5 Jenis Minyak Zaitun untuk Masak Lezat

Editorial Mealy

Minyak zaitun kerap menjadi bahan rahasia untuk menjadikan cita rasa makanan semakin lezat. Jenis minyak zaitun untuk masak juga beragam. Jadi, pastikan sebelum menggunakannya kamu harus terlebih dahulu mengetahui jenis minyak zaitun mana yang paling tepat.

Minyak seperti ini tentunya dapat menjadi alternatif dari minyak goreng kelapa sawit. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk memasak apapun. Misalnya, menumis, memanggang maupun menggoreng. Cita rasa yang dihasilkan pun amat sangat lezat. 

Menariknya lagi, minyak nabati ini juga bisa disantap secara langsung untuk menu makanan tertentu. Salah satunya adalah salad dressing. Sampai saat ini ada beberapa jenis minyak zaitun yang bisa dipakai untuk membuat makanan yang lezat. 

Berbagai Jenis Minyak Zaitun untuk Masak 

Minyak nabati yang paling sering digunakan untuk memasak sampai sekarang adalah minyak goreng kelapa sawit dan minyak zaitun. Akan tetapi, minyak zaitun tetap menjadi favorit bagi sebagian ibu di rumah. Sebab, selain membuat masakan nikmat, minyak zaitun juga menyehatkan. 

Salah satu manfaat dari minyak zaitun adalah untuk meminimalisir risiko penyakit kardiovaskuler. Selain itu, minyak zaitun juga bagus untuk menurunkan tekanan darah. Lantas, apa saja macam-macam minyak zaitun yang bisa digunakan memasak?

Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil Extra virgin minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak zaitun yang dapat digunakan untuk memasak. Minyak zaitun jenis ini dibuat melalui serangkaian proses mutakhir cold pressed. Proses ini membuat buah zaitun hanya diperas sehingga tidak diolah menggunakan bahan kimia lainnya.

Jenis minyak zaitun ini mempunyai tingkat keasaman sebanyak satu persen, rasa yang lebih kuat dengan harga yang lebih mahal. Pada umumnya minyak zaitun jenis ini akan berwarna hijau keemasan maupun hijau cerah. Minyak zaitun ini kerap disebut sebagai extra virgin coconut oil atau EVOO. 

Semakin pekat warna yang dihasilkan, maka semakin kuat pula tekstur rasa zaitunnya. Hal ini menjadi pertanda bahwa minyak zaitun tersebut mengandung begitu banyak mineral dan vitamin alami. Kamu dapat menggunakan jenis minyak zaitun ini sebagai salad dressing maupun untuk memanggang ikan.

Pomace Olive Oil 

Pomace Olive Oil Jenis minyak zaitun untuk masak yang memiliki kualitas paling rendah adalah pomace olive oil. Pomace olive oil ini terbuat dari bahan ampas minyak zaitun yang tentu sudah diekstraksi. Di dalam tahap pembuatannya, minyak ini dipadukan dengan virgin olive oil sehingga mutunya meningkat. 

Biasanya pomace olive oil digunakan untuk proses pemasakan yang memakai suhu tinggi. Dengan demikian, jenis pomace olive oil lebih baik digunakan bagi kamu yang mau berhemat secara harga dibandingkan dengan berbelanja jenis minyak zaitun lainnya. 

Jenis minyak ini sangat cocok digunakan untuk memasak dengan metode goreng, grilling, roasting maupun baking. Banyak chef yang juga suka menggunakan pomace olive oil untuk menyajikan makanan yang lezat dan bercita rasa tinggi. 

Refined Olive Oil

Refined Olive Oil Jenis minyak zaitun lainnya yang dapat digunakan untuk memasak adalah refined olive oil. Minyak zaitun ini memiliki nama latin classic olive oil atau cooking olive oil. Jenis minyak zaitun ini sudah melalui berbagai macam proses penyaringan ketika pembuatannya. 

Hal ini menjadikan refined olive oil mempunyai kualitas yang berada di bawah virgin olive oil karena sudah diproses untuk dihilangkan rasa maupun baunya. Hal ini membuat jenis minyak zaitun untuk memasak satu ini cenderung terasa hambar serta tidak kental rasa zaitunnya.

Meskipun minyak zaitun ini tidak memiliki mutu yang relatif tinggi, akan tetapi refined olive oil ini sangat cocok untuk memasak dengan metode memanggang maupun menggoreng aneka hidangan istimewa. Sangat pas sekali untuk digunakan sehari-hari.

Virgin Olive Oil 

Virgin Olive Oil EVOO dan VOO atau virgin olive oil hampir sama. Minyak zaitun satu ini juga tidak mengalami pemanasan maupun penambahan bahan kimia apapun ketika masuk dalam proses pembuatannya. Jika dilihat berdasarkan kualitas, tentu virgin olive oil berada di bawah EVOO. 

Selain itu, letak kualitasnya juga ada di atas refined olive oil. Selain dapat digunakan untuk berbagai metode memasak seperti menggoreng, menumis, grilling dan sebagainya, ternyata minyak zaitun ini juga bisa dipakai untuk perawatan kulit.

Hal ini karena virgin olive oil memiliki manfaat yang bagus ketika dikonsumsi. Misalnya, dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan lemak sehat yang amat fantastis serta bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 

Extra Light Olive Oil 

Extra Light Olive Oil Jenis minyak zaitun untuk masak lainnya adalah extra light olive oil. Ini merupakan percampuran antara olive oil dengan bahan lainnya. Persentase buah zaitun yang digunakan pada extra light olive oil lebih sedikit dibandingkan virgin olive oil. 

Minyak zaitun ini juga memiliki warna kekuningan. Adapun untuk cita rasa yang dihasilkan cenderung lebih ringan serta umur penyimpannya jauh lebih lama. Karena cita rasa yang dihasilkan ringan, minyak zaitun ini kerap dipakai untuk memasak serta memanggang aneka hidangan dalam suhu tinggi. 

Kualitasnya pun masih lebih tinggi dibandingkan dengan jenis minyak zaitun standar lainnya. Banyak orang mengonsumsi minyak zaitun ini dengan sederhana. Misalnya, mencelupkan roti ke dalam minyak zaitun ini dan dinikmati sebagai appetizer. 

BACA JUGA: Jenis Teknik Memasak dengan Mendidihkan ala Chef

Merek Minyak Zaitun Terbaik Saat Ini 

Mengganti minyak goreng kelapa sawit dengan minyak zaitun tentu bisa memberikan alternatif baru untuk menu masakan yang lebih sehat. Apalagi bagi kamu yang mau menurunkan tekanan darah. Tampaknya penggunaan minyak zaitun patut dicoba.

Jika kamu berkeinginan untuk membeli minyak zaitun yang tersedia di pasaran, maka sebaiknya simak beberapa rekomendasi merek minyak zaitun berikut. Tentunya bisa menjadi ide terbaik untuk menghasilkan menu makanan yang istimewa.

Kent Boringer Extra Virgin Olive Oil

Ini merupakan merek minyak zaitun yang bisa digunakan untuk memasak yang dibuat tanpa proses pemanasan apapun. Dengan demikian, komponen gizi di dalamnya tidak ada yang hilang. Harga per liternya dari minyak zaitun ini berkisar dari Rp150.000,00 saja.

Rafael Salgado Extra Virgin Olive Oil 

Merek minyak zaitun Rafael Salgado Extra Virgin Olive Oil juga bisa menjadi alternatif pengganti minyak goreng kelapa sawit yang cocok untukmu. Minyak zaitun yang bisa dibeli dengan harga Rp179.000,00 per liternya sangat pas digunakan untuk menumis, membuat salad maupun diminum langsung.

Bertolli Olive Oil

Merek olive oil ini selalu ada di supermarket. Dengan demikian, rasanya sangat tidak sulit untuk menemukan Bertolli Olive Oil. Minyak zaitun ini memiliki cita rasa yang ringan sehingga cocok untuk menumis, memanggang maupun grilled. Harga Bertolli Olive Oil berkisar mulai dari Rp153.000,00. 

Jenis minyak zaitun untuk masak makanan yang lezat memang beragam. Akan tetapi, extra virgin olive oil selalu berhasil menjadi primadona bagi para ibu maupun chef bintang 5. Saat ini berbagai macam jenis minyak zaitun bisa ditemukan dengan mudah di supermarket terdekat. 

Merek-merek minyak zaitun sudah benar-benar tersedia di rak-rak supermarket dan menunggu kamu beli. Silahkan pilih merek minyak zaitun mana yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhanmu. Gunakan minyak zaitun untuk hidup yang lebih sehat. 

BACA JUGA: 6 Teknik Menggoreng yang Harus Kamu Kuasai!

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!