Mengenal Boba Drink dan Cara Membuatnya

Editorial Mealy

Siapa yang tidak mengenal boba drink? Boba menjadi salah satu minuman favorit bagi banyak orang di Indonesia saat ini. Minuman manis dengan topping black pearl ini bisa dijadikan minuman lezat di musim panas. Tentu tidak ada salahnya mengenal boba drink lebih dalam. 

Minuman bercita rasa manis boba drink saat ini bukan hanya mudah dijumpai di perkotaan besar saja. Akan tetapi, kamu juga bisa menjumpai minuman boba drink di pelosok daerah. Bahkan banyak pula franchise boba drink yang tersedia di beberapa daerah dengan antrian mengular. 

Variasi boba drink saat ini juga beraneka macam. Mulai dari boba milk tea, boba thai tea, boba matcha latte dan sebagainya. Minuman yang sudah eksis sejak 10 tahunan silam ini pun rupanya sampai kini masih memiliki begitu banyak peminat. 

Mengenal Boba Drink Lebih Dalam 

Tips Konsumsi Boba Drink Agar Tidak Berlebihan Boba memang bukan merupakan satu-satunya minuman favorit bagi banyak orang. Akan tetapi, boba selalu menjadi opsi minuman ringan yang bisa dinikmati dalam setiap suasana. Boba sebetulnya merupakan sejenis minuman mutiara maupun bola-bola tapioka besar yang kenyal. 

Bola-bola ini berasal dari tepung tapioka yang merupakan pati bebas gluten dari singkong. Boba diyakini sebagai menu minuman yang berasal dari Tainan, Taiwan di Rumah Teh Hanlin. Minuman ini pertama kali dipasarkan oleh Tu Tsong He pada tahun 1986. 

Pada mulanya bola-bola tepung tapioka tersebut berwarna putih. Kemudian, ia beralih ke bola-bola hitam yang sampai saat ini dikenal sebagai minuman favorit bagi banyak orang. Pada tahun 1990an, boba merambah ke wilayah Asia Timur serta Asia Tenggara. 

Lalu, di Amerika Utara boba muncul dan langsung menjadi tren di lingkungan yang memiliki populasi Asia paling banyak. Kemunculan boba disana kemudian menjadi suatu fenomena budaya yang amat luas. 

Saat ini boba drink dikenal dengan varian rasa yang beragam. Varian tersebut diantaranya brown sugar milk tea, popping boba, black boba, clear boba, flavored boba, matcha latte dan sebagainya. Tiap-tiap boba drink pun menjadi minuman favorit bagi banyak orang.

Kandungan Boba Drink

Kandungan Boba Drink Mengenal boba drink lebih dalam memang perlu dilakukan. Sebagai hal yang dikonsumsi tentu penting untuk mencari tahu kandungan gizi dari suatu makanan maupun minuman. Boba drink merupakan minuman yang terbuat dari tapioka dengan kandungan sumber nutrisi nonstarter. 

Di samping memiliki cita rasa nikmat, boba mempunyai sisi kandungan kalori. Dalam satu gelas boba drink biasanya akan mengandung lebih dari 50 gram gula serta kalori hingga mencapai 300 kkal. Jika dibandingkan dengan nasi, maka dalam sepiring nasi saja hanya mengandung 180 kkal. 

Tentu saja hal ini amat ironis mengingat bahwa dalam segelas boba drink rupanya mampu memakan jatah makan nasi mencapai dua piring. Padahal, batas konsumsi gula saja yang disarankan oleh dokter ialah 50 gram atau setara dengan empat sendok makan. 

Oleh sebab itu, pastikan untuk mengonsumsi boba drink tidak terlalu sering. Ketika kamu mengonsumsi minuman yang manis seperti boba, maka ada baiknya untuk memperbanyak konsumsi air putih juga. Jika kamu kurang minum air putih, tentu bisa meningkatkan risiko dehidrasi.

Sah-sah saja apabila kamu mengonsumsi boba drink. Akan tetapi, sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Imbangi juga dengan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi serta olahraga cukup.

BACA JUGA: Berbagai Jenis Gula dan Manfaatnya

Tips Konsumsi Boba Drink Agar Tidak Berlebihan 

Bola-bola hitam bebas gluten yang biasanya dicampur dengan gula merah dan es yang menyegarkan ini memang sangat lezat dikonsumsi. Tekstur gummy bearnya selalu menjadi primadona ketika ingin santai bersama teman-teman di lingkungan luar. 

Hanya saja, ada baiknya untuk tidak sering-sering mengonsumsi boba drink. Jika terlalu sering tentu bisa menimbulkan efek bahaya bagi tubuh. Terlebih kalori segelas boba drink saja bisa setara dengan dua piring nasi. Lantas, bagaimana tips mengonsumsi boba drink agar tidak berlebihan?

Mengurangi Gula dalam Boba Drink 

Setelah kamu bisa mengenal boba drink lebih dalam, tentunya kamu bisa menyimpulkan bahwa sebaiknya tidak boleh sering-sering mengonsumsi minuman tersebut. Nah, agar hidupmu lebih sehat cobalah untuk mengurangi gula dalam boba drink. 

Bahkan seorang dokter ternama yaitu Dr. Tan Wee pun menyarankan agar memasukkan lebih sedikit gula saja saat memesan boba drink. Dengan demikian, setidaknya asupan gula yang masuk ke dalam tubuh bisa berkurang. 

Selingi Konsumsi Makanan Berserat 

Boba drink adalah minuman ringan yang sangat banyak digemari oleh orang-orang. Akan tetapi, sebaiknya memang tidak boleh sering-sering mengonsumsi boba drink. Agar tetap aman saat mengonsumsi boba drink, ada baiknya untuk diselingi dengan konsumsi makanan berserat. 

Tentu kamu sudah pernah mendengar berita tentang seorang wanita di China yang mengalami sembelit karena terlalu banyak mengonsumsi boba drink. Oleh sebab itu, cobalah untuk meminimalisir risiko tersebut dengan cara menyelingi konsumsi makanan berserat.

Menerapkan Pola Hidup Sehat 

Jangan lupa juga untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat. Boba drink yang terbuat dari tepung tapioka sebetulnya memang mengenyangkan. Akan tetapi, di dalam tubuh tetap saja membutuhkan asupan lain yang sehat. 

Misalnya, dengan menerapkan 4 sehat 5 sempurna. Cobalah untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh dengan seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin serta serat agar nantinya tubuh tetap terus sehat walaupun mengonsumsi boba drink. 

Cara Membuat Boba Drink Sendiri Agar Lebih Sehat

Seringkali ketika membeli boba drink di luar, maka takaran gulanya akan sangat manis. Hal ini yang dikhawatirkan oleh banyak orang. Guna meminimalisir hal tersebut, maka cobalah untuk membuat boba drink sendiri sehingga lebih sehat. 

Tidak sulit tentunya untuk membuat boba. Ketika kamu sudah mengenal boba drink lebih dalam, tentunya langkah-langkah membuat boba drink tidak akan sulit diterapkan. Berikut merupakan tata cara membuat boba drink sendiri agar lebih sehat. 

Bahan-Bahan Boba 

Bahan Bahan Boba Agar kamu bisa menikmati sensasi kesegaran boba drink dengan lebih sehat, tentu kamu harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan untuk membuat boba drink relatif mudah didapatkan. 

  • Tepung tapioka 280 gram.
  • Air 164 gram. 
  • Gula jawa 90 gram.

Cara Membuat Boba

Setelah kamu berhasil menemukan bahan-bahan untuk membuat boba, berikutnya cobalah untuk membuat boba. Silahkan ikuti beberapa langkah berikut agar kamu bisa membuat boba. Tentunya caranya amat mudah dilakukan. 

  • Pertama, masaklah air dengan gula jawa hingga mendidih. 

  • Lalu, silahkan masukkan tepung tapioka dan aduk merata.

  • Kemudian, aturlah kompor menggunakan api kecil.

  • Masak sebentar sampai menjadi adonan dan angkat. 

  • Tuang adonan ke atas meja dan tunggu agar hangat.

  • Uleni adonan dengan sedikit saja taburan tepung tapioka sampai kalis.

  • Bagi adonan menjadi 4 bagian sama besar. 

  • Buat adonan memanjang dan potong kecil-kecil menjadi black pearl.

  • Bulatkan adonan menggunakan taburan tepung tapioka agar tidak lengket.

  • Siapkan air di panci untuk merebus boba. 

  • Jika sudah mendidih, silahkan masukkan boba dan rebus sampai mengapung sebagai tanda sudah matang.

  • Terakhir, silahkan tiriskan. 

Dengan mengenal boba drink lebih dalam tentunya kamu bisa lebih bijak saat mengonsumsi minuman ringan ini. Apalagi ketika kamu sudah mengetahui kisaran kalori dari minuman ini. Jangan sampai kebablasan minum boba drink sampai bikin sakit sembelit, ya. 

BACA JUGA: Berbagai Bahan Pemanis Sebagai Pengganti Gula yang Aman

Yuk, tulis resep masakanmu

Buat resep di Mealy, dibayar tiap bulan!