10 Ide Menu Buka Puasa yang Segar dan Nikmat

Editorial Mealy

Berbuka puasa dengan menu yang segar tentu selalu menjadi favorit bagi banyak orang. Memang benar jika ada banyak sekali menu buka puasa yang segar. Akan tetapi, jika tidak ada waktu untuk membeli menu tersebut di luar tentu kamu harus membuatnya sendiri di rumah. 

Tidak sulit untuk membuat menu buka puasa yang enak dan segar. Kamu bisa segera mendapatkan bahan-bahannya di warung, supermarket maupun pusat perbelanjaan lain terdekat di kotamu. Berbuka puasa dengan menu yang segar tentu akan membuatmu merasa senang dan kembali berenergi. 

Salah satu menu menu puasa yang bisa membangkitkan energimu kembali setelah seharian menahan haus dan lapar adalah sup buah. Bahkan menu ini selalu dijual oleh banyak pedagang di pinggir jalan. Selain itu, masih ada menu buka puasa lain yang bisa coba kamu buat sendiri di rumah.

Macam-Macam Ide Menu Buka Puasa yang Segar 

Setelah seharian penuh berpuasa tentu paling nikmat rasanya apabila berbuka dengan menu buka yang manis dan menyegarkan. Bukan hanya bisa menghilangkan rasa haus saja. Akan tetapi, cairan tubuh yang menghilang juga bisa terisi kembali setelah berbuka puasa dengan menu yang segar. 

Ada begitu banyak menu berbuka puasa yang segar. Bahkan banyak menu sederhana namun bercita rasa luar biasa yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Ide menu buka puasa berikut tampaknya bisa menjadi rekomendasi yang cocok untukmu. 

Sup Buah 

Sup Buah Salah satu menu minuman buka puasa yang segar adalah sup buah. Sup buah menjadi menu favorit bagi banyak orang karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Sup buah merupakan minuman dengan komposisi campuran sirup, susu manis dan potongan buah segar. 

Isian buahnya sangat beragam dan dapat disesuaikan sendiri ketika kamu membuatnya sendiri di rumah. Pastinya sangat mampu untuk melepas dahaga. Beberapa buah-buahan yang direkomendasikan untuk membuat sup buah diantaranya buah naga, anggur, melon dan semangka. 

BACA JUGA: Dalam Rujak Buah, Wajib Ada 6 Buah Ini Agar Terasa Makin Segar!

Es Degan 

Es Degan Selain sup buah rupanya es degan juga bisa menjadi salah satu ide terbaik untuk menu buka puasa yang menyegarkan. Buah kelapa yang memiliki begitu banyak khasiat ini bisa segera mengembalikan cairan tubuh dengan baik. 

Apalagi ketika kamu menggunakan buah kelapa berserat merah yang amat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya airnya saja yang menyegarkan, namun daging buah kelapa ini juga sangat lembut sehingga mampu mendinginkan kerongkongan dengan sangat baik. 

Es Cincau 

Es Cincau Menu buka puasa segar dan praktis selanjutnya adalah es cincau. Cincau mampu memberikan sensasi yang fresh sekaligus nikmat ketika seseorang menyantapnya. Ada dua jenis cincau yang bisa menjadi rekomendasi bagus untukmu yaitu cincau hijau dan hitam. 

Kedua jenis cincau ini akan sangat terasa nikmat apabila dicampurkan dengan santan maupun gula merah cair. Kamu bisa mendapatkan cincau seperti ini secara mudah baik di pasar tradisional maupun supermarket lainnya. Jika sudah mendapatkannya, segeralah buat sendiri di rumah.

Es Kopyor 

Es Kopyor Daging buah kelapa rupanya tidak hanya dapat diolah menjadi es degan yang nikmat saja. Akan tetapi, daging buah kelapa juga dapat diolah menjadi es kopyor yang nikmat. Es kopyor tentu mampu memberikan sensasi segar dan nikmati ketika dikonsumsi. 

Biasanya daging kelapa yang dibuat es kopyor akan disajikan secara nikmat bersama dengan sirup pandan, frambozen maupun santan. Sensasi adem di tenggorokan bisa benar-benar membuat kamu merasa lega setelah berpuasa.

Es Campur 

Es Campur Opsi menu buka puasa yang segar selanjutnya adalah es campur. Siapa yang tidak mengenal es campur? Rasanya semua orang pun akan suka dengan menu segar satu ini. Es campur terbuat dari berbagai macam bahan seperti susu, sirup, es hingga aneka isian lain sesuai keinginan. 

Cita rasa es campur benar-benar khas. Ada sensasi rasa segar, manis dan masam. Tentunya cita rasa ini bisa dihasilkan dari kombinasi isian es campur seperti susu, sirup, es, potongan roti, agar-agar, buah nangka maupun buah-buahan lainnya. 

Es Kuwut 

Es Kuwut Menu buka puasa lainnya yang bisa memberikan sensasi segar dan nikmat adalah es kuwut. Ini adalah minuman segar khas Bali yang sangat melegenda. Minuman ini terbuat dari potongan buah melon, air kelapa muda, daging kelapa serut, jeruk nipis dan tentunya biji selasih.

Tidak ketinggalan juga ada sirup leci maupun melon yang bisa membuat es kuwut semakin sedap dinikmati. Pastinya sangat menggugah selera bahkan bisa kembali mengembalikan energimu setelah seharian penuh berpuasa. Cara membuat menu buka puasa yang segar ini juga mudah dilakukan.

Es Timun 

Es Timun Ada banyak sekali menu es yang bisa dicoba saat berbuka puasa. Salah satunya adalah es timun. Ini merupakan salah satu menu es yang sangat populer. Apalagi ketika ditambahkan dengan biji selasih. Kamu bisa membuat es timun dengan cara mudah dan praktis.

Silahkan saja campurkan timun serut, biji selasih, es batu, sirup dan tentunya biji selasih. Agar kian segar, kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis maupun lemon. Siapapun pasti akan sangat suka dengan menu buka puasa yang nikmat seperti ini.

Kolak Pisang 

Kolak Pisang Apabila kamu merasa bosan dengan menu yang serba es, maka bisa coba membuat kolak pisang. Rasanya semua orang pun sudah jatuh hati dengan menu kolak pisang. Tidak sulit juga menemukan pedagang yang menjual kolak pisang. Apalagi di bulan ramadhan.

Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat, kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Cukup sediakan bahan-bahan sederhana untuk membuat kolak pisang seperti pisang raja, labu maupun ubi jalar. Banyak yang mengatakan bahwa kolak pisan adalah opsi menu buka puasa lowbudget. 

Es Pisang Ijo 

Es Pisang Ijo Es pisang ijo rupanya juga bisa menjadi salah satu opsi menu buka puasa yang segar. Menu khas Makassar ini juga menjadi favorit bagi banyak orang hampir di seluruh Indonesia. Warna hijau dari kulit tepung yang melapisi pisangnya menjadi ciri khas dari menu satu ini.

Terasa sangat nikmat sekali apabila kamu coba menyantapnya dengan bubur sumsum maupun sirup frambozen. Rasa manis dan dingin dari bubur sumsumnya akan membuat kerongkonganmu kian segar. 

Puding Susu 

Puding Susu Membuat puding susu juga bisa menjadi ide menu berbuka puasa yang nikmat sekaligus segar. Apalagi cara membuatnya juga sangat mudah dan cepat. Kamu bisa menemukan bubuk puding susu di berbagai supermarket maupun pusat perbelanjaan khusus bahan makanan. 

Cukup dengan mencampurkan susu, bubuk puding, gula dan air saja. satukan ke dalam panci dan masak sampai mendidih. Lalu, silahkan tuangkan ke dalam cetakan dan biarkan sampai dingin. Jika ingin cepat, kamu bisa memasukkannya ke dalam kulkas.

Ada banyak sekali ide menu buka puasa yang segar. Mulai dari es degan, es kuwut, es pisang ijo, kolak pisang, puding susu, es campur dan masih banyak lagi lainnya. Pilih sendiri sajian menu berbuka puasa mana yang paling sesuai dengan keinginan. Kembalikan energimu dengan menu terbaik. 

BACA JUGA: Cara Membuat Salad Buah yang Enak dan Awet

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!