliki antrian panjang. Berapa harga martabak encek 1 porsinya?

Untuk 1 loyang martabak encek dibandrol mulai dari harga Rp40 ribu- Rp60 ribu. Harga beda tergantung isian yang kamu pesan. Makin lengkap isian dalam martabak, pelanggan perlu beli dengan harga yang lebih mahal pastinya. Yakin nih nggak mau coba?

Combro Atmajaya

Combro Atmajaya

Combro Atmajaya merupakan makanan di Suryakencana Bogor yang pernah viral dan sering mendapatkan review positif dari food vlogger ternama Indonesia. Sudah paham belum combro itu makanan seperti apa? Combro sebenarnya makanan khas Bogor yang terbuat dari singkong. 

Singkong diparut kemudian akan diberi isian berupa oncom yang sebelumnya sudah dimasak dengan bumbu pedas. Combro digoreng dengan menggunakan minyak panas agar teksturnya benar-benar renyah. Kebayang bagaimana rasa gurihnya, bukan? 

BACA JUGA: Aneka Kue Basah Tradisional Indonesia

Laksa Gang Aut Mang Wahyu

Laksa Gang Aut Mang Wahyu

Menurut review masyarakat sekitar, Laksa Gang Aut Mang Wahyu termasuk kuliner paling enak dan paling laris setiap harinya. Tak heran banyak wisatawan yang berasal dari luar kota Bogor ingin mencicipi lezatnya laksa sampai rela menunggu berjam-jam untuk antri lho.

Tempat makan di Suryakencana Bogor ini sebenarnya sudah diwariskan hingga 3 generasi, oleh sebab itu rasanya tidak pernah berubah. Laksa terdiri atas ketupat, tahu, tauge, kemangi, dan oncom yang disajikan bersama dengan kuah kuning lezat. 

Bir Kotjok Abah

Bir Kotjok Abah

Saat mendengar namanya, mungkin banyak orang yang mengira bahwa minuman Bir Kotjok Abah ini cukup berbahaya. Padahal sebenarnya bir kocok diolah dari bahan alami dan dijamin halal, oleh sebab itu kamu nggak perlu khawatir teler setelah meminumnya. 

Bir Kotjok Abah sebenarnya tergolong minuman tradisional khas Bogor yang sudah ada mulai dari tahun 1965. Minumannya tentu tidak memabukkan karena bahan pembuatannya berasal dari kayu manis dan jahe. Minuman segar satu ini bisa kamu beli mulai dari harga Rp5 ribu saja per gelas. 

Cungkring Pak Jumat

Cungkring Pak Jumat

Cungkring Pak Jumat adalah makanan di Suryakencana Bogor yang berdiri sejak tahun 1975. Resep turun temurun ini tidak pernah berubah, selalu enak, makanya kamu perlu sabar menunggu antrian saat ingin makan kuliner lezat dan mengenyangkan ini. 

Cungkring pak Jumat memiliki keistimewaan pada bagian kikil sapinya yang empuk dan rasanya gurih sekali dengan olahan rempah berkualitas. Dijamin kamu kenyang saat memakannya karena cungkring akan disajikan bersama dengan lontong ditaburi sambal kacang kental diatasnya. 

Lumpia Basah Gang Aut

Lumpia Basah Gang Aut

Apalagi sih tempat makan di Suryakencana Bogor yang menggugah selera? Mungkin kamu bisa coba Lumpia Basah Gang Aut ini. Sama halnya dengan kuliner-kuliner sebelumnya, lumpia basah sebenarnya resep legendaris yang sudah turun temurun dikembangkan di Kota Bogor. 

Keistimewaan yang dimiliki lumpia basah terletak pada bumbu isiannya, dimana rasanya benar-benar gurih, pedasnya nendang, dan mantap pokoknya. Isian lumpia basah sendiri terdiri atas rebung, tauge, tumisan telur, dan ditaburi dengan bumbu  racikan khas dari pemiliknya.

Asinan Jagung Bakar Pak Subur

Asinan Jagung Bakar Pak Subur

Kuliner legendaris satu ini sudah berdiri sejak tahun 1965, namun sekali lagi rasanya tidak pernah berubah selalu gurih dan nikmat. Rasa Asinan Jagung Bakar Pak Subur berbeda dengan asinan Bogor lainnya karena ada tambahan bumbu khas yang diracik khusus turun temurun. 

Asinan berisi serutan jagung dan juga potongan mentimun, kemudian penyajiannya disiram kuah asinan yang berwarna orange. Inilah yang membuat asinan jagung bakar berbeda dengan asinan buah atau asinan sayur biasanya. Yakin nggak mau ngrasain segernya kuliner satu ini?

Ngo Hiang Gang Aut

Ngo Hiang Gang Aut

Kok namanya aneh sih? Saat mengunjungi kawasan Suryakencana Bogor, kamu akan menemui kuliner bernama “Ngo Hiang Gang Aut”. Kawasan tersebut memang pada dasarnya diisi banyak masyarakat Chinatown, makanya seringkali dijuluki sebagai “Pecinan Bogor”.

Sesuai dengan namanya, tempat makan di Suryakencana Bogor ini berisi ragam camilan khas Chinese. Ngo Hiang termasuk hidangan yang mirip dengan batagor karena adonannya dipotong kecil, kemudian digoreng, dan disiram saus kental serta acar diatasnya. 

Namun bagi kamu yang muslim, tidak direkomendasikan untuk mencoba kuliner khas Bogor satu ini. Hal ini dikarenakan adonan Ngo Hiang terbuat dari cacahan daging babi, jadi jangan heran kalau yang sering datang ke tempat ini mayoritas orang China atau non muslim lainnya.

Pepes Sagu Pisang Daniel

Pepes Sagu Pisang Daniel

Bagi kamu penggemar makanan streetfood, sepertinya harus coba kuliner Pepes Sagu Pisang Daniel yang terkenal manis legit ini. Siapa sangka makanan dengan bahan dasar pisang ini sudah ada sejak tahun 1948, sehingga bisa dikatakan sebagai resep turun temurun dari nenek moyang.

Pepes berisi pisang dan sagu kemudian dibungkus menggunakan daun pisang untuk menambah rasa kelezatannya. Proses pembuatannya dengan cara dibakar, sehingga nanti akan muncul aroma wangi pisang dan sagu. Apa saja varian Pepes Sagu Pisang Daniel?

Kuliner di Bogor Suryakencana ini hanya dibandrol seharga Rp6 ribu per bungkusnya. Varian yang bisa kamu coba seperti cokelat, original, nangka, keju, dan lainnya. Lokasinya ada di area Bogor Timur, jadi jangan lupa untuk mencobanya saat mampir ke tempat ini!

Nggak perlu bingung lagi cari kuliner enak yang ada di area Suryakencana Bogor. Walaupun memang mayoritas dihuni masyarakat Chinese, kamu tetap bisa menemukan banyak makanan halal di tempat ini. Belum lagi kebanyakan kuliner yang tersedia termasuk resep turun temurun, jadi dijamin nikmat!

Masih banyak tempat makan di Suryakencana Bogor yang wajib kamu cobain. Mulai dari makanan berat, minuman segar, dessert bahkan streetfood harga recehan tersedia disana. So, jangan lupa mampir ke Jalan Suryakencana saat liburan ke Bogor ya!

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!